HUBUNGAN ANTARA QUALITY OF SCHOOL LIFE DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 2 KEBUMEN

Selesta Sarwandini, Diana Rusmawati

Abstract


Remaja SMA memiliki salah satu tugas perkembangan yaitu merencanakan dan mengambil keputusan karir di masa depan. Pengambilan keputusan karir adalah kemampuan seseorang dalam merencanakan dan memutuskan karir yang dituju berdasarkan pengetahuan dan penalaran diri sendiri dan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara quality of school life dengan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Kebumen. Sampel penelitian berjumlah 198 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan berupa Skala Quality of School Life (35 aitem valid, α = 0,909) dan Skala Pengambilan Keputusan Karir (20 aitem valid, α = 0,895), yang telah diujicoba pada 60 siswa. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis regresi sederhana, dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,441 dengan nilai signifikansi p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara quality of school life dengan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Kebumen. Artinya, semakin tinggi tingkat quality of school life siswa, maka semakin tinggi juga kemampuan pengambilan keputusan karir yang dimiliki, dan sebaliknya. Sumbangan efektif quality of school life terhadap pengambilan keputusan karir sebesar 19,5% sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats