skip to main content

EFEKTIVITAS INTERVENSI MUSIK GAMELAN UNTUK MENURUNKAN KECENDERUNGAN PERILAKU KECANDUAN GADGET PADA REMAJA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Open Access Copyright 2022 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Pembelajaran daring yang diselenggarakan selama pandemi COVID-19 berdampak pada intensitas penggunaan gadget yang tinggi pada siswa. Jika hal tersebut dilakukan di luar kepentingan pembelajaran, maka dikhawatirkan akan muncul perilaku kecanduan gadget pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi musik gamelan terhadap kecenderungan perilaku kecanduan gadget pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen non-randomized pretest posttest control group design yang dilaksanakan selama enam kali pertemuan dengan durasi 60 menit pada setiap pertemuan. Karakteristik subjek dalam penelitian ini yaitu remaja Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten yang berusia 10-13 tahun, mengalami kecenderungan perilaku kecanduan gadget, dan bisa memainkan alat musik gamelan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel berjumlah 18 orang yang terdiri dari 9 remaja dalam kelompok eksperimen, dan 9 remaja dalam kelompok kontrol. Tingkat kecanduan gadget diukur menggunakan Skala SAS-SV yang terdiri dari 23 aitem valid (α = 0.870). Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa ada penurunan tingkat kecanduan gadget pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T-Test dengan nilai signifikansi 0.000 (p < 0,05). Selain itu, uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa ada perbedaan skor kecanduan gadget pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan (Sig = 0.000, p < 0,05). Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa intervensi musik gamelan mampu berpengaruh secara signifikan untuk menurunkan kecenderungan perilaku kecanduan gadget pada remaja. Pemberian intervensi musik dalam setting kelompok telah terbukti mampu mengurangi isolasi diri, meningkatkan motivasi anggota untuk berpartisipasi, meningkatkan kehadiran kelompok, dan meningkatkan perasaan senang bagi peserta.

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: intervensi musik gamelan; perilaku kecanduan gadget; remaja

Article Metrics:

