skip to main content

HUBUNGAN ANTARA QUALITY OF SCHOOL LIFE DENGAN EMOTIONAL WELL BEING PADA SISWA MADRASAH SEMARANG

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara quality of school life dengan emotional well being pada siswa Madrasah Semarang. Quality of school life adalah persepsi terhadap rasa sejahtera siswa sebagai bagian dari sekolah melalui penilaian terhadap pengalaman yang dirasakan siswa dengan dimensi-dimensi yang dimiliki sekolah. Emotional well being adalah persepsi terhadap keadaan emosional yang meliputi kepuasan hidup dan kebahagiaan yang dirasakan individu dalam kehidupannya.
Populasi yang terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Semarang. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MAN 1 Semarang sebanyak 97 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Quality of School Life (25 aitem valid, α = 0,839) dan Skala Emotional Well Being (37 aitem valid, α = 0,884). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,633 dengan p = 0,000 (p<0,05).
Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima, yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara quality of school life dengan emotional well being. Semakin tinggi quality of school life maka semakin tinggi emotional well being, demikian pula sebaliknya, semakin rendah quality of school life maka semakin rendah emotional well being.
Fulltext View|Download
Keywords: Quality of School Life, Emotional Well Being, Remaja

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.