1Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
2Jl. Prof. Sudharto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient21659, author = {Bangun Saputra and Sudjadi Sudjadi and Budi setiyono}, title = {PERANCANGAN PROTOTIPE KONTROLER ELEKTRONIK AIR-TO-FUEL RATIO BERBASIS PROPORTIONAL-INTEGRAL-DERIVATIVE UNTUK PENGHEMATAN BAHAN BAKAR PADA MESIN SEPEDA MOTOR SISTEM INJEKSI}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {7}, number = {2}, year = {2018}, keywords = {spark ignition engine, sistem injeksi elektronik, AFR, kontrol PID, electronic control unit}, abstract = { Konsumsi bahan bakar sekecil mungkin tanpa menurunkan performa dari sepeda motor dapat diperoleh dengan melakukan pengontrolan pada nilai Air-to-Fuel Ratio (AFR) agar selalu berada pada kondisi ideal. Namun tidak pada semua kondisi nilai AFR ideal diperlukan sehingga nilai AFR bisa diatur ke nilai yang lebih besar agar campuran menjadi lebih miskin (lean). Pada penelitian ini dirancang prototipe kontroler elektronik AFR berbasis metode kontrol PID untuk menghemat konsumsi bahan bakar sepeda motor sistem injeksi elektronik, dengan masukan berupa sinyal pengereman dan derajat bukaan gas (throttle opening) yang berfungsi untuk mengaktifkan sistem kontrol. Kontroler dipasang secara paralel dengan electronic control unit (ECU) pabrikan sepeda motor dan memiliki tugas dalam mengatur lama durasi bukaan injektor sesuai dengan kondisi yang ditetapkan. Pengujian dilakukan terhadap kestabilan sistem kontrol dan penghematan bahan bakar. Hasil pengujian kestabilan sistem kontrol membuktikan bahwa prototipe kontroler elektronik AFR mampu mengontrol nilai AFR pada rentang miskin dengan stabil. Hasil pengujian penghematan bahan bakar pada rute jalan mendatar adalah sebesar 35% serta pada rute jalan menanjak dan menurun adalah 35,1%. Rata – rata penghematan bahan bakar yang dicapai secara keseluruhan adalah 35,05%. }, issn = {2685-0206}, pages = {424--431} doi = {10.14710/transient.v7i2.424-431}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/21659} }
Refworks Citation Data :
Konsumsi bahan bakar sekecil mungkin tanpa menurunkan performa dari sepeda motor dapat diperoleh dengan melakukan pengontrolan pada nilai Air-to-Fuel Ratio (AFR) agar selalu berada pada kondisi ideal. Namun tidak pada semua kondisi nilai AFR ideal diperlukan sehingga nilai AFR bisa diatur ke nilai yang lebih besar agar campuran menjadi lebih miskin (lean). Pada penelitian ini dirancang prototipe kontroler elektronik AFR berbasis metode kontrol PID untuk menghemat konsumsi bahan bakar sepeda motor sistem injeksi elektronik, dengan masukan berupa sinyal pengereman dan derajat bukaan gas (throttle opening) yang berfungsi untuk mengaktifkan sistem kontrol. Kontroler dipasang secara paralel dengan electronic control unit (ECU) pabrikan sepeda motor dan memiliki tugas dalam mengatur lama durasi bukaan injektor sesuai dengan kondisi yang ditetapkan. Pengujian dilakukan terhadap kestabilan sistem kontrol dan penghematan bahan bakar. Hasil pengujian kestabilan sistem kontrol membuktikan bahwa prototipe kontroler elektronik AFR mampu mengontrol nilai AFR pada rentang miskin dengan stabil. Hasil pengujian penghematan bahan bakar pada rute jalan mendatar adalah sebesar 35% serta pada rute jalan menanjak dan menurun adalah 35,1%. Rata – rata penghematan bahan bakar yang dicapai secara keseluruhan adalah 35,05%.
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id