slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA MATERIALISME DENGAN MEMBELI FASHION SECARA KOMPULSIF PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO | Ikhsantoro | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA MATERIALISME DENGAN MEMBELI FASHION SECARA KOMPULSIF PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 25 Jul 2020; Published: 12 Jul 2023.
Open Access Copyright 2023 Jurnal Empati
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

 

Materialisme adalah sikap yang menekankan pentingnya memiliki barang untuk mendapatkan kebanggaan agar terlihat lebih eksis/sukses. Membeli secara kompulsif adalah perilaku membeli yang tidak terkontrol pada individu dan melakukannya dengan rasa senang serta adanya kenikmatan saat berbelanja yang mengakibatkan pengeluaran disfungsional dan rasa bersalah setelah membeli. Ciri dari membeli kompulsif ini karena adanya perasaan negatif, untuk mengalihkan atau menghilangkan perasaan negatif tersebut dengan berbelanja dengan intensitas yang berlebihan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterkaitan antara materialisme dengan membeli fashion secara kompulsif pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Populasi penelitian ini berjumlah 261 mahasiswa dengan sampel berjumlah 99. Pengambilan sampel menggunakan teknik Convenience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala membeli kompulsif (23 aitem valid dengan =0, 867) dan skala materialisme (21 aitem valid dengan =0,818). Berdasarkan analisis Pearson Product Moment Correlation didapatkan hubungan positif yang signifikan antara materialisme dengan membeli fashion secara kompulsif pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Koefisien korelasi 0,611 yang mengartikan hubungan yang kuat dan signifikansi 0,000 dengan artian terdapat hubungan positif yang signifikan sehingga semakin tinggi materialisme maka semakin tinggi pula membeli fashion secara kompulsif, sebaliknya semakin rendah materialismenya maka semakin rendah pula membeli fashion secara kompulsifnya. Materialisme memberikan sumbangan efektif sebesar 37,4% terhadap membeli secara kompulsif.

Fulltext View|Download
Keywords: Materialisme; membeli kompulsif; fashion; mahasiswa Fakultas Psikologi; Universitas Diponegoro

Article Metrics:

