skip to main content

Perencanaan Safety Plan dan Modifikasi Pada Kapal Pinisi Pariwisata Labuan Bajo Berdasarkan Klasifikasi Kapal Kayu BKI

*Agustine Christy Hapsari  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, , Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, , Indonesia
Ahmad Firdhaus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Labuan Bajo yang terkenal akan keindahan alam baharinya, meyuguhkan daya tarik utama bagi wisatawan yaitu memanfaatkan kapal pinisi sebagai tempat penginapan sekaligus sarana transportasi sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan alam Labuan Bajo secara eksklusif. Kapal pinisi merupakan salah satu jenis kapal tradisional yang proses pembangunannya menggunakan metode konvensional, tanpa perhitungan yang pasti seperti kapal modern pada umumnya. Dalam penelitian ini dilakukan modifikasi layout untuk efisiensi ruangan yang lebih optimal serta mengintegrasikan aspek tradisional dan regulatif terhadap salah satu kapal pinisi yang beroperasi dalam sektor pariwisata Labuan Bajo, yaitu KLM Leyla. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan modifikasi layout kapal dengan penambahan safety plan berdasarkan SOLAS, analisis hambatan kapal sesudah modifikasi yang memiliki hasil kebutuhan power lebih kecil yaitu 454,05 kW dibanding kebutuhan power sebelum modifikasi yaitu sebesar 454,06 kW, analisis stabilitas yang telah memenuhi syarat berdasarkan IMO, hasil analisis olah gerak yang telah memenuhi standar berdasarkan kriteria olah gerak U.S. Coast Guard Cutter Certification Plan, serta perhitungan profil konstruksi yang telah disesuaikan dengan regulasi Peraturan Kapal Kayu BKI untuk referensi pembangunan kapal selanjutnya.

Fulltext View|Download
Keywords: Kapal Pinisi; Safety Plan; Kapal Kayu; Redesain Kapal
  1. S. Antonius, M. I Gusti Agung Oka, "Kendala Pengembangan Pariwisata di Destinasi Pariwisata Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur," Jurnal Destinasi Pariwisata, vol. 8, no, 1, 2020
  2. A. Rachman, M. N. Misbah, and M. Wartono, "Kesesuaian Ukuran Konstruksi Kapal Kayu Nelayan di Pelabuhan Nelayan (PN) Gresik Menggunakan Aturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI)," Jurnal Teknik ITS, vol. 1, no. 1. pp. 84-87, 2012
  3. S. Rahmi, S. A. Kamaruddin, A. Adam, and A. Usman, “Pengembangan Desain Bentuk Dan Makna Pembuatan Kapal Pinisi Berbasis Kearifan Lokal,” Journal on Education, vol. 6, no. 4. pp. 18406–18416, 2024, doi: 10.31004/joe.v6i4.5795
  4. Baharuddin, S. Andi Husni, W. Wahyu, "Redesain Escape Route dan Perlengkapan Keselamatan pada Kapal Pinisi Sesuai Standar NCVS (Non-Convention Vessel Standard) Studi Kasus KLM Elysian," Jurnal Riset Teknologi Perkapalan, vol. 2, no. 1. pp. 27-37, 2024
  5. A. Nugraha and D. Hardianto, “Desain Fire and Safety Plan untuk Kapal Ro-Ro (Studi Kasus Kapal KMP. SMS Swakarya).” pp. 117–126, 2019
  6. K. Anam, E. S. Hadi, P. Manik, D. T. Perkapalan, F. Teknik, and U. Diponegoro, “Pembuatan Aplikasi Perancang Lines Plan Dengan Metode Diagram Nsp (Nederlandsch Scheepbouwkundig Proefstation) Berbasis Macro Vba Ms. Office Excel Dan Pendekatan B-Spline Untuk Mempermudah Proses Perancangan Kapal,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 4, no. 4. pp. 811–820, 2017
  7. International Maritime Organization, International Convention For The Safety Of Life At Sea (SOLAS), Consolidated Edition 2004: Chapter II-2, Construction-Fire Protection, Fire Detection, and Fire Extinction. London: IMO Publishing, 2004
  8. F. Fernando Yuliansyah, D. Chrismianto, and S. Ari Wibawa Budi, “Analisa Hambatan Total dan Lift Force pada Kapal Crew Boat,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 02, no. 04. pp. 49–57, 2014
  9. S. Suardi et al., “Analisis Perbandingan Hambatan Kapal Ikan 28 Gt Berdasarkan Variasi Metode Perhitungan Hambatan,” INOVTEK Polbeng, vol. 14, no. 02. pp. 140–151, 2024, doi: 10.35314/7s496782
  10. V. M. Ngoc, N. T. Hai Ha, P. M. Ngoc, D. Van Tung, N. H. Hao, and T. N. Tu, “Numerical Investigation on the Influence of Ship Hull Form Modification on Resistance of the 4600DWT Cargo Ship Using RANSE Method,” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, vol. 1278, no. 1. 2023, doi: 10.1088/1755-1315/1278/1/012023
  11. E. Audhi Rachman Pradana, U. Budiarto, O. Mursid, "Studi Perancangan dan Kelaik Lautan Kapal Offshore Patrol Vessel (OPV) untuk Menjaga Kedaulatan Wilayah Laut Natuna Utara", Jurnal Teknik Perkapalan, 2023
  12. J. Hasil Karya Ilmiah, A. Pengaruh Kedalaman, S. Tinggi Gelombang Perairan Terhadap Olah Gerak Kapal Hafidh Ivandri, and I. Pujo Mulyatno, “Jurnal Teknik Perkapalan,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 5, no. 4. p. 785, 2017, [Online]. Available: http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval
  13. S. Jokosisworo, A. Wibawa, and B. Santosa, “Analisa Teknis Km Putra Bimantara Iii Menurut Peraturan Konstruksi Kapal Kayu Bki,” Kapal, vol. 5, no. 1. pp. 6–14, 2012
  14. Biro Klasifikasi Indonesia, “Peraturan Klasifikasi dan Konstruksi : Kapal Kayu,” vol. VI. 2023, [Online]. Available: www.bki.co.id

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.