“HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA BOARDING SCHOOL PONDOK PESANTREN MUJJADDADIYAH KOTA MADIUN”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial siswa boarding school Pondok Pesantren Mujjaddadiyah Kota Madiun. Sebanyak 40 siswa Pondok Pesantren Mujjaddadiyah Kota Madiun diambil sebagai sampel uji coba skala dan 100 siswa sebagai subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik sampel cluster random sampling. Pengumpulan data kecerdasan emosional dan penyesuaian sosial dengan skala kecerdasan emosional (30 aitem, α = 0,903) dan skala penyesuaian sosial (21 aitem, α = 0,855). Teknik analisa data yang dipakai adalah teknik analisis regresi sederhana denganmenggunakan software pengolahan data SPSSWindows Release 20.00.Dari hasil analisa data diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,545 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05) yang berarti ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial siswa Pondok Pesantren Mujjaddadiyah Kota Madiun. Hal ini bermakna bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula penyesuaian sosial dan sebaliknya. Kecerdasan emosional member sumbangan efektif sebesar 29,7% terhadap penyesuaian sosial.
Kata kunci: Kecerdasan emosional, Penyesuaian social, Siswa boarding school
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------------------------
Jurnal Empati
Fakultas Psikologi UNDIP
Gedung Dekanat Fakultas Psikologi
Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id

Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats