skip to main content

HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN KOMITMEN PADA TUGAS PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK ARSITEKTUR TAHUN KEDUA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 22 Jan 2020; Published: 22 Jan 2020.

Citation Format:
Abstract

Komitmen terhadap tugas merupakan kemampuan dalam diri yang mendorong seseorang untuk dapat tekun dan ulet mengerjakan tugas meskipun mengalami beragam rintangan saat menyelesaikan tugas yang telah menjadi tanggungjawabnya.Regulasi diri merupakan pengandalian perasaaan, perilaku serta pikiran sesuai dengan target pencapaian, dan mengevaluasi perilaku yang sesuai dengan standar hidupnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan komitmen pada tugas terhadap mahasiswa Fakultas Teknik Arsitektur tahun kedua Universitas Diponegoro Semarang.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 124 mahasiswa dengan sampel penelitian sebanyak  91 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dan menggunakan dua skala sebagai alat ukur, yaitu Skala Komitmen pada tugas (24 aitem valid, α = 0,864) dan Skala Regulasi Diri (39 aitem valid, α = 0,924). Hasil analisis data menggunakan korelasi Pearson’s Product Moment dengan koefisien korelasi  rxy= 0,769 serta taraf signifikansi p = 0,000, artinya terdapathubungan positif dan signifikan antara regulasi diri dengan komitmen pada tugaspada mahasiswa Fakultas Teknik Arsitektur tahun kedua Universitas Diponegoro Semarang. Regulasi diri memberikan sumbangan efektif sebesar 59,1% terhadap komitmen pada tugas. 

Fulltext View|Download
Keywords: regulasi diri; komitmen pada tugas; mahasiswa

Article Metrics:

  1. Agustian, A. G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ Berdasarkan 6 Rukun Iman dan Rukun Islam. Jakarta: Penerbit Arga
  2. Alwisol.(2009). Psikologi Kepribadian.Malang : UMM Press
  3. Cervone, D., & Lawrence, A. P. (2012).Kepribadian : teori dan penelitian. Jakarta: Salemba Humanika
  4. DeWall, C., Baumesteir, R., Stillman, T., & Gailiot M. (2007). Violence restained: Effect of self regulation and it depletasion on aggression. Journal of Experimental Social Psychology.43, 62-76
  5. Fajriyah, S.Q., & Widodo, P.B. (2013).Hubungan antara metakognisi dengan kreativitas pada mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir di jurusan arsitektur Universitas Diponegoro.Jurnal Psikologi Undip
  6. Febritama, S., & Sanjaya, E. L. (2018).Hubungan antara regulasi diri dengan perilaku prokastinasi akademik pada mahasiswa.Jurnal Ecopsy, 5(2)
  7. Friedman, H. S., & Schustack, M. W. (2005).Teori klasik dan riset modern,(Edisi ke-3 jilid 1).Jakarta: Erlangga
  8. Ghufron, M. & Risnawita, R. (2011).Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group
  9. Hawadi, R.A. (2001). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo
  10. Hawadi, R. A. (2002). Identifikasi Keberbakatan Intelektual Melalui Metode Non Tes. Jakarta: Grasindo
  11. Husna, A. N., Hidayati, F. N. R., & Ariati, J. (2014).Regulasi diri mahasiswa berprestasi.Jurnal Psikologi Undip, 13(1). 50-63
  12. Kim, W.J., Byoen, J.H., & Kwo, Y.J. (2012). Analysis of task commitment types of science learning in high school students biology classification. J Korea Assoc. Sci. Edu., 32 (6), 863-679
  13. Mardiyah, K.Z., & Indianti, W. (2018).Mediasi konsep diri akademik dalam peran regulasi diri belajar terhadap komitmen kepada pilihan karir siswa SMA.Jurnal Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia. 2 (2), 78-79
  14. Munandar, S.C.U. (2009). Pengembangan kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
  15. Ormrod, J.E. (2009). Psikologi pendidikan: membantu siswa tumbuh dan berkembang. Jakarta: Erlangga
  16. Purwantiasning, A.W. (2014). Eksplorasi arsitektur sebagai salah satu metode dalam proses belajar mengajar mahasiswa aktif dijurusan arsitektur Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Seminar Nasional Sains dan Teknologi
  17. Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Kencana
  18. Syarif, A. (2016). Hubungan antara adversity quotient (AQ) dengan task commitmentdalam menyelesaikan tugas laporan praktikum laboratorium mahasiswa pendidikan Biologi angkatan 2014 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.Skripsi : UIN Alauddin Makassar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  19. Yurni.(2013). Hubungan Antara Regulasi Diri dalam Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fkip Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNBARI.Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.13 No.4

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.