skip to main content

Analisis Tubrukan Lateral Pada Lambung Kapal Perintis Dengan Metode Elemen Hingga

*Muhammad Rifqi Aditya  -  Department of Naval Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Department of Naval Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Department of Naval Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tubrukan kapal merupakan salah satu insiden laut yang sering terjadi dan berdampak serius terhadap keselamatan struktur kapal, muatan, awak kapal, penumpang dan lingkungan. Kapal perintis, yang melayani rute ke daerah tertinggal dan terpencil, sangat penting keberadaannya dan perlu dianalisis ketahanannya terhadap insiden tabrakan guna menjamin keselamatan, keandalan operasional, dan pemenuhan standar keselamatan maritim. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kerusakan lambung saat tabrakan samping pada kapal perintis 1200 GT menggunakan metode elemen hingga berbasis perangkat lunak LS-DYNA. Pemodelan difokuskan pada bagian midship kapal sebagai objek tumbukan, menggunakan elemen shell dengan material plastic kinematic, sementara haluan kapal penabrak dimodelkan sebagai struktur rigid. Simulasi dilakukan untuk tiga variasi kecepatan yang berbeda, yaitu 8, 10, dan 12 knot selama 0,2 detik. Hasil menunjukkan bahwa semakin tinggi kecepatan, semakin besar deformasi dan kerusakan yang terjadi dengan besar deformasi maksimum masing-masing 0,1264 m, 0,1664 m, dan 0,1973 m. Gaya kontak maksimum yang dihasilkan mencapai 1,48 × 106 N, 1,81 × 106 N, dan 1,99 × 106 N. Energi internal tumbukan yang diserap lambung kapal adalah sebesar 101,418 kJ; 160,001 kJ; dan 226,590 kJ. Nilai gaya kontak maksimum dan energi yang diserap oleh lambung kapal juga meningkat seiring bertambahnya kecepatan.