  1. Abdullah, J., Suryaningrum, C., & Prasetyaningrum, S. (2014). Musik jawa untuk mereduksi stres pada mahasiswa (Javanese music to reduce stress among university students). Jurnal Intervensi Psikologi, 6, 89-101
  2. Anugrahadi, S. (2019, Oktober 9). Mengenal remaja generasi z (Dalam rangka memperingati hari remaja internasional). BKKBN Nusa Tenggara Barat. http://ntb.bkkbn.go.id/?p=1467pada
  3. Arthy, C. C., Effendy, E., Amin, M. M., Loebis, B., Camellia, V., & Husada, M. S. (2019). Indonesian version of addiction rating scale of smartphone usage adapted from smartphone addiction scale-short version (SAS-SV) in Junior High School. Journal of Medical Sciences, 7(19). 3235-3239. https://doi.org/10.3889/oamjms.2019.691
  4. Asif, A., & Rahmadi, F. (2017). Hubungan tingkat kecanduan gadget dengan gangguan emosi dan perilaku remaja usia 11-12 tahun. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 148–157
  5. Azwar, S. (2019). Penyusunan skala psikologi (2nd ed.). Penerbit Pustaka Pelajar
  6. Basri, A. S. H. (2014). Kecenderungan internet addiction disorder mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi ditinjau dari religiositas. Jurnal Dakwah, 15(2), 407-432
  7. Batubara, J., Marbun, J., Samosir, H. T. G., & Galingging, K. (2021). Pemanfaatan terapi musik sebagai pengobatan alternatif korban penyalahgunaaan narkoba di Panti Rehabilitasi Mutiara Abadi Binjai. Panggung Jurnal Seni Budaya, 31(4), 467–477
  8. Bong, S. H., Won, G. H., & Choi, T. Y. (2021). Effects of cognitive-behavioral therapy-based music therapy in korean adolescents with smartphone and internet addiction. Psychiatry Investigation, 18(2), 110–117. https://doi.org/10.30773/pi.2020.0155
  9. Chaidirman, Indriastuti, D.,& Narmi. (2019). Fenomena kecanduan penggunaan gawai (gadget) pada kalangan remaja suku bajo. Journal of Holistic Nursing and Health Science, 2(2), 33–41
  10. Djohan. (2020). Psikologi musik. Penerbit Kanisius
  11. Djohan. (2006). Intervensi musik, teori dan aplikasi (2nd ed.). Penerbit Galangpress
  12. Djohan. (2009). Respons emosi musikal. Penerbit Joglo Alit
  13. Ginige, P. (2017). Internet addiction disorder. Child and Adolescent Mental Health, XV(2), 407–432. https://doi.org/10.5772/66966
  14. Krismonix, D. (2021). Efektivitas penggunaan gadget sebagai sarana pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 sd negeri arjowinangun tahun pelajaran 2020/2021 [Skripsi, STKIP PGRI Pacitan]. Repository STKIP Pacitan. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/591/1/DEWI%20KRISMONIX_PGSD_AB2021.pdf
  15. Kwon, M., Kim, D. J., Cho, H., &Yang, S. (2013). The smartphone addiction scale: development and validation of a short version for adolescents. PloS ONE, 8(12). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0083558
  16. Larasati, D. M. (2017). Pengaruh intervensi musik terhadap tingkat kecemasan sebelum bertanding pada atlet futsal putri tim muara enim unyted [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. Eprints Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/48941/1/Skripsi_Dina%20Mutiah%20Larasati_13603141008.pdf
  17. Loth, H. (2014). An investigation into the relevance of gamelan music to the practice of music therapy. [Thesis, Anglia Ruskin University]. Arro Anglia Ruskin University. https://arro.anglia.ac.uk/id/eprint/578535/1/PhD%20thesis%20Helen%20Loth%20for%20ARRO.pdf
  18. Maknuni, J. (2020). Pengaruh media belajar smartphone terhadap belajar siswa di era pandemi covid-19. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL), 2(2), 94-106
  19. Manumpil, B., Ismanto, A., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2), 112721
  20. Mumbaasithoh, L., Ulya, M. F., & Rahmat, K. B. (2021). Kontrol diri dan kecanduan gadget pada siswa remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 33-42. https://doi.org/10.29080/jpp.v12i1.507
  21. Murdhiono, W. R., & Lestari, E. D. (2020). The correlation between javanese gamelan music therapy and depression score in elderly nursing home resident. Jurnal Keperawatan Soedirman, 15(1), 24–32
  22. Ning, W., Davis, F. D., & Riedl, R. (2021). Musical consumption, self-control, and smartphone addiction: A dual-systems theory perspective and evidence from a survey study. Internet Research, 32(3), 657-679. https://doi.org/10.1108/INTR-07-2020-0365
  23. Nurhidayati, T., Pambudi, D. A., Rahayu, D. A., Elengoe, A., & Ramuni, K. (2020). The effectiveness of gamelan therapy on depression levels in chronic kidney failure patients. Enfermeria Clinica, 30(2019), 69–72. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.11.023
  24. Rahmawati, Z. D. (2020). Penggunaan media gadget dalam aktivitas belajar dan pengaruhnya terhadap perilaku anak. TA‟LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 97–113
  25. Rifqi. (2019). Pengaruh kecanduan gadget (smartphone) terhadap empati mahasiswa uin maulana malik ibrahim malang [Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. Ethesis UIN Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/18992/1/14410183.pdf
  26. Rozalia, M. F. (2017). Hubungan intensitas pemanfaatan gadget dengan prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.722-731
  27. Saifuddin, A. (2019). Penelitian eksperimen dalam psikologi. Penerbit Prenadamedia Group
  28. Santrock, J.W. (2012). Life-span development perkembangan masa hidup jilid 1 (13th ed.). Penerbit Erlangga
  29. Sastow, T. (2020). Music therapy as a tool for recovery: a program proposal for mountainside addiction treatment center [Thesis, State University of New York]. Dspace State University of New York https://dspace.sunyconnect.suny.edu/bitstream/handle/1951/71178/Sastow_Thesis.pdf?sequence=1danisAllowed=y
  30. Seniati, L. (2017). Psikologi eksperimen. Penerbit Indeks
  31. Sianturi, Y. R. U. (2021). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 276–284. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430
  32. Simangunsong, S., & Sawitri, D. R. (2018). Hubungan stres dan kecanduan smartphone pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Empati, 6(4), 52–66
  33. Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan RdanD. Penerbit Alfabeta
  34. Wardhani, F. P. (2018). Student gadget addiction behavior in the perspective of respectful framework. Konselor, 7(3), 116–123. https://doi.org/10.24036/0201872100184-0-00
  35. Yusli, U. D., & Rachma, N. (2018). Pengaruh pemberian Intervensi Musik Gamelan jawa terhadap tingkat kecemasan lansia. Jurnal Perawat Indonesia, 3(1), 72–78

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.