skip to main content

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Bidang Industri, Logam, Mesin dan Tekstil)

*Mega Permata Sari  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Nia Budi Puspitasari  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pada umumnya suatu instansi pemerintahan provinsi didirikan dengan tujuan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang timbul dalam bidangnya masing-masing. Demi tercapainya tujuan instansi tersebut diperlukan kemampuan untuk mengelola organisasi dengan baik dan benar dengan meningkatkan produktifitas SDM nya. Salah satu instansi pemerintah provinsi yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah yang bertugas untuk mengembangkan IKM yang ada di Jawa tengah untuk meningkatkan daya saing industri dalam negeri.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah (Bidang Industri Logam, Mesin dan Tekstil) yang berjumlah 31 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling sensus. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan reliabilitas.

Hasil dari penelitian menggunakan alat analisis regresi linear berganda, dapat diketahui bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Artinya, apabila gaya kepemimpinan semakin baik dan efektif maka kinerja karyawan juga cenderung meningkat. Motivasi kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Artinya, motivasi kerja yang tertanam dalam benak karyawan, maka kinerja karyawan akan meningkat. Kepuasan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Artinya, semakin meningkat kepuasan kerja, maka kinerja karyawan juga akan meningkat.

 

Abstract

 

In general, a provincial government agency established to resolve the various issues that arise in their respective fields. In order to attain goals that agency is required to manage the organization's ability properly to improve the productivity of its human resources. One provincial government agencies namely the Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah is tasked to develop existing IKM in Central Java to improve the competitiveness of domestic industries.

The purpose of this study is to investigate and analyze the influence of leadership style, employee motivation and job satisfaction on employee performance. The population in this study were all employees of the Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah (Division of Industri, Logam, Mesin and Tekstil) with 31 people. The sampling technique used is the census sampling. Analysis tool used is multiple linear regression by first tested with validity and reliability.

Results of studies using multiple linear regression analysis, it can be seen that the leadership style of a positive and significant effect on employee performance. That is, if the style is getting better and effective leadership, the performance of employees is also likely to increase. Motivation to work in a positive and significant effect on employee performance. That is, the motivation to work is embedded in the minds of employees, the employee's performance will be improved. Job satisfaction is a positive and significant effect on employee performance. That is, increasing job satisfaction, it will also increase employee performance.

Fulltext
Keywords: gaya kepemimpinan; kepuasan kerja; kinerja karyawan dan motivasi kerja

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.