skip to main content

HUBUNGAN ANTARA SELF MONITORING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

 

Siswa memiliki kewajiban untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar yang diadakan di sekolah. Adanya berbagai macam kegiatan yang dilakukan siswa secara tidak langsung akan memengaruhi respon siswa dalam menyikapi tugas akademik. Self monitoring merupakan kemampuan individu untuk mengatur tingkah laku sesuai dengan petunjuk yang ada dan merespon dengan tepat situasi di lingkungan sosialnya. Prokrastinasi akademik merupakan penundaan dalam memulai, mengerjakan dan menyelesaikan tugas akademik yang dilakukan secara sengaja sehingga menimbulkan dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self monitoring dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Purwokerto. Hipotesis penelitian ini yaitu ada hubungan negatif antara self monitoring dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Purwokerto. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI SMA Negeri 3 Purwokerto, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 180 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data penelitian dilakukan menggunakan skala Self Monitoring (25 aitem valid; α = .88) dan skala Prokrastinasi Akademik (36 aitem valid; α = .93). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa adanya hubungan negatif yang signifikan antara self monitoring dengan prokrastinasi akademik, ditunjukkan dengan koefisien korelasi rxy = -.603 (p <.0001). Artinya, semakin tinggi self monitoring maka semakin rendah tingkat prokrastinasi akademik, begitu pula sebaliknya. Self monitoring pada penelitian ini memberikan sumbangan efektif sebesar 36.4% terhadap prokrastinasi akademik. 

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext |  common.other
HUBUNGAN ANTARA SELF MONITORING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO
Subject
Type Other
  Download (273KB)    Indexing metadata
Keywords: self monitoring, prokrastinasi akademik, siswa kelas XI

Article Metrics:

  1. Adi, K. J. (2011). Efektivitas teknik self monitoring untuk meningkatkan perilaku belajar dirumah
  2. JP3, 1(1), 1-9
  3. Arvianola, D. A. (2016). Teknik self monitoring utnuk meningkatkan disiplin tata tertib di sekolah siswa kelas VIII SMP negeri 17 Surakarta. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta
  4. Azwar, S. (2012). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Baumeister, R. F., & Bushman, B. J. (2014). Social psychology and human nature. Wadsworth:
  6. Cengage Learning
  7. Burka, J. B., & Yuen, L. (2008). Procrastination: Why you do it, what to do about it now. Da capo Press
  8. Desti, M. F. (2007). Hubungan antara self monitoring dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa. Skripsi. Universitas Gunadarma. Jakarta
  9. Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance. New York: Plenum Press. doi: 10.1007/978-1-4899-0227-6
  10. Hendrayanti, E. (2006). Hubungan antara self monitoring dengan prokrastinasi pada karyawan di PT PLN (persero) region Jateng DIY. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang
  11. Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan.Jakarta: Erlangga
  12. Ismail, M. A. (2015). Hubungan self monitoring dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode problem based learning (PBL). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang
  13. Itryah. (2014). Hubungan antara persepsi terhadap tugas akademik dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII SMPN 7 Palembang. Jurnal Ilmiah PSYCHE, 8, 101-110
  14. Moningka, C., Widyarini, M. N. (2005). Pengaruh hubungan interpersonal, self mnitoring, dan minat terhadap performansi kerja pada karyawan bagian penjualan. Jurnal Seminar Nasional PESAT. Universitas Gunadarma. Jakarta
  15. Puspitaningtias, R. E. (2010). Keefektifan teknik self monitoring dan self reinforcement untuk mengurangi perilaku off task siswa SMPN 20 Malang. Jurnal Skripsi Universitas Negeri Malang, 2-4
  16. Rabin, L. A., Fogel, J., & Nutter-Upham, K. E. (2011). Academic procrastination in college students: the role of self-reported executive function. Journal of Clinical and Experimental Neuropsychology, 33(3), 344-357. doi: 10.1080/13803395.2010.518597
  17. Rumiani. (2006). Prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan stres mahasiswa
  18. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(2), 37-48
  19. Santrock, J. W. (2012). Life-span development: perkembangan masa-hidup. Alih bahasa:
  20. Widyasinta, Benedictine. Jakarta: Erlangga
  21. Sari, N. A. (2012). Hubungan antara self monitoring dengan prokrastinasi akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di fakultas psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang
  22. Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada siswa akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 1(1), 66-75
  23. Shaw, M. E., & Costanzo, P. R. (1985). Theories of social psychology. Singapore: Mc-Graw Hill
  24. Snyder, M., & Gangestad, S. (1985). On the nature of self-monitoring: matters of assessment, matter of validity. Journal of Personality and Social Psychology, 51(1), 125-139. doi: 10.1037/0022-3514.51.1.125
  25. Steel, P. (2007). The nature of procrastination: a meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65-94. doi: 10.1037/0033-2909.133.1.65
  26. Ursia, N. R., Siaputra, I. B., & Sutanto, N. (2013). Prokrastinasi akademik dan self kontrol pada mahasiswa skripsi fakultas psikologi Universitas Surabaya. Jurnal Makara Seri Sosial Humaniora, 17(1), 1-18. Ddoi: 10.7454/mssh.vl7il.1798

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.