skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP BEBAN KERJA DENGAN INTENSI AGRESI PADA TEKNISI DI SERVICE CENTER NISSAN JAKARTA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 19 Jan 2014.

Citation Format:
Abstract

Salah satu bentuk ketidakprofesionalan seorang karyawan yang saat ini banyak menjadi sorotan masyarakat adalah adanya intensi agresi yang dilakukan di dalam perusahaan. Intensi agresi merupakan kecenderungan atau niat untuk melukai atau menyakiti orang lain secara fisik maupun verbal yang sejatinya disengaja. Intensi agresi muncul karena adanya masalah didalam perusahaan yang belum bisa terselesaikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan dan sumbangan efektif antara persepsi terhadap beban kerja dengan intensi agresi pada teknisi di Service Center Nissan Jakarta.

Jumlah populasi dalam penelitian ini 120 teknisi dengan sampel penelitian 89 teknisi. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua buah skala yaitu, Skala Persepsi terhadap Beban Kerja terdiri dari 32 aitem (α = 0,906) dan Skala Intensi Agresi terdiri dari 64 aitem (α = 0,986).

Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi rxy = -0,319 dengan p = 0,002 (p<0,05), yang berarti ada hubungan negatif antara variabel persepsi terhadap beban kerja dengan intensi agresi pada teknisi di Service Center Nissan Jakarta. Semakin positif persepsi terhadap beban kerja maka semakin rendah intensi agresi, dan sebaliknya. Hasil penelitian didapatkan R Square = 0,102 yang artinya variabel intensi agresi mendapat sumbangan efektif dari variabel persepsi terhadap beban kerja sebesar 10,2%. Sedangkan, 89,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: Intensi Agresi, Persepsi terhadap Beban Kerja, Teknisi.

Article Metrics:

  1. Ajzen, I. 2005. Attitudes, Personality, and Behavior. New York: Open University Press
  2. Alexander and Scheneider, A.A. 1975. Personal adjusment and mental health. New York: Holt, Rinehart, Wiston
  3. Baron, R.A., Byrne, D. 2005. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga
  4. Berkowitz. 2003. Emotional Behavioral, Mengenal Perilaku dan Tindakan Kekerasan di Lingkungan Sekitar Kita dan Cara Penanggulangnya buku kesatu. Alih Bahasa: Hartatni Woro Susiatni. Jakarta: PPM
  5. Handoko. 2001. Manajemen Personalia dan Manajemen Sumbser Daya Manusia. Yogyakarta: BPEF
  6. Ivanvech, J.M., Konopaske, R., Matteson, M.T. 2006. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga
  7. Myers, David. G. 2002. Social Psychology. New York: Mc Graw Hill
  8. Rama, M.F. (2012, Juni) Nissan Indomobil PT Wahana Sejaya. Available FTP: Hostname: muhfajrirama.blogspot.com/2012/06/nissan-indomobil-pt-wahanasejaya
  9. Ramdani, D. (2011, September). Sejarah PT NMI. Available FTP: Hostname: istnissan.blogspot.com/p/sejarah-pt-nmi
  10. Riggio, R. E. 2000. Introduction To Industrial/ Organizational Psychology.3rd. Ed. New Jersey : Prentice Hall
  11. Sarwono, S.W., Meinarno, E.A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  12. Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi
  13. Warr, P. 2002. Psychology At Work.5th Ed. England : Penguin Books

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.