skip to main content

STRATEGI PROMOSI WISATA KAWASAN PEGUNUNGAN KAPUR KECAMATAN SUKOLILO SEBAGAI OBYEK WISATA UNGGULAN KABUPATEN PATI JAWA TENGAH (METODE AHP-MAUT)

*Moh. Khoiruddin Rajulaini  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Aries Susanty  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Susatyo Nugroho W.P.  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor andalan Indonesia yang memiliki nilai dan keuntungan yang signifikan bagi kemajuan ekonomi lokal dan global. Hal tersebut juga menjadi perhatian Kabupaten Pati yang termasuk Wilayah Pariwisata Potensial, untuk mengembangkan potensi wisata yang ada. Kecamatan Sukolilo merupakan kecamatan di Kabupaten Pati yang memiliki banyak objek wisata. Diantaranya yang menjadi prioritas unggulan yaitu Gua Wareh. Dalam menentukan strategi promosi Gua Wareh, metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan membuat SWOT Gua Wareh, pembobotan setiap faktor SWOT, penentuan arah pengembangan wisata, ranking prioritas strategi berdasarkan total value terbesar, dan menggunakan metode MAUT (Multy Attribute Utility Theory) untuk memberikan utility dengan variabel biaya, waktu, infrastruktur, dan pendapat para ahli di bidangnya.

Penelitian ini berhasil menganalisis kondisi Gua Wareh dengan SWOT dengan menghasilkan bobot tertinggi sebesar 0,147 dimana Gua Wareh berpeluang mampu menambah penghasilan masyarakat. Berdasarkan hasil perhitungan total value yang telah dilakukan, arah pengembangan wisata Gua Wareh adalah Sport Tourism dengan total value sebesar 2,032. Sedangkan prioritas utama strategi promosi menurut hasil perhitungan dengan metode MAUT, Gua Wareh direkomendasikan untuk dilengkapi dengan area khusus flying fox dengan utility sebesar 0,790.

 

ABSTRACT

 

The tourism sector is one of Indonesian leading sectors that have significant value and benefits to the local and global economic progress. That is also becoming the attention of Pati Regency which is categorized as potentially tourism territory, to develop the existing tourism potential. Sukolilo sub-district is a sub-district in Pati which has many attractions. Among which become the priority is Wareh cave. In determining the promotion strategy of Wareh Cave,the methods used in this study are by creating a SWOT of  Wareh cave, calculate the weight of each SWOT factor, classify the direction of tourism development, priority ranking of strategies according to the biggest total value, and using the Multy-Attribute Utility Theory (MAUT) to provide the utility with a variable cost, time, infrastructure, and the opinion of experts in the field.

This research is succeeded  to analyze the condition of Wareh cave by SWOT and  provide the highest weight as big as 0,147 where Wareh has an opportunity to increase the locals income. Based on the calculation of total value, the direction of tourism development of Wareh cave is Sport Tourism with total value 2,032. While the main priority of promotion strategy according to the result of the calculation using MAUT, Wareh cave is recommended to be completed with a specific area of flying fox with its utility of 0,790.

Fulltext
Keywords: Gua Wareh; Sukolilo; SWOT; MAUT; Promosi Wisata

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.