skip to main content

HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA ATLET MAHASISWA JALUR PRESTASI DI SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Apr 2022.
Open Access Copyright 2022 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Setiap tahun universitas selalu membuka penerimaan mahasiswa baru. Salah satu jalur favorit siswa – siswi yang memiliki prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik adalah jalur prestasi. Terdapat sepuluh universitas negeri maupun swasta di Semarang yang membuka jalur prestasi khususnya jalur prestasi olahraga. Atlet mahasiswa jalur prestasi dituntut mengoptimalkan keinginan untuk berprestasi, sehingga mampu mempertahankan prestasi non akademik dan tetap mampu mengikuti kegiatan akademik. Salah satu faktor yang berperan terhadap motivasi berprestasi adalah resiliensi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara resiliensi dengan motivasi berprestasi atlet mahasiswa jalur prestasi di Semarang. Jumlah sampel pada penelitian ini 120 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan yakni skala motivasi berprestasi (25 aitem valid, α = 0,870) dan skala resiliensi (31 aitem valid, α = 0,890). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi analisis regresi sederhana rxy = 0,454 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Hipotesis yang telah diajukan diterima dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara resiliensi dengan motivasi berprestasi.

 

Fulltext View|Download
Keywords: atlet mahasiswa; jalur prestasi; resiliensi; motivasi berprestasi

Article Metrics:

  1. Ali, H., Dahlan, M. R., & Sobari, A. (2019). Hubungan motivasi berprestasi terhadap kedisiplinan siswa di SMPS IT Roudlotul Jannah Kabupaten Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(7). 1057-1068
  2. Diponegoro U. (2016). Peraturan Rektor Universitas Diponegoro Nomor : 9 Tahun 2016 tentang seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana di lingkungan Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro
  3. Mardiana, T., Chairilsyah, D., & Risma, D. (2017). Hubungan antara self resiliensi dengan motivasi berprestasi mahasiswa PG Paud angkatan 2015 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(2), 1-13
  4. McClelland, D.C. (2014). Human motivation. Cambridge University Press
  5. McEwen, K. (2011). Building resilience at work. Australian Academic Press
  6. Nasution, S. I. (2017). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi berprestasi mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Raden Intan Lampung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 39-54
  7. Nurazmi, R., Kurniawan, K. (2016). Meningkatkan motivasi berprestasi rendah melalui konseling behavior teknik self-management. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(4), 27-32
  8. Wigfield, W., & Eccles, J. S. (2002). Development of achievement motivation. Academic Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.