slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PENGARUH PERMAINAN STORY CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT KOSAKATA BAHASA INGGRIS | Putri | Jurnal EMPATI skip to main content

PENGARUH PERMAINAN STORY CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Sep 2018; Published: 30 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan story card terhadap kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar yang berusia antara 8 – 9 tahun. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan desain eksperimen pretest – posttest control group design. Subjek penelitian berjumlah 23 orang yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen sebanyak 12 orang dan kelompok kontrol sebanyak 11 orang. Pembagian kelompok dilakukan dengan teknik matching menggunakan nilai rata-rata ulangan harian mata pelajaran bahasa Inggris semester I sebagai acuan. Perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen berupa permainan story card untuk meningkatkan kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan. Perlakuan pada kelompok eksperimen diberikan sebanyak lima kali pertemuan dengan durasi 45 menit setiap pertemuan selama dua minggu. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh story card terhadap peningkatan kosakata bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar. Alat ukur yang digunakan berupa 15 soal isian singkat tentang kosakata yang diajarkan dalam permainan story card. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik nonparametrik Wilcoxon menghasilkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,002 yang kurang dari taraf nyata (p < 0, 05), sehingga dinyatakan bahwa permainan story card efektif dalam meningkatkan kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar.

Fulltext View|Download
Keywords: permainan story card; kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris; dan siswa sekolah dasar

Article Metrics:

  1. Baharuddin, H. (2007). Psikologi pendidikan: Refleksi teoritis terhadap fenomena. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Djiwandono, P. I. (2009). Strategi belajar bahasa Inggris : Belajar menyimak, membaca, menulis dan berbicara dengan taktis. Jakarta: Indeks
  2. Ghasemi, B., & Hashemi, M. (2011). Foreign language learning during childhood. Social and Behavioral Sciences, 28, 872-876
  3. Gultom, E. (2015). English language teaching problems in Indonesia. Proceeding: 7th International Seminar on Regional Education, 3, 1234-1241
  4. Harmer, Jeremy. (2007). The practice of english language teaching (4th Ed.). England: Pearson Education Limited
  5. Hastanto, J. D. (2011). Salah, metode pendidikan bahasa Inggris di SD dan TK. Diunduh dari http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/ 2011/07/13/90814
  6. Khateni, T. (2006). Pengaruh media audio-visual dan metode belajar kooperatif terhadap kemampuan mengingat. Thesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
  7. Klimova, B. F. (2015). Games in the teaching of english. Social and Behavioral Sciences, 191, 1157-1160
  8. Latipun. (2011). Psikologi eksperimen. Malang : UMM Press Marcellino, M. (2008). English language teaching in Indonesia: a continuous challenge in education and cultural diversity. TEFLIN journal, 19, 1, 57-69
  9. Muttaqien, F. (2017). Penggunaan media audio-visual dan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas X. Jurnal Wawasan Ilmiah, 8, 1, 25–41
  10. Nurhayati, Eti. (2011). Psikologi pendidikan inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  11. Reed, S. K. (2011). Kognisi: teori dan aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika Setiyadi, A. B. (2006). Teaching english as a foreign language. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu
  12. Seniati, L., Aries Y., & Bernadette N. S. (2011). Psikologi eksperimen. Jakarta: PT Indeks
  13. Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan praktik. Jakarta: PT Indeks
  14. Stakanova, E., & Tolstikhina, E. (2014). Different approaches to teaching english as a foreign language to young learners. Social and Behavioral Sciences, 146, 456-460
  15. Upton, P. (2012). Psychology express: Developmental psychology. (Penerjemah: Noermalasari Fajar Widuri). Jakarta: Penerbit Erlangga

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.