skip to main content

HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA RANTAU DARI PULAU SUMATERA DI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 9 Sep 2020; Published: 12 Jul 2023.
Open Access Copyright 2023 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Efikasi diri akademik merupakan keyakinan individu atas kemampuannya dalam menyelesaikan tuntutan akademik yang sulit, sehingga dapat mencapai tujuan akademik. Hardiness akademik merupakan kemampuan yang dimiliki individu dalam menyelesaikan tuntutan yang sulit yang mencakup komitemen, kontrol, dan tantangan, sehingga individu dapat mencapai tujuan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness akademik dengan efikasi diri akademik pada mahasiswa rantau dari Pulau Sumatera di Universitas Diponegoro. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 258 yang tergabung dalam organisasi daerah IKAMMI, IKMR, dan PARADIPO dengan subjek penelitian berjumlah 86 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik incidental cluster sampling. Alat ukur yang digunakan ialah Skala Hardiness Akademik (23 item; α = 0,904) dan Skala Efikasi Diri Akademik (29 item; α = 0,924). Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana yang dilakukan, ditemukan bahwa terdapat hubungan positif antara hardiness akademik dengan efikasi diri akademik pada mahasiswa rantau (rxy= 0,817; p = 0,000). Hardiness akademik memberikan sumbangan efektif terhadap efikasi diri akademik sebesar 66,7%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi hardiness akademik yang dimiliki mahasiswa rantau maka semakin tinggi pula efikasi diri akademiknya. Begitupun sebaliknya, semakin rendah hardiness akademik yang dimiliki mahasiswa rantau maka semakin rendah pula efikasi diri akademiknya.
Fulltext View|Download
Keywords: efikasi diri akademik; hardiness akademik; mahasiswa rantau

Article Metrics:

  1. Abdollahi, A., & Noltemeyer, A. (2016). Academic hardiness: Mediator between sense of belonging to school amd academic? The Journal of Educational Research, 111(3), 345-351. https://doi.org/10.1080/00220671.2016.1261075
  2. Afifah, A.N., & Rositawati, S. (2019). Hubungan hardiness dengan prestasi akademik mahasiswa penerima program bidikmisi di Institut Teknologi Bandung. Prosiding Psikologi SPeSIA, 5(1), 195-199
  3. Amiruddin, J.H., & Ambarini, T.K. (2014). Pengaruh hardiness dan coping stress terhadap tingkat stres pada kadet akademik TNI-AL. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 3(2), 72-78
  4. Baron, R.A., & Bryne, D. (2004). Psikologi sosial jilid 1 (10th ed.). Erlangga
  5. Cheng, Y.H., Tsai, C.C., & Liang, J.C. (2019). Academic hardiness and academic self-efficacy in graduate studies. Higher education research & development, 38(5), 907-921. https:/doi.org/10.1080/07294360.2019.1612858
  6. Corey, G.. & Corey, M.S. (2010). I never knew I had a choice: Explorations in personal growth, ninth edition. Belmont
  7. Devinta, M., Hidayah, N., & Hendrastomo, G. (2016). Fenomena culture shock (gegar budaya) pada mahasiswa perantauan di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5(3), 1-15
  8. Feldman, D.B., & Kubota, M. (2014). Hope, self-efficacy, optimism, and academic achievement: Distinguishing constructs and levels of specificity in predicting college grade-point average. Learning and Individual Differences Journal, 37, 1-7. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2014.11.022
  9. Fitri, R., & Kustanti (2018). Hubungan antara efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa rantau dari indonesia bagian timur di semarang. Jurnal Empati, 7(2), 66-77. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21669
  10. Getswicki, C. (2010). Home, school and community relations, ecenth edition. Nelson Education, Ltd
  11. Ghufron, M.N., & Risnawita, R.S. (2012). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media
  12. Hasel, K.M., Abdolhoseini, A., & Ganji, P. (2011). Hardiness training and perceived stress among college students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 30, 1354-1358. https://doi.org/10.1016.j_sbspro.2011.10.262
  13. Kobasa, S.C., Maddi, S.R., & Kahn, S. (1982). Hardiness and health: A prospective study. Journal of Personality and Social Psychology, 42(1), 168-177. https://doi.org/10.1037/0022-3514.42.1.168
  14. Mardliyah, A., & Rahmandhani, A. (2018). Hubungan antara efikasi diri dan ketangguhan pada taruna tingkat ii politeknik ilmu pelayaran semarang. Jurnal Empati, 7(4), 310-320. https://doi.org/10.14710/empati.2018.23482
  15. McInnes, W. (2012). Culture shock: A handbook for 21st century business. Willey
  16. Memesah, T.S., & Kusumiati, R.Y.E., (2019). Hubungan antara efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru provinsi NTT yang merantau di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal Psikologi Konseling, 14(1), 317-329. https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.13728
  17. Naim, M. (2013). Merantau: Pola migrasi suku minangkabau. PT RajaGrafindo Persada
  18. Rini, Q.K., Majorsy, U., & Hapsari, R.M. (2015). Hubungan metakognisi, efikasi diri akademik, dan prestasi akademik pada mahasiswa. Prosiding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), 6, 65-71
  19. Santrock, J.W. (2016). Educational psychology: Theory and application to fitness and performance. Mc-Graw-Hill Education
  20. Schultz, D.P., & Schultz, S.E. (2010). Psychology and work today (10th ed.). Prentice Hall
  21. Skomorovsky, A., & Sudom, K.A. (2011). Psychological well-being of canadian forces officer candidates: The unique roles of hardiness and personality. Military Medicine, 176(4), 176, 389-395. https://doi.org/10.7205/MILMED-D-10-00359
  22. Spiridon, K., & Karagiannapoulou, E. (2015). Exploring relationships between academic hardiness, academic stressor, and achievement in university undergraduates. JAEPR, 1(1), 53-73
  23. Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.