skip to main content

PERBANDINGAN KEMAMPUAN EMPATI ANAK SEBELUM DAN SESUDAH MENDAPATKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Negeri Blotongan 02 Salatiga)

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Apr 2016.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan empati siswa kelas V SD sebelum dan sesudah mendapatkan pendidikan lingkungan. Subjek penelitian berjumlah 35 orang siswa kelas V SD Negeri Blotongan 02 Salatiga yang terdiri dari 17 laki-laki dan 18 perempuan (Musia= 10,57 ; SD= 0,655). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan Skala Kemampuan Empati Anak yang terdiri dari 17 aitem (α= 0,836). Hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan empati siswa kelas V SD Negeri Blotongan 02 Salatiga sebelum dan sesudah mendapatkan pendidikan lingkungan (Msebelum = 56,23 ; SDsebelum = 5,704 ; Msesudah= 59,23 ; SDsesudah = 5,755 ; t = -7,246 ; p < 0,001).
Fulltext View|Download
Keywords: kemampuan empati; pendidikan lingkungan; anak kelas V SD

Article Metrics:

  1. Ayuni, R. D., Siswati, & Rusmawati, D. (2013). Pengaruh storytelling terhadap perilaku empati anak. Jurnal Psikologi Undip, 12(2), 80-130
  2. Borba, M. (2008).Membangun kecerdasan moral: Tujuh kebajikan utama agar anak bermoral tinggi. Alih bahasa oleh Lina Jusuf. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  3. Gottman, J. & De Claire, J. (2001). Kiat-kiat membesarkan anak yang memiliki kecerdasan emosional. Alih bahasa oleh T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  4. Hamzah, S. (2013). Pendidikan lingkungan: Sekelumit wawasan pengantar. Bandung: Refika Aditama
  5. Hoffman, M. L. (2000). Empathy and moral development: Implications for caring and justice. New York: Cambridge University Press
  6. Muhtadi, A. (2009). Pengembangan empati anak sebagai dasar pendidikan moral. Jurnal Psikologi, 10(2), 124-132
  7. Roslina, H. (2013). Kontribusi pembelajaran PKn terhadap sikap empati siswa (studi kasus di SMP Negeri 1 Pangandaran). Tesis, tidak dipublikasikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Diunduh dari http://repository.upi.edu/3584/2/S_PKN_0901312_Abstract.pdf,pada 25 September 2015
  8. Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga
  9. Steven, S. J. & Howard E. B. (2004). Ledakan EQ 15 prinsip dasar kecerdasan emosional meraih sukses. Alih bahasa oleh Trinanda Rainy Januarsari & Yudhi Murtanto. Bandung: Kaifa
  10. Taufik. (2012). Empati: Pendekatan psikologi sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  11. Wedadjati, R. S. (2009). Hubungan antara penilaian anak terhadap cerita film anak di televisi dengan kemampuan empati pada anak usia sekolah dasar. Unisia, 32(72), 185-196

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.