Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI21709, author = {Asih Putri and Jati Ariati}, title = {PENGARUH PERMAINAN STORY CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT KOSAKATA BAHASA INGGRIS}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {7}, number = {2}, year = {2020}, keywords = {permainan story card; kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris; dan siswa sekolah dasar}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan story card terhadap kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar yang berusia antara 8 – 9 tahun. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan desain eksperimen pretest – posttest control group design . Subjek penelitian berjumlah 23 orang yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen sebanyak 12 orang dan kelompok kontrol sebanyak 11 orang. Pembagian kelompok dilakukan dengan teknik matching menggunakan nilai rata-rata ulangan harian mata pelajaran bahasa Inggris semester I sebagai acuan. Perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen berupa permainan story card untuk meningkatkan kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan. Perlakuan pada kelompok eksperimen diberikan sebanyak lima kali pertemuan dengan durasi 45 menit setiap pertemuan selama dua minggu. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh story card terhadap peningkatan kosakata bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar. Alat ukur yang digunakan berupa 15 soal isian singkat tentang kosakata yang diajarkan dalam permainan story card. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik nonparametrik Wilcoxon menghasilkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,002 yang kurang dari taraf nyata ( p < 0, 05), sehingga dinyatakan bahwa permainan story card efektif dalam meningkatkan kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar. }, issn = {2829-1859}, pages = {762--769} doi = {10.14710/empati.2018.21709}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/21709} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan story card terhadap kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar yang berusia antara 8 – 9 tahun. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan desain eksperimen pretest – posttest control group design. Subjek penelitian berjumlah 23 orang yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen sebanyak 12 orang dan kelompok kontrol sebanyak 11 orang. Pembagian kelompok dilakukan dengan teknik matching menggunakan nilai rata-rata ulangan harian mata pelajaran bahasa Inggris semester I sebagai acuan. Perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen berupa permainan story card untuk meningkatkan kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan. Perlakuan pada kelompok eksperimen diberikan sebanyak lima kali pertemuan dengan durasi 45 menit setiap pertemuan selama dua minggu. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh story card terhadap peningkatan kosakata bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar. Alat ukur yang digunakan berupa 15 soal isian singkat tentang kosakata yang diajarkan dalam permainan story card. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik nonparametrik Wilcoxon menghasilkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,002 yang kurang dari taraf nyata (p < 0, 05), sehingga dinyatakan bahwa permainan story card efektif dalam meningkatkan kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University