HUBUNGAN ANTARA WORK STUDY CONFLICT DENGAN KEPUASAN KERJA PADA MAHASISWA KELAS KARYAWAN UNIVERSITAS SEMARANG

Azkia Fadhilah, Harlina Nurtjahjanti

Abstract


Kepuasan kerja adalah perasaan karyawan terhadap pekerjaannya berupa evaluasi hasil penyesuaian diri terhadap aspek-aspek pekerjaan meliputi situasi kerja, pekerjaan itu sendiri dan kerja sama antar karyawan maupun dengan pemimpin. Work study conflict adalah konflik dalam diri yang muncul akibat pertentangan antara peran sebagai karyawan dan mahasiswa sehingga mengganggu kedua tanggung jawab peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara work study conflict dengan kepuasan kerja pada mahasiswa kelas karyawan Universitas Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas karyawan Program Studi S1 Manajemen Universitas Semarang. Sampel ditentukan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah subjek sebanyak 150 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala yaitu Skala Work Study Conflict (31 aitem, α = 0,91) dan Skala Kepuasan Kerja (31 aitem, α = 0,89). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana, dengan nilai rxy = -0,422 (p < 0,005) dan sumbangan efektif sebesar 17%.  Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan negatif antara work study conflict dengan kepuasan kerja pada mahasiswa kelas karyawan Universitas Semarang. Artinya, semakin rendah work study conflict yang dirasakan oleh mahasiswa kelas karyawan, maka semakin tinggi kepuasan kerja mahasiswa kelas karyawan, sebaliknya, semakin tinggi work study conflict pada mahasiswa kelas karyawan, maka akan semakin tinggi kepuasan kerja yang dirasakan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats