skip to main content

DUKUNGAN GURU DAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA SISWA SMA SEMESTA SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

 

Siswa yang bersekolah di SMA Semesta Semarang memiliki tuntutan yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan siswa tinggal terpisah dengan orang tua, menghadapi pembelajaran menggunakan dwibahasa, serta kurikulum nasional yang dipadukan kurikulum berorientasi internasional. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk memiliki efikasi diri akademik yang tinggi. Efikasi diri akademik adalah keyakinan diri individu akan kemampuannya untuk melakukan tugas-tugas akademik pada level tertentu. Guru menjadi salah satu elemen sekolah yang dekat dengan siswa yang tinggal di asrama. Dukungan guru adalah bantuan berupa empati, penghargaan, perhatian, kepedulian, pengarahan, bimbingan dan pengajaran secara langsung dari guru yang dirasakan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan guru dengan efikasi diri akademik siswa SMA Semesta Semarang. Karakteristik populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Semesta Semarang, tinggal di asrama, dan WNI. Populasi berjumlah  335 siswa dan sampel penelitian berjumlah 175 siswa yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan Skala Dukungan Guru (23 aitem valid; α=.899) dan Skala Efikasi Diri Akademik (45 aitem valid; α=.952) yang telah diujicobakan kepada 42 siswa. Hasil uji analisis regresi sederhana menunjukkan koefisisen korelasi yang positif, yaitu sebesar rxy=.414 dengan p = .000 (p < .01). Semakin besar dukungan guru yang dirasakan siswa, maka semakin tinggi efikasi diri akademik siswa. Dukungan guru memberikan sumbangan efektif sebesar 17.2 % terhadap efikasi diri akademik siswa, sedangkan 82.8% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: dukungan guru, efikasi diri akademik, siswa

Article Metrics:

