HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ANAK-ORANG TUA DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA SD N SRONDOL WETAN 02 SEMARANG DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL

Hesti Mahmudah, Diana Rusmawati

Abstract


Full day school membuat siswa lebih banyak menghabiskan waktunya di sekolah. Hal ini mengakibatkan siswa mengalami stres akademik karena banyaknya tuntutan akademik. Anak pada masa sekolah dasar rentan terhadap stres karena kemampuannya masih terbatas dalam menghadapi stres, sehingga kelekatan anak-orang tua berpengaruh penting bagi anak dalam menghadapi stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan anak-orang tua dan stres akademik. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas IV dan V SD N Srondol Wetan 02 Semarang yang berjumlah 168 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 115 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala kelekatan anak-orang tua (21 aitem, α=.876) dan skala stres akademik (23 aitem, α=.876). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dengan nilai rxy=  -.497 dan p=.000 (p<.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kelekatan anak-orang tua dengan stres akademik pada siswa SD N Srondol Wetan 02 Semarang dengan sistem pembelajaran full day school, artinya semakin tinggi kelekatan anak-orang tua, maka semakin rendah stres akademik siswa dan semakin rendah kelekatan anak-orang tua, maka semakin tinggi stres akademik siswa. Kelekatan anak-orang tua memberikan sumbangan efektif sebesar 24,7% terhadap stres akademik siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats