skip to main content

“HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA BOARDING SCHOOL PONDOK PESANTREN MUJJADDADIYAH KOTA MADIUN”

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial siswa boarding school Pondok Pesantren Mujjaddadiyah Kota Madiun. Sebanyak 40 siswa Pondok Pesantren Mujjaddadiyah Kota Madiun diambil sebagai sampel uji coba skala dan 100 siswa sebagai subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik sampel cluster random sampling. Pengumpulan data kecerdasan emosional dan penyesuaian sosial dengan skala kecerdasan emosional (30 aitem, α = 0,903) dan skala penyesuaian sosial (21 aitem, α = 0,855). Teknik analisa data yang dipakai adalah teknik analisis regresi sederhana denganmenggunakan software pengolahan data SPSSWindows Release 20.00.Dari hasil analisa data diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,545 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05) yang berarti ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial siswa Pondok Pesantren Mujjaddadiyah Kota Madiun. Hal ini bermakna bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula penyesuaian sosial dan sebaliknya. Kecerdasan emosional member sumbangan efektif sebesar 29,7% terhadap penyesuaian sosial.

Fulltext View|Download
Keywords: Kecerdasan emosional, Penyesuaian social, Siswa boarding school

Article Metrics:

  1. Ahmad, A. (2004). Hubungan kecerdasan emosional dan interaksi teman sebaya dengan penyesuaian sosial pada siswa kelas VIII program akselerasi di Smp Negeri 9 Surakarta [skripsi]. Solo (ID): Universitas Sebelas Maret Surakarta
  2. Azwar, S. (2010). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, S. (2011). Dasar-dasar psikometri. Yogyakarta: Andi Offset
  4. Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Azwar, S. (2014). Penyususnan skala psikologis (edisi 2). Yoyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Buchori, A. (2002). Manajemen dan motivasi. Edisi revisi . Jakarta : Balai Aksara
  7. Engekberg, E, & Sjoberg, L. (2004). Emotional intelligence, affect intencity, and social adjusment. Pesonality & Individual Diference, 37(3), 533-542
  8. Goleman. (2009). Emotional Intelligence, why it can be matter than IQ. London: Bloomsburry Publishing
  9. Halim. (2005). Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Pelangi Aksara
  10. Izard, C., Stark, K., Trentacosta, C., & Schultz, D. (2008). Beyond emotion regulation: Emotion untilization and adadtive functioning. Child Development Perspective, 156-163
  11. Khalidah, P. (2013). Pendidikan karakter dalam sistem boarding school. Yogyakarta: Yogyakarta Press
  12. Rizkiani. (2012). Pengaruh Sistem Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Pondok Pesantren Ma'had Arqam Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan, 13-17
  13. Santrock. (2007). Psikologi Perkembangan Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
  14. Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : Penerbit Alfabeta
  15. Usman. (2011). Menejemen, Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
  16. Yuniar, A. (2005). Penyesuian diri santri putri terhadap kehidupan pesantren: Studi kualitatif pada Madrasah Takhasusiah Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta. Jurnal Psikologi Undip, 2, 10-17

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.