skip to main content

INTENSITAS DISTRES PENYUSUNAN SKRIPSI DITINJAU DARI TIPE – TIPE DUKUNGAN SOSIAL PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 22 Apr 2014.

Citation Format:
Abstract

Intensitas distres penyusunan skripsi adalah tinggi rendahnya suatu keadaan penderitaan emosional mahasiswa yang ditandai dengan gejala depresi dan gejala kecemasan ketika sedang menyusun karya ilmiah yang menjadi persyaratan akhir pendidikan akademisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tipe dukungan sosial yang paling memberikan pengaruh pada intesitas distres penyusunan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Penelitian menggunakan purposive sampling, sebanyak 35 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu skala intensitas distres penyusunan skripsi (42 aitem, valid α = 0,941) dan skala tipe – tipe dukungan sosial yang terbagi menjadi tiga subskala, yaitu subskala dukungan informasional (31 aitem, valid α = 0,914), subskala dukungan emosional (29 aitem, valid α = 0,917), dan subskala dukungan instrumental (29 aitem, valid α = 0,917).

Hasil penelitian menunjukkan koefisien determinasi dukungan informasional terhadap intensitas distres penyusunan skripsi sebesar 0,244 (R2 = 24,4%), dukungan emosional terhadap intensitas distres penyusunan skripsi sebesar 0,187 (R2 = 18,7%), dan dukungan instrumental terhadap intensitas distres penyusunan skripsi sebesar 0,165 (R2 = 16,5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu dukungan informasional merupakan dukungan yang paling berpengaruh untuk mengurangi intensitas distress penyusunan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang diterima.

Fulltext View|Download
Keywords: tipe – tipe dukungan sosial, distres, skripsi

Article Metrics:

  1. Edlin, G. & Golanty, E. (2010). Health & Wellness tenth edition. United States of America: Jones and Bartlett Publishers
  2. Fibrianti, I.D. (2009). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Semarang: Fakultas PsikologiUniversitas Diponegoro
  3. Friedman, H.S., Silver, R.C. (2007). Foundations of Health Psychology. New York: Oxford University Press
  4. Hayati, S. 2010. Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kesepian pada Lansia. Skripsi (diterbitkan). Medan: Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara
  5. Kim, S.H., Sherman,D.K., & Taylor, S.E. (2008). Culture and Social Support. Journal of Personality and Social Psychology. Vol. 63, No. 6
  6. Kusnendar, F., Suwachid., & Wijayanto, D.S. 2013. Analisis Penghambat Penyelesaian Studi Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Skripsi (diterbitkan). Surakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
  7. L’Abate, L. (2011). Mental Illnesses-Understanding, Prediction and Control. Croatia: Intech
  8. Lubis, N.L. (2009). Depresi : Tinjauan Psikologis. Jakarta : Kencana
  9. Maddi, S.R. (2006). Hardiness: The Courage to Grow from Stresses. The Journal of Positive Psychology, 1(3): 160-168
  10. Mattson. 2011. Linking Health Communication with Social Support. New York: Junker, Shutterstock, Inc
  11. Mirowsky, J. & Ross, C.E. (2003). Social causes of psychological distress (2nd ed). New York: Walter de Gruyter, Inc
  12. Nur’aini. 2011. Hubungan Antara Dukungan Sosial dari Keluarga dan Burnout pada Guru SLB Negeri Semarang. Skripsi (Tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
  13. Purba, J., Yulianto, A., & Widyanti, E. (2007). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Burnout pada Guru. Jurnal Psikologi. Vol 5. No.1
  14. Rathus, S.A., Nevid, J.S. (2002). Psychology and The Challenge of Life : Adjustment in the new Millenium. New York: John Wiley & Sons,Inc
  15. Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. Vol 3. (2)
  16. Sarafino, E.P., Smith, T.W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. United State of America: John Wiley & Sons
  17. Taylor, S.E. (2009). Health Psychology, seventh edition. New York: Mic Graw Hill
  18. Weiten, W., Lloyd, M.A., Dunn, D.S & Elizabeth, Y.H. (2009). Psychology Applied to Modern Life : Adjustment in the 21th Century. Ninth Edition. United Stated of America : WADSWORTH CENGAGE Learning
  19. Wood, S.E., Wood, E.G., & Boyd, D. (2005). The World of Psychology. United State of Amerika: Person Education

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.