Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7512, author = {Hafni Nafeesa and Kartika Dewi}, title = {INTENSITAS DISTRES PENYUSUNAN SKRIPSI DITINJAU DARI TIPE – TIPE DUKUNGAN SOSIAL PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {3}, number = {2}, year = {2014}, keywords = {tipe – tipe dukungan sosial, distres, skripsi}, abstract = { Intensitas distres penyusunan skripsi adalah tinggi rendahnya suatu keadaan penderitaan emosional mahasiswa yang ditandai dengan gejala depresi dan gejala kecemasan ketika sedang menyusun karya ilmiah yang menjadi persyaratan akhir pendidikan akademisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tipe dukungan sosial yang paling memberikan pengaruh pada intesitas distres penyusunan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian menggunakan purposive sampling , sebanyak 35 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu skala intensitas distres penyusunan skripsi (42 aitem, valid α = 0,941) dan skala tipe – tipe dukungan sosial yang terbagi menjadi tiga subskala, yaitu subskala dukungan informasional (31 aitem, valid α = 0,914), subskala dukungan emosional (29 aitem, valid α = 0,917), dan subskala dukungan instrumental (29 aitem, valid α = 0,917). Hasil penelitian menunjukkan koefisien determinasi dukungan informasional terhadap intensitas distres penyusunan skripsi sebesar 0,244 (R 2 = 24,4%), dukungan emosional terhadap intensitas distres penyusunan skripsi sebesar 0,187 (R 2 = 18,7%), dan dukungan instrumental terhadap intensitas distres penyusunan skripsi sebesar 0,165 (R 2 = 16,5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu dukungan informasional merupakan dukungan yang paling berpengaruh untuk mengurangi intensitas distress penyusunan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang diterima. }, issn = {2829-1859}, pages = {182--189} doi = {10.14710/empati.2014.7512}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7512} }
Refworks Citation Data :
Intensitas distres penyusunan skripsi adalah tinggi rendahnya suatu keadaan penderitaan emosional mahasiswa yang ditandai dengan gejala depresi dan gejala kecemasan ketika sedang menyusun karya ilmiah yang menjadi persyaratan akhir pendidikan akademisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tipe dukungan sosial yang paling memberikan pengaruh pada intesitas distres penyusunan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Penelitian menggunakan purposive sampling, sebanyak 35 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu skala intensitas distres penyusunan skripsi (42 aitem, valid α = 0,941) dan skala tipe – tipe dukungan sosial yang terbagi menjadi tiga subskala, yaitu subskala dukungan informasional (31 aitem, valid α = 0,914), subskala dukungan emosional (29 aitem, valid α = 0,917), dan subskala dukungan instrumental (29 aitem, valid α = 0,917).
Hasil penelitian menunjukkan koefisien determinasi dukungan informasional terhadap intensitas distres penyusunan skripsi sebesar 0,244 (R2 = 24,4%), dukungan emosional terhadap intensitas distres penyusunan skripsi sebesar 0,187 (R2 = 18,7%), dan dukungan instrumental terhadap intensitas distres penyusunan skripsi sebesar 0,165 (R2 = 16,5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu dukungan informasional merupakan dukungan yang paling berpengaruh untuk mengurangi intensitas distress penyusunan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang diterima.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University