skip to main content

ANALISA PENEMPATAN KAPASITOR BANK UNTUK PERHITUNGAN DROP VOLTAGE PADA FEEDER BATANG 02 TAHUN 2012-2016 DENGAN SOFTWARE ETAP 7.0.0

*Sigit Wisnu Habsoro  -  Jurusan Teknik Elektro , Indonesia
Agung Nugroho  -  Jurusan Teknik Elektro , Indonesia
Bambang Winardi  -  Jurusan Teknik Elektro , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Pertumbuhan beban pada sistem distribusi semakin meningkat terus - menerus. Pertumbuhan beban ini diikuti dengan peningkatan permintaan suplai daya reaktif. Jika suatu jaringan tidak memiliki sumber daya reaktif di daerah sekitar beban  maka semua kebutuhan beban reaktifnya dipikul oleh generator sehingga akan mengalir arus reaktif pada jaringan yang mengakibatkan drop tegangan. Namun adalah suatu hal yang sulit untuk mempertahankan tegangan konstan pada sistem distribusi karena drop tegangan akan terjadi pada semua bagian sistem. Salah satu cara untuk memperbaiki drop tegangan adalah dengan menempatkan nilai kapasitor yang optimal di lokasi yang tepat. Permasalahan ini merujuk pada wilayah UPJ Batang yang perlu adanya penambahan kapasitor. Penambahan kapasitor pada feeder-feeder di Gardu Induk (GI) Batang berguna untuk membantu kinerja sistem distribusi apabila GI tidak mampu melayani dan mensuplai beban dikarenakan drop tegangan yang besar. Pada Tugas Akhir ini, menggunakan asumsi peramalan beban. Peramalan dengan mempertimbangkan ketersediaan data yang ada,  digunakan untuk meramalkan kebutuhan beban 5 tahun yang akan datang. Software model asumsi peramalan beban dibuat dengan program ETAP 7.0.0. Dengan di gambarkan single line diagram dari model eksisting  tersebut, maka dapat dianalisa menggunakan software ETAP 7.0.0 dengan mempertimbangkan hasil drop voltage untuk feeder Batang 02 dan penempatan kapasitor yang strategis. Software pedukung untuk optimasi penempatan kapasitor adalah dengan menggunakan kombinasi logika fuzzy dan algoritma genetika.

Keywords : Penempatan kapasitor baru, asumsi penambahan beban, ETAP 7.0.0 dan drop tegangan.

 

 

Abstract

Load growth in distribution system increase steadily. This load growth is followed by increased demand for reactive power supply. If a network does not have a reactive power source in around load area then all the needs of reactive load borne by the generator so that reactive current will flow to the network resulting in decreased voltage drop. One way to improve drop voltage is placing the optimal capacitor value in the right location and strategic. This problem refers to the areas that need to UPJ Batang the addition of new capacitor. The addition of a capacitor on feeder-feeder at the substation (GI) is useful to help the performance of the distribution system if the GI was not able to serve and supply the load due to the large voltage drop. In this final project, using of the load forecasting assumptions. Forecasting arranged simply by considering the availability of data, is used to load forecasting needs 5 years to come. Software load forecasting model of assumptions made ​​by the program ETAP 7.0.0. With the draw single line diagram of the existing models, it can be analyzed using software ETAP 7.0.0 by considering the results for the voltage drop feeder Batang 02 and the strategic placement of capacitors. Software boosters to help the capacitor placement optimization is to use a combination of fuzzy logic and genetic algorithms.

 

Keywords : the placement of the new capacitor, load forecasting assumptions, ETAP 7.0.0, and drop voltage
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.