  1. Aldrige, J. M., Afari, E., & Fraser, B. J. (2013). Influence of teacher support and personal relevance on academic self-efficacy and enjoyment of mathematic lessons: a structural equation of modeling approach. Alberta Journal of Educational Research, 58(4), 614-133. Diunduh dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1006473
  2. Alwisol. (2012). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press
  3. Amaria, S. U. H. (2012). Pengaruh keakraban guru dengan siswa terhadap semangat belajar siswa Madrasah Aliyah Al-ma’arif Saripan Jepara. (Skripsi Tidak Diterbitkan). Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Salatiga
  4. Azwar, S. (2012). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Bandura, A. (1997). Self efficacy: The exercise of control. New York: Freeman
  6. Bong, M. (1997). Generality of academic self-efficacy judgements: evidence of hierarchial relations. Journal of Educational Psychology, 89(4), 696-709. doi: 10.1037/0022-0663.89.4.696.Bryant,S.K.(2017).Self-efficacysourcesandacademicmotivation:aqualitativestudyof10thgraders.ElectronicThesesandDissertations.Paper3231.Diunduhdarihttps://dc.etsu.edu/etd/3231
  7. Chapin, L. A. & Yang, R. K. (2009). Perception of social support in urban at-risk boys and girls. The Journal of At-Risk Issues, 15(1), 1-7. Diunduh dari: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ861118.pdf
  8. Cherna, M. A. & Pavliushchenko, K. (2015). Influence of study habits on academic performance of unternational college students in shanghai. Higher Education Studies, 5(4), 42-55. doi: 10.5539/hes.v5n4p42
  9. Crede, M. & Kuncel, NR. (2008). Study habits, skills, and attitudes: The third pillar supporting collegiate academic performance. Perspectives on Psychological Science, 3(6), 425-453. doi: 10.1111/j.1745-6924.2008.00089.x
  10. Dinther, Dochy, dan Segers. (2011). Factor affecting students’ self-efficacy in higher education. Educational Research Review, 6(2), 95-108. doi: 10.1016/j.edurev.2010.10.003
  11. Feist, J., Feist, G. J., & Roberts, T.A. (2013). Theories of personality (international edition). Singapore: The McGraw-Hill Companies, Inc
  12. Ferla, J., Valcke, M., & Cai, Y. (2009). Academic self-efficacy and academic self-concept: Reconsidering structural relationships. Learning and Individual Differences, 19(4), 499-505. doi: 10.1016/j.lindif.2009.05.004
  13. Goodman, dkk. (2010). Poorer children’s educational attainment: How important are attitudes and behaviour?. Joseph Rowntree Foundation. Diunduh dari: https://www.jrf.org.uk/sites/default/files/jrf/migrated/files/poorer-children-education-full.pdf
  14. Hasan, M. Z. B, Hossain, T. B. & Islam, A. (2014). Factors affecting self-efficacy towards academic performance: A study on polytechnic students in malaysia. Advances in Environmental Biology, 8(9), 695-705. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/263807314_Factors_Affecting_Self-Efficacy_Towards_Academic_Performance_A_Study_on_Polytechnic_Students_in_Malaysia Huang, C. (2013). Gender differences in academic self-efficacy: A meta analysis. European Journal of Psychology of Education. 28(1), 1-35. doi: 10.1007/s10212-011-0097-y
  15. Koh, J. H. L., & Frick, T. W. (2009). Instructor and student classroom interactions during technology skills instruction for facilitating preservice teachers’computer self-efficacy. Journal for Educational Computing Research, 40(2), 211–228. doi: 10.2190/EC.40.2.d
  16. Kozanitis, A., Chouinard, R. & Desbiens, J. A. (2007). Perception of teacher support and reaction towards questioning: Its relationship to instrumental help-seeking and motivation to learn. International Journal of Teaching and Learning in Higgher Education, 19(3), 238-250
  17. Lavadores, A. K.C., Escobedo, P. S., & Sosa, J.P. (2017). Academic self efficacy of high achieving students in Mexico. Journal of Curriculum and Teaching, 6(2). doi: 10.5430/jct.v6n2p8Liu,dkk.(2017).Teachersupportandmathengagement:Rolesofacademicself-efficacyandpositiveemotions.EducationalPsychology.doi: 10.1080/01443410.2017.1359238.
  18. Ormrod, J. E. (2009). Psikologi pendidikan jilid 1. Jakarta: Erlangga
  19. Pajares, F., & Urdan, T. (2006). Self efficacy beliefs of adolescents. Greenwich, CT: Information Age Publishing
  20. Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development. Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika
  21. Perry, J. C., DeWine, D. B., Duffy, R. D., & Vance, K. S. (2007). The academic self-efficacy of urban youth: A mixed-methods study of school-to-work program. Journal of Career Development, 34(2), 103-126. doi: 10.1177/0894845307307470Sakiz,G.,Pape,S.J.,&Hoy,A.W.(2012).Doesperceivedteacheraffectivesupportmatterformiddleschoolstudentsinmathematicsclassrooms?JournalofSchoolPsychology,50(2).235-255.doi: 10.1016/j.jsp.2011.10.005
  22. Sanderson, C. A. (2004). Health psychology. Hoboken, NJ: John Wiley&Sons, Inc
  23. Santrock, J. W. (2009). Psikologi pendidikan (3 ed., Vol. 1). Jakarta: Salemba Humanika
  24. Santrock, J. W. (2011). Educational psychology. New York, NY: Mc Graw Hill
  25. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interaction (seventh edition). Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, Inc
  26. Sarwono, S. W. (2000). Psikologi remaja. Jakarta: Rajawali Press
  27. Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece. (2012). Motivasi dalam pendidikan: Teori, penelitian, dan aplikasi. Jakarta: PT Indeks
  28. Taylor, S. E. (2009). Health psychology. Los Angeles, CA: McGraw Hill
  29. Virtue, D. C. (2015). Teacher and peer support for young adolescents’ motivation, engagement, and school belonging. Reaserch in Middle Level Education, 38(8), 1-18. Diunduh dari: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1074877.pdf
  30. Wentzel, K. R. (1998). Social relationship and motivation in middle school: The role of parents, teachers, and peers. Journal of Educational Psychology, 90(2). Diunduh dari: http://stelar.edc.org/sites/stelar.edc.org/files/wentzel98.pdf
  31. Widiastono, T. D. (2001). Sekolah Berasrama, Ketika Jakarta Tak Lagi Nyaman. Diunduh dari http://kompas.com/kompas-cetak/0105/01/DIKBUD/keti34.htm
  32. Zimmerman, B. J. (2000). Self-efficacy: An essential motivate to learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82-91. doi: 10.1006/ceps.1999.1016
  33. Zimmerman, B. J., Bandura, A., & Pons, M. M. (1992). Self-motivation for academic attainment: The role of self-efficacy beliefs and personal goal setting. American Educational Research Journal, 29(3), 663-676. doi: 10.3102/00028312029003663

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.