skip to main content

PENGARUH PELATIHAN HARAPAN TERHADAP PENINGKATAN EFIKASI DIRI AKADEMIK

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan harapan terhadap peningkatan efikasi diri akademik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen nonrandomized pretest-posttest control group design. Karakteristik subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Semarang dan bersedia mengikuti program pelatihan harapan secara lengkap. Subjek penelitian berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Manipulasi perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen berupa pelatihan harapan yang dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Efikasi Diri Akademik yang disusun dari tiga dimensi yaitu level, generality, dan strength. Hasil pengujian hipotesis dengan Paired Sample T-Test menunjukkan peningkatan skor efikasi diri akademik dengan nilai p < 0,05. Artinya ada peningkatan efikasi diri akademik sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil pengujian hipotesis dengan Independent Sample T-Test menunjukkan nilai p < 0,05. Artinya, terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan diberikan. Berdasarkan hasil tersebut, maka disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pelatihan harapan terhadap peningkatan efikasi diri akademik.
Fulltext View|Download
Keywords: Pelatihan harapan, efikasi diri akademik, siswa Sekolah Menengah Pertama

Article Metrics:

  1. Antari, N.P.D., Suarni, N.K., & Antari, N.N.M.. (2013). Pengaruh Konseling Rasional Emotif Formula ABC untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Self Regulated Learning siswa Kelas X SMAN 1 Sukasada. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1
  2. Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman and Company
  3. Dwitantyanov, A., Hidayati, F. & Sawitri, D.N. (2010). Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif pada Efikasi Diri Akademik Mahasiswa (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Undip Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 8 (2)
  4. Feist, J., & Feist, G. J. (2006). Theories of Personality. (Ed.6). Alih Bahasa: Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Gilman, R., Huebner, E.S., & Furlong, M.J. (2009). Handbook of Positive Psychology in Schools. New York: Routledge
  6. Herbert, M. (2011). An Exploration of the Relationships Between Psychological Capital (Hope, Optimism, Self-Efficacy, Resilience), Occupational Stress, Burnout and Employee Engagement. Tesis (Tidak Diterbitkan). University of Stellenbosch
  7. Lestari, R. (2012). Nyanyian sebagai Metode Pendidikan Karakter pada Anak. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami, 131-136
  8. Magaletta P.R, & Oliver J.M. (1999). The hope construct, will, and ways: their relations with self-efficacy, optimism, and general well-being. J Clin Psychol, 55(5), 539-51
  9. Maulida, H. (2013). Pengaruh Penerapan Modifikasi Perilaku Token Economy terhadap Efikasi Diri Akademik Mata Pelajaran Bahasa Jawa pada Siswa SDN Karanganyar Gunung 02 – 03 (Studi Eksperimental). Ringkasan Skripsi (Tidak Diterbitkan). Semarang: Universitas Diponegoro
  10. Nugroho, O.A. (2007). Hubungan antara Self Efficacy, Penyesuaian Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 31(02), 55-65
  11. Ormrod, J.E. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. (Ed.6, Jilid 2). Alih Bahasa: Amitya Kumara. Jakarta: Erlangga
  12. Pervin, L.A., & John, O.P. (2001). Personality, Theory and Research. New York: John Wiley and Sons Inc
  13. Proenca, E.D, Ribeiro, J.L.R, & Oliveira, M.J.M. (2012). Happiness, Hope, and Affection as Predictors of Quality of Life and Functionality of Individuals with Heart Failure at Three-Month Follow-Up. Psychology Research, 2(9), 532-539
  14. Purnamasari, D. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecurangan Akademik pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1)
  15. Roberts, M.C., Brown, K.J., Johnson, R.J., & Reinke, J. (2002). Positive Psychology for Children, Development, Prevention and Promotion. Dalam C.R. Snyder & S.J. Lopez. Handbook of Positive Psychology. New York: Oxford University Press
  16. Santrock, J.W. (2009). Psikologi Pendidikan. (Ed.3, Buku 2). Alih Bahasa: Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika
  17. Snyder, C.R., Feldman, D.B., Shorey, H.S. & Rand, K.L. (2002). Hopeful Choices: A School Counselor's Guide to Hope Theory. Professional School Counseling, 5(5), 298
  18. Snyder, C.R., Shorey, H.S., Cheavens, J., Pulvers, K.M., Adams, V.H., III, & Wiklund, C. (2002). Hope and Academic Success in College. Journal of Educational Psychology, 94, 820-826
  19. Zajacova, A., Lynch,S.M., & Espenshade, T.J. (2005). Self Efficacy, Stress, and Academic Success in College. Research in Higher Education, 46(6)
  20. Zimmerman, B. J. (2002). Self Efficacy and Educational Development. Dalam A. Bandura. (Eds.), Self Efficacy In Changing Societies. New York: Cambridge University Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.