skip to main content

HUBUNGAN ANTARAPERFORMANCE GOAL ORIENTATION DENGAN SIKAP TERHADAP SERTIFIKASI GURU PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS “A”

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Profesi guru saat ini banyak diminati oleh kaum muda seiring dengan meningkatnya kesejahteraan untuk guru dalam beberapa tahun terakhir,ditambah dengan adanya tunjangan profesi dari pemerintah.Hal ini menyebabkan kemungkinan besar sebagian mahasiswa memilih jurusan pendidikan guru karena adanya faktor eksternal seperti orangtua dan banyaknya gaji yang diperoleh.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara performance goal orientation dengan sikap terhadap sertifikasi guru pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan.Partisipan dalam penelitian ini adalah sejumlah 235 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua buah skala, yaitu Skala Performance Goal Orientation yang terdiri dari 15 aitem (indeks daya beda aitem 0,269-0,543) dengan koefisien reliabilitas 0,785 dan Skala Sikap terhadap Sertifikasi Guru yang terdiri dari 24 aitem (indeks daya beda aitem 0,299-0,644) dengan koefisien reliabilitas 0,892.Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi antara Performance Goal Orientation dengan Sikap terhadap Sertifikasi Guru adalah sebesar rxy -0,330 dengan p = 0,000 (p<0,05). Arah hubungan yang negatif menunjukkan bahwa semakin rendah performance goal orientation, makaakan diikuti dengan makin positifnya sikap terhadap sertifikasi guru pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan.Performance Goal Orientation memberikan kontribusi efektif sebesar 10,9%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa performance goal orientation mempengaruhi sikap terhadap sertifikasi guru sebesar 10,9%.
Fulltext View|Download
Keywords: Performance Goal Orientation, Sikap terhadap Sertifikasi Guru, Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.