Fulltext View|Download
Keywords: Kapal Perintis, Metode Elemen Hingga, Kekuatan, Tubrukan
  1. A. Azhar dan T. Agung K, “Standarisasi Harga Pembangunan Kapal Perintis,” J. Teknol. Marit., vol. 2, no. 1, hal. 1–6, 2019, doi: 10.35991/jtm.v2i1.902
  2. M. Iqbal dan R. Good, “Pengaruh Anti-Slamming Bulbous Bow Terhadap Gerakan Slamming Pada Kapal Perintis 200 DWT,” Kapal, vol. 13, no. 1, hal. 45–54, 2016
  3. Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementrian Perhubungan, “Dukung Program Tol Laut, 50 Kapal Perintis dan 3 Kapal Perambuan Mulai Dibangun,” 2015. https://dephub.go.id/post/read/dukung-program-tol-laut,-50-kapal-perintis-dan-3-kapal-perambuan-mulai-dibangun (diakses Jun 17, 2025)
  4. Indonesia, UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 17 TAHUN 2008 TENTANG PELAYARAN. 2008
  5. EMSA, “Annual overview of marine casualties and incidents 2020,” Lisbon, Portugal, 2020
  6. M. Kendek, I. Iskandar, I. D. Satria, dan A. W. Bayuntara, “Studi Kasus Analisis Hasil Investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (Knkt) Terhadap Penyebab Tubrukan Kapal Di Perairan Indonesia,” JPB J. Patria Bahari, vol. 2, no. 2, hal. 1–10, 2023, doi: 10.54017/jpb.v2i2.60
  7. P. Marliana, A. Umyati, dan F. Teknik, “Kajian Kecelakaan Kapal di Pelabuhan Banten Menggunakan Human Factors Analysis and Classification System (HFACS),” J. Rekayasa Sist. Ind. , vol. 3, no. 2, hal. 46–52, 2014
  8. A. R. Hermawan, “Analisa Dinamis Jacket Fixed Platform Akibat Tubrukan Kapal Berbasis Resiko Studi Kasus : Bekapai Quarters Platform Risk Based Dynamic Analysis of Fixed Jacket Platform Due To Ship Impact Case Study : Bekapai Quarters Platform,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2015
  9. O. Ozguc, “Structural damage of ship–FPSO collisions,” J. Mar. Eng. Technol., vol. 18, hal. 1–35, 2017
  10. A. R. Prabowo, J. M. Sohn, D. M. Bae, dan J. H. Cho, “Performance assessment on a variety of double side structure during collision interaction with other ship,” Curved Layer. Struct., vol. 4, no. 1, hal. 255–271, 2017, doi: 10.1515/cls-2017-0017
  11. P. Y. Ginting, A. F. Zakki, dan W. Amiruddin, “Simulasi Tubrukan Ruang Muat Kapal Bulk Carrier 75.000 DWT Dengan Kapal Tanker Bertipe Haluan Ram Bow dan Kapal LNG Bertipe Haluan Cylindrical Bow di Wilayah Perairan Pelabuhan,” J. Tek. Perkapalan, vol. 2, no. 3, hal. 74–81, 2014
  12. A. R. Prabowo, D. M. Bae, J. M. Sohn, A. F. Zakki, B. Cao, dan Q. Wang, “Analysis of structural damage on the struck ship under side collision scenario,” Alexandria Eng. J., vol. 57, no. 3, hal. 1761–1771, 2018
  13. A. R. Prabowo, D. M. Bae, J. M. Sohn, dan B. Cao, “Energy behavior on side structure in event of ship collision subjected to external parameters,” Heliyon, vol. 2, no. 11, 2016, doi: 10.1016/j.heliyon.2016.e00192
  14. A. R. Prabowo, S. J. Baek, J. H. Byeon, D. M. Bae, J. H. Cho, dan J. M. Sohn, “Investigation on the Structural Damage of a Double-Hull Ship, Part I – Ship Collision,” Procedia Struct. Integr., vol. 5, hal. 935–942, 2017
  15. D. Chen, “Simplified ship collision model,” Virginia Polytech. Inst. State Univ., no. January, 2000, [Daring]. Tersedia pada: http://scholar.lib.vt.edu/theses/available/etd-05022000-10450010/unrestricted/etd.pdf
  16. Y. A. Nasser, A. Aliraqi, dan B. E. D. Ali, “Collision Analysis of Ship Side,” Adv. Mater. Res., vol. 199–200, hal. 119–125, 2011
  17. A. R. Prabowo, D. M. Bae, J. M. Sohn, A. F. Zakki, B. Cao, dan Q. Wang, “Analysis of structural behavior during collision event accounting for bow and side structure interaction,” Theor. Appl. Mech. Lett., vol. 7, no. 7, hal. 6–12, 2017
  18. E. Didik dan J. Mardjuki, “Analisa Pengaruh Defromasi Plastis Terhadap Struktu Mikro dan Kekerasan Pada Baja ST 42,” Transmisi, vol. XI, hal. 19–26, 2015
  19. R. C. Hibbeler, MECHANICS OF MATERIALS EIGHTH EDITION. Pearson, 2011
  20. S. Islam, K. Taky, dan N. J. Omaia, “Finite Element Modeling and Simulation of Collision Analysis of a Ship,” vol. 25, no. 1, 2025
  21. A. R. Prabowo, D. M. Bae, J. M. Sohn, dan A. F. Zakki, “Evaluating the Parameter Influence in the Event of a Ship Collision based on the Finite Element Method Approach,” Int. J. Technol., vol. 7, no. 4, hal. 592–602, 2016, doi: 10.14716/ijtech.v7i4.2104
  22. H. Hasanudin, W. D. Aryawan, A. Zubaydi, dan T. Putranto, “Dynamics Finite Element for Ship Damage Collision Analysis,” IPTEK J. Proc. Ser., vol. 0, no. 2, hal. 120, 2017, doi: 10.12962/j23546026.y2017i2.2308
  23. W. Wu, Y. Yang, J. Zhang, dan J. Lu, “Study on striking ship with loading impact on the performance of the double hull oil tanker collision,” Polish Marit. Res., vol. 25, hal. 42–48, 2018, doi: 10.2478/pomr-2018-0072
  24. A. R. Prabowo, D. M. Bae, J. M. Sohn, A. F. Zakki, dan B. Cao, “Rapid prediction of damage on a struck ship accounting for side impact scenario models,” Eng. (De Gruyter), vol. 7, hal. 91–99, 2017
  25. K. Wisniewski, “The Effect of Selected Parameters on Ship Collision Results by Dynamic FE Simulations,” Finite Elem. Anal. Des., vol. 39, no. 10, hal. pp 985–1006, 2003, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/S0168-874X(02)00143-9
  26. S. Zhang, “The Mechanics of Ship Collisions,” Ocean Eng. J. - Dep. Nav. Archit. offshore Eng. - Tech. Univ. Denmark, no. January, hal. 1–185, 1999
  27. N. A. Dzikron dan T. Yulianto, “Analisis Tegangan Haluan Kapal Akibat Tubrukan,” J. Tek. ITS, vol. 8, no. 2, 2019, doi: 10.12962/j23373539.v8i2.45284
  28. A. R. Prabowo, D. M. Bae, B. Cao, A. F. Zakki, dan G. D. Haryadi, “Study on Collision Between Two Ships Using Selected Parameters in Collision Simulation,” J. Mar. Sci. Appl., vol. 15, hal. 63–72, 2016
  29. I. Pill dan K. Tabri, “Finite Element Simulations of Ship Collisions: A Coupled Approach to External Dynamics and Inner Mechanics,” Ships Offshore Struct., vol. 6, hal. 59–66, 2011
  30. J. Xia, “Finite Element Analysis of Ship Collisions,” Virginia Polytechnic Institute and State University, 2001
  31. R. Agustian, P. Mulyatno, dan H. Yudho, “Analisa Tubrukan Pada Lambung Kapal Accomodation Work Barge (AWB) 5640 Dwt Dengan Jetty Menggunakan Metode Elemen Hingga,” J. Tek. Perkapalan, vol. 4, no. 3, hal. 675–684, 2016
  32. A. R. Prabowo, H. Nubli, dan J. M. Sohn, “Energy dissipation of ship structures subjected to impact loading: A study case in side collision,” Procedia Struct. Integr., vol. 27, no. 2019, hal. 171–178, 2020, doi: 10.1016/j.prostr.2020.07.023
  33. J. Hasil, K. Ilmiah, M. H. Pratama, H. Yudo, dan P. Mulyanto, “JURNAL TEKNIK PERKAPALAN Analisis Kekuatan Konstruksi Car Deck Kapal Penyeberangan 1000 GT Akibat Perubahan Muatan Dengan Metode Elemen Hingga,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 3, hal. 426, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval
  34. O. Mursid, I. P. Mulyatno, dan G. Rindo, “Analisa Tubrukan Pada Lambung Kapal Self Propelled Oil Barge (SPOB) 5000 DWT Dengan Jetty Menggunakan Metode Elemen Hingga,” J. Tek. Perkapalan, vol. 3, no. 4, hal. 514–523, 2015, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/viewFile/10529/10222
  35. S. Ilmiah, “Analisis tegangan lambung kapal tanker akibat tubrukan,” Inst. Teknol. SEPULUH Nop. SURABAYA, 2019
  36. Biro Klasifikasi Indonesia, Rules for Hull – Volume II: Hull Structures. Jakarta: PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), 2025

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.