skip to main content

HUBUNGAN ANTARA FLEKSIBILITAS KOGNITIF DENGAN PROBLEM FOCUSED COPING PADA MAHASISWA FAST-TRACK UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 22 Apr 2014.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara fleksibilitas kognitif dengan problem focused coping pada mahasiswa fast-track Universitas Diponegoro.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fast-track Universitas Diponegoro angkatan 2013 sebanyak 62 orang yang terdiri dari Fakultas Teknik Kimia, Fakultas Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Administrasi Publik dengan menggunakan teknik studi populasi. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu Skala Problem Focused Coping (27 aitem valid, α = 0,857) dan Skala fleksibilitas kognitif (26 aitem valid, α = 0,846).

Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy=0,694 dengan p=0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan positif antara fleksibilitas kognitif dengan problem focused coping. Semakin tinggi fleksibilitas kognitif maka semakin tinggi problem focused coping. Fleksibilitas kognitif memberikan besaran prediksi peran sebesar 48,2% pada problem focused coping dan sebesar 51,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: Fleksibilitas Kognitif, Problem Focused Coping, Mahasiswa Fast-Track.

Article Metrics:

  1. Dariyo, A. (2008). Psikologi perkembangan dewasa muda. Jakarta: PT. Grasindo
  2. Neale, J.M., & Davidson, G.C. (2001). Abnormal psychology eight edition. New York: John Wiley & Sons, Inc
  3. Nevid, J.S., Rathus, S.A., & Grenee, B. (2005). Psikologi abnormal; Edisi kelima. Jilid I. Jakarta: Erlangga
  4. Ogden, J. (2007). Health psychology: A textbook fourth edition. London:Mc Graw-Hill Companies, Inc
  5. Panduan program beasiswa unggulan. (2012). [online]. Diakses dari http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/
  6. Sarafino, E.P., & Smith. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions seventh ediotion. Canada: Jhon Willey & Sons
  7. Syah, M. (2013). Edisi revisi: Psikologi pendidikan dengan suatu pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  8. Taylor, S. (2009). Health psychology; Seventh edition. New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.