skip to main content

HUBUNGAN ANTARA QUALITY OF SCHOOL LIFE DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 2 KEBUMEN

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 25 Mar 2019; Published: 26 Mar 2019.

Citation Format:
Abstract

Remaja SMA memiliki salah satu tugas perkembangan yaitu merencanakan dan mengambil keputusan karir di masa depan. Pengambilan keputusan karir adalah kemampuan seseorang dalam merencanakan dan memutuskan karir yang dituju berdasarkan pengetahuan dan penalaran diri sendiri dan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara quality of school life dengan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Kebumen. Sampel penelitian berjumlah 198 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan berupa Skala Quality of School Life (35 aitem valid, α = 0,909) dan Skala Pengambilan Keputusan Karir (20 aitem valid, α = 0,895), yang telah diujicoba pada 60 siswa. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis regresi sederhana, dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,441 dengan nilai signifikansi p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara quality of school life dengan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Kebumen. Artinya, semakin tinggi tingkat quality of school life siswa, maka semakin tinggi juga kemampuan pengambilan keputusan karir yang dimiliki, dan sebaliknya. Sumbangan efektif quality of school life terhadap pengambilan keputusan karir sebesar 19,5% sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian.

Fulltext View|Download
Keywords: karir; quality of school

Article Metrics:

  1. Al-faraqi, F. A. (2015). Pengaruh kelompok referensi dan efikasi diri terhadap pengambilan keputusan dalam memilih jurusan kedokteran pada siswa kelas XII IPA SMA N 1 Samarinda. Ejournal Psikologi, 4 (1), 731-740
  2. Brown, S. D., & Lent, R. W. (2005). Career development and counseling: Putting theory and research to work. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
  3. Damayanti, S. P. (2014). Hubungan antara quality of school life dengan emotional well being pada siswa Madrasah Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro
  4. Daulat. (2017). Hanya separuh lulusan SMA yang melanjutkan kuliah. Diakses dari http://daulat.co/hanya-separuh-lulusan-sma-yang-lanjutkan-kuliah/
  5. Detik Finance. (2018). Pengangguran RI 6,87 juta orang, paling banyak lulusan SMK. Diakses dari https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4009017/pengangguran-ri-687-juta-orang-paling-banyak-lulusan-smk
  6. Ereş, F., & Bilasa, P. (2017). Middle school students’ perceptions of the quality of school life in Ankara. Journal Of Education and Learning, 6 (1), 175-183. doi: 10.5539/jel.v6n1p175
  7. Fouziah, M., Salleh, A. M., & Mustapha, R. (2010). The influence of contextual aspects on career decision making of Malaysian technical students. Procedia-Social and Behavior Sciences, 7, 369-375. doi: 10.1016/j.sbspro.2010.10.050
  8. Gati, I. & Tal, S. (2008). The information needed for career decisions. In Athanasou, J. A., & Esbroeck, R. V (Eds.), International Handbook of Career Guidance, 160-163. New York: Springer
  9. Ghotra, S., McIsaac, J. D., Kirk, S. F., & Kuhle, S. (2016). Validation of the “quality of life in school” instrument in Canadian elementary school students. PeerJ4e1567, 1-17. doi: 10.7717/peerj.1567
  10. Ghuangpeng, S. (2011). Factors influencing career decision-making: A comparative study of Thai and Australian and Hospitality students. Thesis (dipublikasikan). Melbourne: Universitas Victoria
  11. Guranda, M. (2014). The importance of adult’s personality traits and professional interests in career decision making. Journal Social and Behavioral Science, 136 (2014), 522-526. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.05.368
  12. Hurlock, E. B. (2003). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan, edisi 5. Jakarta: Erlangga
  13. Kong, C. (2008). Classroom learning experiences and students’ perceptions of quality of school life. Learning Environment Research, 11, 111-129. doi: 10.1007/s10984-008-9040-9
  14. Lee, J. C., Zhang, Z., & Song, H. (2011). Effects of quality of school life and classroom environment on student engagement: A Chinese study. Journal Educational Practice and Theory, 33 (1), 5-27
  15. Leonard, C. A. (2002). Quality of school life and attendance in primary school. Thesis (dipublikasikan). Newcastle: University of Newcastle
  16. Mok, M. C., & Flynn, M. (2002). Determinants of students’ quality of school life: A path model. Learning Environment Research, 5, 275-300. doi: 10.1023/A:1021924322950
  17. Mudhovozi, P., & Chireshe, R. (2012). Socio-demographic factors influencing career decision-making among undergraduate psychology students in South Africa. Journal of Social Science, 31 (2), 167-176. doi: 10.1080/09718923.2012.11893025
  18. Patton, W., & McMahon, M. (2014). Career development and system theory: Connecting theory and practice (3 rd ed.). Rotterdam: Sense Publisher
  19. Pramudi, H. (2015). Kemampuan pengambilan keputusan karir siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kutasari Purbalingga. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2 (4), 1-17
  20. Prasstianingrum, N. E. (2014). Hubungan antara quality of school life dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jurnal Empati, 3 (2), 1-12
  21. Sharf, R. S. (2010). Applying career development theory to counseling (fifth edition). Belmont, USA: Brooks/Cole, Cengage Learning
  22. Tama, A. B. (2013). Pemberian informasi karir untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dalam pemilihan program jurusan siswa kelas X SMA Negeri Punung tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Counselium, 1 (2) 1-13. Diakses dari http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/article/291689
  23. Thien, L. M., & Razak, N. A. (2013). Academic coping, friendship quality, and student engagement associated with student quality of school life: A partial least square analysis. Social Indicators Research, 112 (3), 679-708. doi: 10.1007/s11205-012-0077-x
  24. Wijayanti, P. A. K., & Sulistiobudi, R. A. (2018). Peer relation sebagai prediktor utama school well being siswa sekolah dasar. Jurnal Psikologi, 17 (1), 56-67
  25. Winkel, W. S., & Hastuti, Sri. (2006). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.