  1. Astuti, D. A. (2017). Hubungan antara citra merek dengan intensi membeli smartphone Samsung pada mahasiswa [Skripsi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta]. Eprints Mercubuana Yogya. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/243/
  2. Augustiani, D. T. (2017). Pengaruh profitabilitas dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan deviden sebagai variabel pemoderasi (Studi pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015) [Disertasi, Unpas Bandung]. Repository Unpas. http://repository.unpas.ac.id/30184/
  3. Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar
  4. Azwar, S. (2017). Penyusunan skala psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar
  5. Black, D. W. (2007). A review of compulsive buying disorder. World Psychiatry, 6(1), 5–13
  6. Ching, T. H. W., Tang, C. S., Wu, A., & Yan, E. (2016). Gender differences in pathways to compulsive buying in chinese college students in Hong Kong and Macau. Journal of Behavioral Addictions, 5(2), 342–350. https://doi.org/10.1556/2006.5.2016.025
  7. Damayanti, N. A., & Harti. (2014). Pengaruh tingkat keaktifan penggunaan jejaring sosial terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 9 Surabaya dalam berbelanja online. E-Journal Unesa, 2(3), 1-13. https://doi.org/10.26740/jptn.v2n3.p%25p
  8. Deloitte. (2016). Deloitte consumer insights: The evolution of the Indonesian consumer. Deloitte
  9. Donnely, G., Ksendzova, M., & Howell, R. (2013). Sadness, identity, and plastic in over-shopping: The interplay of materialism, poor credit management, and emotional buying motives in predicting compulsive buying. Journal of Economic Psychology, 39(2013), 113-125. http://dx.doi.org/10.1016/j.joep.2013.07.006
  10. Edward, E. A. (1993). Development of a new scale for measuring compulsive buying behavior. Financial Counseling and Planning, 4, 67-85
  11. Efendi, J. (2014). Faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi intensi membeli produk fashion tiruan [Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. Repository Uinjkt. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/27989
  12. Eren, S. S., Eroğlu, F., & Hacioglu, G. (2012). Compulsive buying tendencies through materialistic and hedonic values among college students in Turkey. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 58, 1370–1377. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1121
  13. Farid, S. R. Y. (2014). Pengaruh Integrated Marketing Communication (IMC) terhadap keputusan pembelian mobil toyota avanza di Kota Lamongan [Disertasi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. Etheses Uin-malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/2516/11/09510149_Ringkasan.pdf
  14. Harnish, R. J., & Bridges, K. R. (2015). Compulsive buying: The role of irrational beliefs, materialism, and narcissism. Journal of Rational - Emotive and Cognitive - Behavior Therapy, 33(1), 1-16. https://doi.org/10.1007/s10942-014-0197-0
  15. Islami, R. H., & Satwika, W. Y. (2018). Hubungan antara harga diri dengan perilaku pembelian kompulsif pada mahasiswi psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(1), 1-9
  16. Johan, A. & Cahyo, H. (2016). Perilaku konsumen materialistik: perspektif pembelian, compulsive buying, dan environmental attitudes. Journal & Poceeding Feb Unsoed, 6(1), 177-192
  17. Joung, H.M. & Park-Poaps, H. 2013, Factors motivating and influencing clothing disposal behavior. International Journal of Consumer Studies, 37(1), 105-111. https://doi.org/10.1111/j.1470-6431.2011.01048.x
  18. Kusumawati, I. N. (2016). Pengaruh gratitude terhadap hubungan antara materialisme dan life satisfaction [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang]. Eprints Umm. https://eprints.umm.ac.id/34346/1/jiptummpp-gdl-idanurkusu-42912-1-idanur-i.pdf
  19. Li, D., Jiang, Y., An, S., Shen, Z., & Jin, W. (2009). The influence of money attitudes on young Chinese consumers’ compulsive buying. Young Consumers, 10(2), 98–109. https://doi.org/10.1108/17473610910964688
  20. Manchanda, R. (2015). Materialism and compulsive buying: An exploration of Indian youth. International Journal of Business Quantitative Economics and Applied Management Research, 2(4), 28–40
  21. Maraz, A., den Brink, W. Van, & Demetrovics, Z. (2015). Prevalence and construct validity of compulsive buying disorder in shopping mall visitors. Psychiatry Research, 228(3), 918–924. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2015.04.012
  22. Mangestuti, R. (2014). Model pembelian kompulsif pada remaja [Disertasi, Universitas Gadjah Mada]. Etd Repository Ugm. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/71075
  23. Mowen, C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Erlangga
  24. Naomi, P., & Mayasari, I. (2009). Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa SMK dalam perilaku pembelian kompulsif: Perspektif psikologi. Abmas, 8(8), 1-8
  25. Nurrahmanto, P., A. (2015). Pengaruh kemudahan penggunaan, kenikmatan berbelanja, pengalaman berbelanja, dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen di situs jual beli online Bukalapak.com. [Skripsi, Universitas Diponegoro]. Eprints Undip. http://eprints.undip.ac.id/45651/1/14_NURRAHMANTO.pdf
  26. Otero-lópez, J. M., Pol, E. V., & Bolaño, C. C. (2017). Beyond the big five: the role of extrinsic life aspirations in compulsive buying. Psicothema, 29(4), 440–445
  27. Otero-López, J. M., & Villardefrancos, E. (2013). Five-factor model personality traits, materialism, and excessive buying: A mediational analysis. Personality and Individual Differences, 54, 767–772. https://doi.org/10.1016/j.paid.2012.12.013
  28. Prabowo, H. (2016). Faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan (studi di Patra Jasa Convention Center Semarang). Buletin Bisnis dan Manajemen, 2(1), 103-117
  29. Qoryama, M. U. (2017). Hubungan antara materialisme dan perilaku compulsive buying [Disertasi, Universitas Negeri Semarang]. Lib Unnes. http://lib.unnes.ac.id/29946/1/1511413042.pdf
  30. Rahajeng, H. (2014). Studi kasus perilaku compulsive buying pada mahasiswa di Yogjakarta, [Skripsi, Universitas Negeri Yoyakarta]. Eprints Uny. https://eprints.uny.ac.id/14013/
  31. Rani, P. (2014). Factors influencing consumer behaviour. International Journal of Current Research and Academic Review, 2(9), 276–284
  32. Richins, M. L., & Dawson, S. (1992). A consumer values orientation for materialism and its measurement: Scale development and validation. Journal of Consumer Research, 19(3), 303-316. https://doi.org/10.1086/209304
  33. Ridgway, N., Kukar-Kinney, M., & Monroe, K. B. (2008). An expanded conceptualization and a new measure of compulsive buying. Journal of Consumer Research, 35(4), 622–639. https://doi.org/10.1086/591108
  34. Sari, R., P. (2014). Analisis pembelian kompulsif pada spesifik produk tertentu: pakaian [Skripsi, Universitas Indonesia]. Lib Ui. https://lib.ui.ac.id/detail?id=20402932&lokasi=lokal
  35. Segev, S., Shoham, A., & Gavish, Y. (2015). A closer look into the materialism construct: The antecedents and consequences of materialism and its three facets. Journal of Consumer Marketing, 32(2), 85–98
  36. Sulistiyono, N, Y. (2013). Gambaran asupan zat gizi dan aktivitas fisik mahasiswa Ilmu Keolahragaan (Studi deskriptif pada mahasiswa UPI Bandung) [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia. Repository Upi. http://repository.upi.edu/203/
  37. Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan. Alfabeta
  38. Suwanto, D. (2013). Survey tentang pemahaman dan sikap siswa terhadap narkoba atau NAPZA di kalangan remaja: studi deskriptif pada siswa kelas XI SMA di Kota Bandung [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia]. Repository Upi. http://repository.upi.edu/3546/
  39. Wardani, L. K., & Sumaryanti, I. U. (2019) Hubungan antara materialisme dan compulsive buying pada mahasiswa di bandung. Prosiding Psikologi, 5(2), 670-676
  40. Yehoshua, R. (2009). Kecenderungan perilaku membeli kompulsif (compulsive buying) pada wanita dewasa muda yang bekerja dan belum menikah: Sebuah studi deskriptif [Skripsi, Universitas Sanata Dharma]. Repository Usd. https://repository.usd.ac.id/28609/

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.