skip to main content

Analisa Hambatan Kapal Container 19430 DWT Menggunakan Metode Holtrop Berbasis Python

*Agus Setiawan  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Good Rindo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Samuel .  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Hambatan kapal merupakan faktor utama yang mempengaruhi kebutuhan daya mesin, efisiensi bahan bakar, dan performa operasional kapal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan total kapal menggunakan metode Holtrop-Mennen yang diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Python, serta memvalidasi hasilnya melalui perbandingan dengan simulasi menggunakan perangkat lunak Maxsurf Resistance. Selain itu, dilakukan analisis terhadap pengaruh modifikasi bentuk lambung kapal berupa pelebaran badan terhadap perubahan nilai hambatan total. Perhitungan numerik berbasis Python menghasilkan nilai hambatan pada kecepatan operasi 13,63 knot sebesar 326,86 kN, sedangkan hasil dari simulasi Maxsurf untuk model Bare Hull pada kecepatan yang sama adalah 328,90 kN, dengan rata-rata persentase error hanya 2,93%. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan Python memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan layak digunakan sebagai metode estimasi awal. Sementara itu, model lambung yang dimodifikasi menghasilkan hambatan sebesar 353,30 kN, atau sekitar 7,41% lebih tinggi dibandingkan Bare Hull, menunjukkan bahwa pelebaran badan kapal berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hambatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemrograman Python dapat menjadi alternatif yang efisien dan akurat dalam menghitung hambatan total kapal, khususnya pada tahap awal desain. Modifikasi geometri lambung harus dianalisis secara komprehensif, tidak hanya dari aspek hambatan tetapi juga dari sudut pandang stabilitas, konsumsi energi, dan efisiensi operasional.

Fulltext View|Download
Keywords: Hambatan; Python; Maxsurf
  1. Andrew Pradana Putra, Mey Krisselni Sitompul, Tri Mardalena, dan Romadani, “Analisis Keterkaitan Transportasi Laut Dengan Pelabuhan Kargo Teluk Dalam Untuk Menunjang Kegiatan Perekonomian Masyarakat Penyalai Kecamatan Kuala Kampar Provinsi Riau,” J. Jalasena, vol. 3, no. 2, hal. 57–71, 2022, doi: 10.51742/jalasena.v3i2.544
  2. T. S. Nainggolan et al., “Prediksi Komponen Hambatan Total Kapal Fridsma Hull Menggunakan Metode Morphing Mesh,” J. INOVTEK POLBENG, vol. 11, no. 2, hal. 92–97, 2021
  3. W. Hadi, “Analisis Kebutuhan Armada Kapal Kontainer,” J. Logistik D III Transp. UNJ, vol. II, no. 1, hal. 37–44, 2009
  4. W. A. Aziz Abdurohman, Andi Trimulyono, “Analisa Hambatan Angin Dan Stabilitas Kapal Super Container 18.000 Teus (Malacca-Max),” J. Tek. Perkapalan, vol. 4, no. 1, hal. 91–100, 2019
  5. Iskendar, “Komponen Gaya Hambatan Kapal Cepat,” J. Sains dan Teknol. Indones., vol. 8, no. 2, hal. 92–96, 2006
  6. E. Ada Augustine, O. Samuel Dare, O. Emmanuel Ediba, C. Author, dan E. Ada Augustine, “Bare hull ship resistance computation of anoffshore supplyvessel using the Holtrop and menenn method: A MATLAB implementation,” Int. J. Adv. Eng. Manag., vol. 3, no. 10, hal. 2395–5252, 2021, doi: 10.35629/5252-0310678683
  7. I. J. Caecielia dan N. D. Tuharea, “Analisys of Hull Shape Art, Speed, Resistance, Power Using Holtrop Method On A Vessel With DWT 12,335 Ton,” Marit. Park J. Marit. Technol. Soc., vol. 1, no. October 2022, hal. 84–89, 2022, doi: 10.62012/mp.v1i3.21950

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.