BibTex Citation Data :
@article{JTP53378, author = {Agus Setiawan and Good Rindo and Samuel .}, title = {Analisa Hambatan Kapal Container 19430 DWT Menggunakan Metode Holtrop Berbasis Python}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {13}, number = {3}, year = {2025}, keywords = {Hambatan; Python; Maxsurf}, abstract = { Hambatan kapal merupakan faktor utama yang mempengaruhi kebutuhan daya mesin, efisiensi bahan bakar, dan performa operasional kapal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan total kapal menggunakan metode Holtrop-Mennen yang diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Python , serta memvalidasi hasilnya melalui perbandingan dengan simulasi menggunakan perangkat lunak Maxsurf Resistance. Selain itu, dilakukan analisis terhadap pengaruh modifikasi bentuk lambung kapal berupa pelebaran badan terhadap perubahan nilai hambatan total. Perhitungan numerik berbasis Python menghasilkan nilai hambatan pada kecepatan operasi 13,63 knot sebesar 326,86 kN, sedangkan hasil dari simulasi Maxsurf untuk model Bare Hull pada kecepatan yang sama adalah 328,90 kN, dengan rata-rata persentase error hanya 2,93%. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan Python memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan layak digunakan sebagai metode estimasi awal. Sementara itu, model lambung yang dimodifikasi menghasilkan hambatan sebesar 353,30 kN, atau sekitar 7,41% lebih tinggi dibandingkan Bare Hull , menunjukkan bahwa pelebaran badan kapal berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hambatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemrograman Python dapat menjadi alternatif yang efisien dan akurat dalam menghitung hambatan total kapal, khususnya pada tahap awal desain. Modifikasi geometri lambung harus dianalisis secara komprehensif, tidak hanya dari aspek hambatan tetapi juga dari sudut pandang stabilitas, konsumsi energi, dan efisiensi operasional. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/53378} }
Refworks Citation Data :
Hambatan kapal merupakan faktor utama yang mempengaruhi kebutuhan daya mesin, efisiensi bahan bakar, dan performa operasional kapal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan total kapal menggunakan metode Holtrop-Mennen yang diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Python, serta memvalidasi hasilnya melalui perbandingan dengan simulasi menggunakan perangkat lunak Maxsurf Resistance. Selain itu, dilakukan analisis terhadap pengaruh modifikasi bentuk lambung kapal berupa pelebaran badan terhadap perubahan nilai hambatan total. Perhitungan numerik berbasis Python menghasilkan nilai hambatan pada kecepatan operasi 13,63 knot sebesar 326,86 kN, sedangkan hasil dari simulasi Maxsurf untuk model Bare Hull pada kecepatan yang sama adalah 328,90 kN, dengan rata-rata persentase error hanya 2,93%. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan Python memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan layak digunakan sebagai metode estimasi awal. Sementara itu, model lambung yang dimodifikasi menghasilkan hambatan sebesar 353,30 kN, atau sekitar 7,41% lebih tinggi dibandingkan Bare Hull, menunjukkan bahwa pelebaran badan kapal berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hambatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemrograman Python dapat menjadi alternatif yang efisien dan akurat dalam menghitung hambatan total kapal, khususnya pada tahap awal desain. Modifikasi geometri lambung harus dianalisis secara komprehensif, tidak hanya dari aspek hambatan tetapi juga dari sudut pandang stabilitas, konsumsi energi, dan efisiensi operasional.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License