1Jurusan Teknik Elektro , Indonesia
2Fakultas Teknik – Universitas Diponegoro, Indonesia
3Jl. Prof. Sudharto, SH – Tembalang, Semarang , Indonesia
4 Jawa Tengah 50275, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient2175, author = {Muhamad Rifqi and Tejo Sukmadi and Yuningtyastuti Yuningtyastuti}, title = {SIMULASI KONSUMSI ENERGI LISTRIK KRLTERHADAP KURVA KECEPATAN - WAKTU MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIK}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {2}, number = {1}, year = {2013}, keywords = {}, abstract = { Abstrak Pemanfaatan energi listrik dalam bidang transportasi merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan transportasi perkotaan yang semakin kompleks di kota-kota besar seperti Jakarta. Salah satu sarana transportasi tersebut adalah Kereta Rel Listrik (KRL). KRL Jabotabek melayani rute komuter di wilayah Jakarta , Bogor , Depok , Tangerang , Bekasi , Serpong , dan Parungpanjang . Dengan padatnya jadwal perjalanan KRL Jabodetabek yang beroperasi setiap hari dari jam 06:00 sampai 23:00 dalam melayani kebutuhan transportasi penumpang Jabodetabek, sudah pasti akan mengkonsumsi energi listrik yang tidak sedikit untuk mengoperasikan KRL. Sedangkan konsumsi energi listrik merupakan salah satu bagian penting diantara biaya operasional KRL. Strategi pengemudian acceleration (percepatan), coasting (peluncuran), dan braking (pengereman) pada KRL merupakan faktor penting yang mempengaruhi sedikit banyaknya konsumsi energi listrik yang dibutuhkan dalam satu perjalanan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaturan nilai acceleration, coasting dan braking menggunakan metode Algoritma Genetik dengan berpatokan pada dua kurva kecepatan - waktu, yaitu kurva Trapesoidal dan kurva Quadrilateral. Dari hasil simulasi dapat diperoleh bahwa kedua kurva kecepatan - waktu dapat diaplikasikan pada KRL sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Kata kunci: Energi listrik, KRL dan Algoritma Genetik. Abstract The utilization of electrical energy in the field of transportation is one of the solutions to overcome the problems of an increasingly complex urban transport in big cities such as Jakarta. One of the means of transportation is electric rail Train (KRL). KRL Jabotabek serving commuter routes in the region Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Serpong, and Parung panjang. With the denseness of the KRL itinerary Jabodetabek operates daily from 06:00 AM until 11:00 PM in serving the needs of passenger transport other jobs, it's certainly will consume electrical energy did little to operate the KRL. While the consumption of electrical energy is one important part of the operational costs of KRL. Driving strategy of acceleration, coasting and braking at KRL is an important factor that affects the little amount of electric energy consumption needs in one trip. Research aims to analyse the setting value of the acceleration, coasting and braking method using Genetic Algorithm with based on two speed-time curve, namely the Trapesoidal curve and Quadrilateral curve. From the results of simulations can be obtained that both speed-time curve can be applied to the KRL according to your needs. Key words: electrical energy, KRL and Genetic Algorithms. }, issn = {2685-0206}, pages = {97--102} doi = {10.14710/transient.v2i1.97-102}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/2175} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Pemanfaatan energi listrik dalam bidang transportasi merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan transportasi perkotaan yang semakin kompleks di kota-kota besar seperti Jakarta. Salah satu sarana transportasi tersebut adalah Kereta Rel Listrik (KRL). KRL Jabotabek melayani rute komuter di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serpong, dan Parungpanjang. Dengan padatnya jadwal perjalanan KRL Jabodetabek yang beroperasi setiap hari dari jam 06:00 sampai 23:00 dalam melayani kebutuhan transportasi penumpang Jabodetabek, sudah pasti akan mengkonsumsi energi listrik yang tidak sedikit untuk mengoperasikan KRL. Sedangkan konsumsi energi listrik merupakan salah satu bagian penting diantara biaya operasional KRL. Strategi pengemudian acceleration (percepatan), coasting (peluncuran), dan braking (pengereman) pada KRL merupakan faktor penting yang mempengaruhi sedikit banyaknya konsumsi energi listrik yang dibutuhkan dalam satu perjalanan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaturan nilai acceleration, coasting dan braking menggunakan metode Algoritma Genetik dengan berpatokan pada dua kurva kecepatan - waktu, yaitu kurva Trapesoidal dan kurva Quadrilateral. Dari hasil simulasi dapat diperoleh bahwa kedua kurva kecepatan - waktu dapat diaplikasikan pada KRL sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.
Kata kunci: Energi listrik, KRL dan Algoritma Genetik.
Abstract
The utilization of electrical energy in the field of transportation is one of the solutions to overcome the problems of an increasingly complex urban transport in big cities such as Jakarta. One of the means of transportation is electric rail Train (KRL). KRL Jabotabek serving commuter routes in the region Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Serpong, and Parung panjang. With the denseness of the KRL itinerary Jabodetabek operates daily from 06:00 AM until 11:00 PM in serving the needs of passenger transport other jobs, it's certainly will consume electrical energy did little to operate the KRL. While the consumption of electrical energy is one important part of the operational costs of KRL. Driving strategy of acceleration, coasting and braking at KRL is an important factor that affects the little amount of electric energy consumption needs in one trip. Research aims to analyse the setting value of the acceleration, coasting and braking method using Genetic Algorithm with based on two speed-time curve, namely the Trapesoidal curve and Quadrilateral curve. From the results of simulations can be obtained that both speed-time curve can be applied to the KRL according to your needs.
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id