Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7603, author = {Nakhar Alvinda and Farida Hidayati}, title = {PENGARUH PELATIHAN HARAPAN TERHADAP PENINGKATAN EFIKASI DIRI AKADEMIK}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {3}, number = {4}, year = {2014}, keywords = {Pelatihan harapan, efikasi diri akademik, siswa Sekolah Menengah Pertama}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan harapan terhadap peningkatan efikasi diri akademik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen nonrandomized pretest-posttest control group design. Karakteristik subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Semarang dan bersedia mengikuti program pelatihan harapan secara lengkap. Subjek penelitian berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Manipulasi perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen berupa pelatihan harapan yang dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Efikasi Diri Akademik yang disusun dari tiga dimensi yaitu level, generality, dan strength. Hasil pengujian hipotesis dengan Paired Sample T-Test menunjukkan peningkatan skor efikasi diri akademik dengan nilai p < 0,05. Artinya ada peningkatan efikasi diri akademik sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil pengujian hipotesis dengan Independent Sample T-Test menunjukkan nilai p < 0,05. Artinya, terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan diberikan. Berdasarkan hasil tersebut, maka disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pelatihan harapan terhadap peningkatan efikasi diri akademik.}, issn = {2829-1859}, pages = {411--421} doi = {10.14710/empati.2014.7603}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7603} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University