skip to main content

Analisa Hambatan Kapal Bulk Carrier 22500 DWT Pada Perairan Semarang-Singapura

*Yohanes Widianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Samuel Samuel  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Dalam perancangan kapal Bulk Carrier, aspek hambatan dan daya mesin menjadi hal krusial yang harus diperhatikan agar kapal dapat beroperasi optimal dan efisien. Hambatan kapal berkaitan langsung dengan performa sistem propulsi, di mana performa propulsi yang cukup akan menjamin kapal mampu mencapai kecepatan yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai hambatan total dan menganalisis daya mesin yang dibutuhkan guna mendukung efisiensi pelayaran. Salah satu metode empiris yang banyak digunakan dalam menghitung hambatan total kapal adalah metode Holtrop-Mennen, karena mampu memisahkan antara hambatan gesek dan residu. Dalam penelitian ini, proses analisis dilakukan dengan bantuan perangkat lunak Maxsurf Modeler dan Maxsurf Resistance. Data primer diperoleh dari ukuran utama kapal: Data primer diperoleh dari ukuran utama kapal, yaitu panjang (LOA): 159,43 m, panjang (LPP): 150,41 m, panjang (LWL): 154,92 m, lebar (B): 26,75 m, draft (T): 10,23 m, Cb: 0,8, DWT: 22500 ton, dan kecepatan (Vs): 10,07 knot. Hasil analisis menunjukkan hambatan total kapal pada kecepatan penuh sebesar 218,10 kN (Maxsurf) dan 216,07 kN (manual), selisih 0,93%. Daya efektif (EHP) yang dibutuhkan mencapai 1515,49 HP (Maxsurf) dan 1613,07 HP (manual), selisih 6,05%. Hasil menunjukkan hambatan berbanding lurus dengan EHP dan membuktikan bahwa Maxsurf dapat mempercepat proses perhitungan dan menghasilkan hasil akurat.

Fulltext View|Download
Keywords: Bulk Carrier; Hambatan Kapal; Holtrop; Daya Mesin; Maxsurf Resistance
  1. Badan Pembinaan Hukum Nasional, “Indonesia Merupakan Negara Kepulauan Yang Terbesar Di Dunia.” [Online]. Available: https://bphn.go.id/berita-utama/indonesia-merupakan-negara-kepulauan-yang-terbesar-di-dunia-3441
  2. B. Septiawan, “Analisis Potensi Ekspor Indonesia Terhadap Negara Asean Dengan Pemanfaatan Perjanjian Masyarakat Ekonomi Asean (Mea),” AKUNTABILITAS J. Ilm. Ilmu-Ilmu Ekon., vol. 15, no. 1, pp. 61–75, 2023, doi: 10.35457/akuntabilitas.v15i1.2944
  3. Trading Economics, “Indonesia Exports By Category.” [Online]. Available: https://tradingeconomics.com/indonesia/exports-by-category
  4. AtlasMagazine, “The World Merchant Fleet.” [Online]. Available: https://www.atlas-mag.net/en/category/tags/focus/the-world-merchant-fleet
  5. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, “Jumlah Armada Niaga Nasional Berbendera Indonesia Tahun 2021.”
  6. Intercargo, “Bulk Carrier Casualty Report 2014-2023,” p. 19, 2023, [Online]. Available: https://www.iims.org.uk/wp-content/uploads/2018/05/INTERCARGO-Bulk-Carrier-Casualty-Report.pdf
  7. Komite Nasional Keselamatan Transportasi Republik Indonesia, “Laporan Investigasi Kecelakaan Pelayaran: Tenggelamnya NUR ALLYA di Perairan Halmahera, Maluku Utara, Republik Indonesia, 21 Agustus 2019,” p. 1520, 2021, [Online]. Available: https://knkt.go.id/Repo/Files/Laporan/Pelayaran/2019/KNKT.19.08.20.03 Nur Allya.pdf
  8. A. Maulana, Talahatu, and M. Alberth, “Optimalisasi hambatan kapal skala penuh berdasarkan analisa uji tarik kapal model,” Skripsi Univ. Indones., 2011
  9. S. H. Hong, D. M. Kim, and S. J. Kim, “A Back–Forward Approach-Based Efficiency Performance Analysis Model for Hybrid Electric Propulsion Ships Using the Holtrop–Mennen Method,” J. Mar. Sci. Eng., vol. 12, no. 1, 2024, doi: 10.3390/jmse12010009
  10. Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, “Neraca Perdagangan Dengan Mitra Dagang.” [Online]. Available: https://satudata.kemendag.go.id/data-informasi/perdagangan-luar-negeri/neraca-perdagangan-dengan-mitra-dagang
  11. MGMaritim, “Kapal Bulk Carrier: Pilihan Terbaik untuk Pengiriman Muatan Besar.” [Online]. Available: https://mgmaritim.com/kapal-bulk-carrier-pilihan-terbaik-untuk-pengiriman-muatan-besar/
  12. The CSL Group, “Geared Bulk Carriers Fleet.” [Online]. Available: https://cslships.com/fleet/geared-bulk-carriers/
  13. D. G. . Watson, Practical Ship Design, 1st ed., vol. 1, no. C. Oxford, UK: Elsevier Science, 1998. doi: 10.1016/S1571-9952(98)80003-2
  14. Z. B. Sijabat, E. S. Hadi, and G. Rindo, “Pengaruh Sudut Masuk Pada Kapal Perintis 750 Dwt Terhadap Resistance Kapal Dengan Penambahan Anti-Slamming Bulbous Bow Tipe Delta (Δ-Type),” J. Tek. Perkapalan, vol. 6, no. 1, p. 28, 2018
  15. F. U. Paisal, “Studi Hambatan Total Kapal Model Menggunakan Prinsip Uji Tarik Kapal Model Dengan dan Tanpa Penempelan Kulit Belut 25% dari Haluan dan Variasi Sudut Trim by Stern 1,96’0 DAN 2,84’0,” Universitas Indonesia, 2011
  16. J. Holtrop and G. G. J. Mennen, “An Approximate Power Prediction Method,” 1982
  17. E. V. . Lewis, Principles of Naval Architecture. Vol 2 ; Resistance, Propulsion and Vibration, vol. 2. New Jersey: The Society of Naval Architects and Marine Engineers, 1988
  18. ITTC, “Recommended Procedures and Guidelines Testing and Data Analysis Resistance Test,” Sep. 2008
  19. S. Salmat, A. Zulhendrik, M. I. Iski, A. Adli, and A. Z. Nasty, “Design of Hybrid Hull Ship by B-NINE TEAM to The National Unmanned Fast Boat Contest 2019,” Teknomekanik, vol. 3, no. 1, pp. 17–21, May 2020, doi: 10.24036/tm.v3i1.5772
  20. P. B. Pamungkas and I. P. Mulyatno, “Perancangan Kapal Bulk Carrier 6200 DWT untuk Rute Pelayaran Jakarta-Palngkaraya,” J. Tek. Perkapalan, vol. 2, no. 2, pp. 1–2, 2014
  21. Y. H. Prayitno, W. Amiruddin, and G. Rindo, “Perancangan Kapal Bulk Carrier 21600 DWT Untuk Rute Pelayaran Makassar - Guangzhou,” J. Tek. Perkapalan, vol. XX, 2024
  22. Trakindo CAT, “Specification of C280-6.” [Online]. Available: https://www.cat.com/id_ID/products/new/power-systems/marine-power-systems/commercial-propulsion-engines/18390306.html

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.