skip to main content

EFEKTIVITAS PROGRAM INTERVENSI REGULASI DIRI SECARA DARING PADA SISWA UNDERACHIEVER

Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Indonesia

Received: 17 Dec 2022; Published: 12 Jul 2023.
Open Access Copyright 2023 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Masalah ketidakhadiran dan demotivasi pada siswa SMA menjadi fenomena yang sering kali muncul pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi ini. Hal tersebut bisa indikasi masalah yang lebih besar terutama bagi anak-anak memiliki potensi di atas performansi belajar yang ditunjukkan (underachievement). Sebab utama bisa disebabkan oleh regulasi diri yang bermasalah yang dikombinasikan dengan kondisi belajar daring yang memperparah masalah tersebut. Tujuan penlitian ini adalah untuk meningkatkan regulasi diri siswa pada pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penelitian menggunakan single case intervention yang dilakukan dalam 5 sesi dengan masing-masing sesi selama 30-40 menit. Partisipan adalah anak laki-laki berusia 15-tahun-10-bulan yang berada di kelas 11 SMA. Teknik intervensi menggunakan pendekatan experiential learning cyle dari Kolb dan dilakukan secara daring. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang tidak signifikan namun rata-rata jawaban meningkat 1 poin dan total peningkatan sebanyak 18 poin dari 18 item soal.

Fulltext View|Download
Keywords: intervensi daring; regulasi diri; underachievement

Article Metrics:

  1. Checa, P., & Abundis-Gutierrrez, A. (2018). Parenting styles, academic achievement and the influence of culture. Psychology and Psychotherapy: Research Study, 1(4), 1-3. https://doi.org/10.31031/pprs.2018.01.000518
  2. Kolb, D. A. (2015). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Pearson Education Limited
  3. Lai, E. (2011). Motivation: a literature review. Pearson's Research Report
  4. Mandel, H. P., Marcus, S. I., & Dean, L. (1995). Could do better: Why children underachieve and what to do about it. John Wiley
  5. Mazrekaj, D., Witte, K. D., & Triebs, T. P. (2022). Mind the gap: Measuring academic underachievement using stochastic frontier analysis. Exceptional Children, 88(4), 442–459. https://doi.org/10.1177/00144029211073524
  6. Muasyaroh, H. (2020). Peran literasi digital, attitudes toward e-learning, dan task value terhadap self-regulated learning mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh [Tesis, Universitas Indonesia]. Lib UI. https://lib.ui.ac.id/detail?id=20515066&lokasi=lokal
  7. Oti, O., & Pitt, I. (2021). Online mental health interventions designed for students in higher education: A user-centered perspective. Internet Interventions, 26(100468), 1-14. https://doi.org/10.1016/j.invent.2021.100468
  8. Rahal, M., (2010). Identifying and motivating underachiever: Focus on. Education Research Service
  9. Reupert, A., Bartholomew, C., Cuff, R., Foster, K., Matar, J., Maybery, D. J., & Pettenuzzo, L. (2019). An online intervention to promote mental health and wellbeing for young adults whose parents have mental illness and/or substance use problems: Theoretical basis and intervention description. Frontiers in Psychiatry, 10(59), 1-8. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2019.00059
  10. Schunk, D., Meece, J., & Pintrich, P. (2014). Motivation in education: Theory, research, and application (4th ed.). Pearson Education Limited
  11. Siegle, D. (2018). Understanding underachievement. In S. I. Pfieffer (ed.), Handbook of giftedness in children (pp.285-297). Springer International Publishing
  12. Veas, A., Gilar, R., Miñano, P., & Castejón, J. L. (2016). Estimation of the proportion of underachieving
  13. students in compulsory secondary education in Spain: an application of the rasch model. Frontiers in Psychology, 7(303), 1-9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.00303
  14. Zeidner, M., Boekaerts, M., & Pintrich, P. R. (2000). Self-regulation: Directions and challenges for future research. In M. Boekaerts, P. R. Pintrich, & M. Zeidner (Eds.), Handbook of self-regulation (pp. 749–768). Academic Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.