slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PERBANDINGAN KEMAMPUAN EMPATI ANAK SEBELUM DAN SESUDAH MENDAPATKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Negeri Blotongan 02 Salatiga) | Zainudin | Jurnal EMPATI skip to main content

PERBANDINGAN KEMAMPUAN EMPATI ANAK SEBELUM DAN SESUDAH MENDAPATKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Negeri Blotongan 02 Salatiga)

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Apr 2016.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan empati siswa kelas V SD sebelum dan sesudah mendapatkan pendidikan lingkungan. Subjek penelitian berjumlah 35 orang siswa kelas V SD Negeri Blotongan 02 Salatiga yang terdiri dari 17 laki-laki dan 18 perempuan (Musia= 10,57 ; SD= 0,655). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan Skala Kemampuan Empati Anak yang terdiri dari 17 aitem (α= 0,836). Hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan empati siswa kelas V SD Negeri Blotongan 02 Salatiga sebelum dan sesudah mendapatkan pendidikan lingkungan (Msebelum = 56,23 ; SDsebelum = 5,704 ; Msesudah= 59,23 ; SDsesudah = 5,755 ; t = -7,246 ; p < 0,001).
Fulltext View|Download
Keywords: kemampuan empati; pendidikan lingkungan; anak kelas V SD

Article Metrics:

  1. Ayuni, R. D., Siswati, & Rusmawati, D. (2013). Pengaruh storytelling terhadap perilaku empati anak. Jurnal Psikologi Undip, 12(2), 80-130
  2. Borba, M. (2008).Membangun kecerdasan moral: Tujuh kebajikan utama agar anak bermoral tinggi. Alih bahasa oleh Lina Jusuf. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  3. Gottman, J. & De Claire, J. (2001). Kiat-kiat membesarkan anak yang memiliki kecerdasan emosional. Alih bahasa oleh T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  4. Hamzah, S. (2013). Pendidikan lingkungan: Sekelumit wawasan pengantar. Bandung: Refika Aditama
  5. Hoffman, M. L. (2000). Empathy and moral development: Implications for caring and justice. New York: Cambridge University Press
  6. Muhtadi, A. (2009). Pengembangan empati anak sebagai dasar pendidikan moral. Jurnal Psikologi, 10(2), 124-132
  7. Roslina, H. (2013). Kontribusi pembelajaran PKn terhadap sikap empati siswa (studi kasus di SMP Negeri 1 Pangandaran). Tesis, tidak dipublikasikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Diunduh dari http://repository.upi.edu/3584/2/S_PKN_0901312_Abstract.pdf,pada 25 September 2015
  8. Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga
  9. Steven, S. J. & Howard E. B. (2004). Ledakan EQ 15 prinsip dasar kecerdasan emosional meraih sukses. Alih bahasa oleh Trinanda Rainy Januarsari & Yudhi Murtanto. Bandung: Kaifa
  10. Taufik. (2012). Empati: Pendekatan psikologi sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  11. Wedadjati, R. S. (2009). Hubungan antara penilaian anak terhadap cerita film anak di televisi dengan kemampuan empati pada anak usia sekolah dasar. Unisia, 32(72), 185-196

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.