Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI36976, author = {Amalia Fauziah}, title = {EFEKTIVITAS PROGRAM INTERVENSI REGULASI DIRI SECARA DARING PADA SISWA UNDERACHIEVER}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {12}, number = {4}, year = {2023}, keywords = {intervensi daring; regulasi diri; underachievement}, abstract = { Masalah ketidakhadiran dan demotivasi pada siswa SMA menjadi fenomena yang sering kali muncul pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi ini. Hal tersebut bisa indikasi masalah yang lebih besar terutama bagi anak-anak memiliki potensi di atas performansi belajar yang ditunjukkan ( underachievement ). Sebab utama bisa disebabkan oleh regulasi diri yang bermasalah yang dikombinasikan dengan kondisi belajar daring yang memperparah masalah tersebut. Tujuan penlitian ini adalah untuk meningkatkan regulasi diri siswa pada pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penelitian menggunakan single case intervention yang dilakukan dalam 5 sesi dengan masing-masing sesi selama 30-40 menit. Partisipan adalah anak laki-laki berusia 15-tahun-10-bulan yang berada di kelas 11 SMA. Teknik intervensi menggunakan pendekatan experiential learning cyle dari Kolb dan dilakukan secara daring. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang tidak signifikan namun rata-rata jawaban meningkat 1 poin dan total peningkatan sebanyak 18 poin dari 18 item soal. }, issn = {2829-1859}, pages = {330--336} doi = {10.14710/empati.2023.36976}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/36976} }
Refworks Citation Data :
Masalah ketidakhadiran dan demotivasi pada siswa SMA menjadi fenomena yang sering kali muncul pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi ini. Hal tersebut bisa indikasi masalah yang lebih besar terutama bagi anak-anak memiliki potensi di atas performansi belajar yang ditunjukkan (underachievement). Sebab utama bisa disebabkan oleh regulasi diri yang bermasalah yang dikombinasikan dengan kondisi belajar daring yang memperparah masalah tersebut. Tujuan penlitian ini adalah untuk meningkatkan regulasi diri siswa pada pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penelitian menggunakan single case intervention yang dilakukan dalam 5 sesi dengan masing-masing sesi selama 30-40 menit. Partisipan adalah anak laki-laki berusia 15-tahun-10-bulan yang berada di kelas 11 SMA. Teknik intervensi menggunakan pendekatan experiential learning cyle dari Kolb dan dilakukan secara daring. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang tidak signifikan namun rata-rata jawaban meningkat 1 poin dan total peningkatan sebanyak 18 poin dari 18 item soal.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University