Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI36742, author = {Dinni Febriyanti and Endah Dewi and Diana Rusmawati}, title = {KESIAPAN BERSEKOLAH ANAK DI MATA ORANG TUA SISWA PAUD}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {11}, number = {5}, year = {2022}, keywords = {kesiapan bersekolah; siswa; orang tua; PAUD}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesiapan bersekolah dalam persepsi orang tua siswa PAUD. Kesiapan bersekolah merupakan prediktor bagi prestasi anak di jenjang pendidikan dasar sehingga menjadi sebuah konsep penting untuk diupayakan oleh orang tua dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksplorasial. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner terbuka. Analisis data atas respon dari 39 orang tua siswa memberikan gambaran mengenai kondisi yang dinilai penting dan teridentifikasi dari anak sebagai dasar orang tua memutuskan anak siap bersekolah. Prioritas kondisi yang penting bagi kesiapan bersekolah anak dimulai dari kemampuan fisik, kesehatan dan motorik serta kemampuan berkomunikasi, disusul kematangan kognitif, kemampuan motivasional, serta kemampuan kepedulian lingkungan pada urutan terakhir. }, issn = {2829-1859}, pages = {337--343} doi = {10.14710/empati.0.36742}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/36742} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesiapan bersekolah dalam persepsi orang tua siswa PAUD. Kesiapan bersekolah merupakan prediktor bagi prestasi anak di jenjang pendidikan dasar sehingga menjadi sebuah konsep penting untuk diupayakan oleh orang tua dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksplorasial. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner terbuka. Analisis data atas respon dari 39 orang tua siswa memberikan gambaran mengenai kondisi yang dinilai penting dan teridentifikasi dari anak sebagai dasar orang tua memutuskan anak siap bersekolah. Prioritas kondisi yang penting bagi kesiapan bersekolah anak dimulai dari kemampuan fisik, kesehatan dan motorik serta kemampuan berkomunikasi, disusul kematangan kognitif, kemampuan motivasional, serta kemampuan kepedulian lingkungan pada urutan terakhir.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University