skip to main content

STRATEGI KOPING TERHADAP STRES DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA TINGKAT PERTAMA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Mahasiswa tingkat pertama dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perubahan sistem pendidikan, serta meningkatnya tugas dan tanggung jawab belajar di perguruan tinggi. Tuntutan untuk mampu menyesuaikan diri di perguruan tinggi seringkali menyebabkan mahasiswa tahun pertama merasa tertekan (stress). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi koping terhadap stres dengan regulasi diri dalam belajar (self-regulated learning) pada mahasiswa tingkat pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2017 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang berjumlah 230 orang. Sampel penelitian berjumlah 139 mahasiswa yang diperoleh dengan teknik convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala, yaitu Skala Regulasi Diri dalam Belajar (20 aitem; α = 0,836) dan Skala Strategi Koping terhadap Stres (19 aitem; α = 0,881). Uji korelasi Spearman Brown menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara strategi koping terhadap stres dengan regulasi diri dalam belajar (rxy = 0,493 ; p < 0,001). Semakin baik strategi koping terhadap stres, maka semakin baik pula regulasi diri mahasiswa dalam belajar. Untuk meningkatkan kemampuan regulasi diri dalam belajar, mahasiswa sebaiknya meningkatkan kemampuannya dalam menghadapi tekanan.

Fulltext View|Download
Keywords: regulasi diri dalam belajar, strategi koping terhadap stres, mahasiswa tingkat pertama

Article Metrics:

  1. Adams, G., & Berzonsky, M. (2003). Blackwell handbook of adolescence. Oxford,UK: Blackwell Publishing
  2. Aldwin,CM (2007). Stress, coping and development: an integrative perscpective. 2nd Ed. New self-York: The Guilford Press
  3. Anitei, M. (2015). Differences in academic specialization regarding stressor perception, coping, stress effect, self-regulated learning perception in young students. Bucharest Journal. 203, 433-437
  4. Baron, R. A & Bryne, D. (2005). Psikologi sosial. Edisi 10, Jilid 2. Jakarta: Erlangga
  5. Bjork, R., Dunlosky, J., & Kornell, N. (2013). Self-regulated learning : Beliefs, techniques, and illusions. Annual Review of Psychology. 64(1), 417-444
  6. Eggen, P., & Kauchak, D. (2013). Educational psychology: Windows on classrooms 9th edition. Boston, MA: Pearson Education, Inc
  7. Hoyle, R. H. (2010). Handbook of personality and self-regulation. United Kingdom: Blackwell
  8. Mahbobeh, C. (2013). The multiple stress management, self-regulated learning and coping responses among iranian students. Islamic Azad University Journal. 86, 223-229
  9. Mulyadi, S. (2016). Student’s tutorial system perception, academic self-efficacy, and creativity effects on self-regulated learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences Journal. 217, 598 – 602
  10. Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. 5(2), 296-302
  11. Lazarus, R. S. (2006). Stress and emotion: A new synthesis. 7th Ed.New York: Springer Publishing Compani, Inc
  12. Ormrod, J. E. (2009). Psikologi pendidikan. Jilid 2. Jakarta: Erlangga
  13. Santrock, J. W. (2012). Perkembangan masa hidup, Edisi 13 Jilid 2. Alih Bahasa:
  14. Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga
  15. Siswanto (2007). Kesehatan mental: Konsep, cakupan dan perkembangannya. Jogjakarta: Andi
  16. Schunk, D. H. (2012). Teori Pembelajaran: Perspektif pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  17. Schunk, D., Pintrich, P., & Meece, J. (2012). Motivasi dalam pendidikan. Jakarta: Indeks
  18. Slavin, R. (2011). Psikologi pendidikan: Teori dan praktik Jilid 2. Jakarta: Indeks
  19. Sladek, M. (2016) Perceived stress, coping, cortisol reactivity in daily like: A study of adolencents during first year of college. Arizona Journal. 117, 8-15
  20. Soliman, M. (2014). Perception of stress and coping strategies by medical students at King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Journal of Taibah University Medical Sciences. 9(1), 30–35
  21. Steinberg, L., Vandell, D., & Bornstein, M. (2011). Development. Belmont, CA: Wadsworth, Cengage Learning
  22. Winne, P. H. (2017). Theorizing and researching levels of processing in self-regulated learning. British Journal of Educational Psychology. 1-12

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.