skip to main content

Analisa Kebutuhan Daya Mesin Induk General Cargo 10000 DWT Dengan Rute Pelayaran Surabaya - Donsak

*Muhammad Rofsanjani  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Samuel Samuel  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Good Rindo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Untuk memenuhi sarana dan prasarana dalam perdagangan antar Negara, khususnya untuk komoditas kargo secara general, maka perlu dirancang kapal jenis General Cargo. Kapal barang atau kapal kargo adalah segala jenis kapal yang membawa barang-barang dan muatan secara umum dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Namun dalam beberapa tahun terakhir, terdapat permasalahan iklim yang diakibatkan oleh emisi gas buang yang berlebihan. Oleh karena hal itu, dalam perancangannya, salah satu faktor yang penting adalah merancang kapal dengan hambatan yang minimal sehingga daya yang nantinya dibutuhkan oleh kapal dapat berkurang yang dapat mengurangi biaya serta emisi yang dihasilkan dapat berkurang. Hambatan kapal dapat didefinisikan sebagai gaya total yang melawan arah gerakan maju kapal. Hambatan Total terdiri dari Hambatan gesek dan hambatan sisa. Setelah mengetahui hambatan total kapal (Rt), dapat dihitung daya mesin yang terdiri dari EHP (effective horsepower) THP (thrust horse power), DHP (delivery horse power), SHP (shaft horse power), dan BHP (brake horse power). Dari Perhitungan hambatan ini, dapat menjelaskan bahwa Performa Propulsi yang cukup akan menjamin bahwa suatu kapal dapat memenuhi kecepatan yang diperlukan. Kapal general cargo yang dirancang memiliki ukuran utama Lengthoverall 119,9 m, Length waterline atau Panjang kapal tercelup 117,62 m, Length between perpendicular atau Panjang haluan-buritan pada main deck 114,19 m, Breadth atau lebar 19,53 m, Height atau tinggi hingga main deck 11,59 m, Draft atau sarat kapal (T) 8,31 m, Dead weight 10000 ton, dan  Service Speed 13,24 knot. Pada analisa ini didapatkan hambatan total kapal general cargo 10000 DWT sebesar 244.3 KN dan kebutuhan daya mesin induk kapal sebesar 2400 HP.

Fulltext View|Download
Keywords: General cargo; Hambatan Kapal; Daya Mesin Induk
  1. B. Septiawan, “Analisis Potensi Ekspor Indonesia Terhadap Negara Asean Dengan Pemanfaatan Perjanjian Masyarakat Ekonomi Asean (Mea),” AKUNTABILITAS J. Ilm. Ilmu-Ilmu Ekon., vol. 15, no. 1, pp. 61–75, 2023, doi: 10.35457/akuntabilitas.v15i1.2944
  2. S. P. Kusumo, B. Arswendo, and A. W. B. Sentosa, “Studi Perancangan Kapal Kargo 14.715 Dwt Rute Pelayaran Tanjung Perak-Batu Ampar,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 2, pp. 488–495, 2017
  3. S. Pramono and A. T. Pangidoanta, “Analisa Perhitungan Daya Mesin Kapal Menggunakan Metode Guldhamer-Harvald,” J. Sains Dan Teknol. Marit., vol. 21, no. 2, p. 107, 2021, doi: 10.33556/jstm.v21i2.273
  4. D. G. M. Watson, Practical Ship Design, Volume 1 Stability and Strength, vol. 1. 1998. [Online]. Available: http://www.sciencedirect.com/
  5. F. P. R. Ricinsi, T. B. Musriyadi, and A. Baidowi, “Analisa Hambatan dan Efek Diving pada Kapal Monohull Pelat Datar dan Kapal Konvensional (Streamline),” J. Tek. ITS, vol. 9, no. 2, pp. 49–54, 2021, doi: 10.12962/j23373539.v9i2.53616
  6. Y. R. Kim, S. Steen, D. Kramel, H. Muri, and A. H. Strømman, “Modelling of ship resistance and power consumption for the global fleet: The MariTEAM model,” Ocean Eng., vol. 281, no. May, 2023, doi: 10.1016/j.oceaneng.2023.114758
  7. S. Ali, F. Ramadani, S. Ali, and D. Syahputra, “Analisis Ship Resistance Untuk Menentukan Daya Main Engine Kapal,” Zo. Laut J. Inov. Sains Dan Teknol. Kelaut., vol. 3, no. 2, pp. 19–24, 2022, doi: 10.62012/zl.v3i2.22027
  8. E. Sugianto and A. Winarno, “Computational Model Tahanan Kapal Untuk Menentukan Kebutuhan Daya Kapal Bulk Carrier 8664 Dwt,” J. Kelaut. Indones. J. Mar. Sci. Technol., vol. 10, no. 2, p. 168, 2018, doi: 10.21107/jk.v10i2.3411
  9. E. Supryanto, “Desain Kapal 2 in 1 Khusus Pengangkut Sapi Dan Barang Rute Nusa Tenggara Timur ( Ntt ) - Surabaya Design of 2 in 1 Vessel Carriying Cattles and Goods With Route East Nusa Tenggara ( Ntt ) - Surabaya,” Inst. Teknol. Sepuluh Novemb., pp. 2–5, 2015
  10. Alamsyah, W. Setiawan, E. Dwi Cahya, A. Ika Wulandari, Suardi, and A. Alifantio, “Design of Fishing Vessel of Catamaran Type in Waterways of East Kalimantan (40 GT),” in Journal of Physics: Conference Series, 2021. doi: 10.1088/1742-6596/1726/1/012014
  11. E. V. Lewis and Society of Naval Architects and Marine Engineers (U.S.), Principles of naval architecture. Volume I, Stability and strength, vol. I. 1988
  12. R. A. Anugrah and M. P. Awwaludien Al-Fath, “Simulasi Numerik Kapal Katamaran Pendeteksi Kedalaman Banjir Menggunakan Software Maxsurf Untuk Mencari Resistance,” Quantum Tek. J. Tek. Mesin Terap., vol. 3, no. 2, pp. 65–70, 2022, doi: 10.18196/jqt.v3i2.13900
  13. I. Bentley Systems, “Maxsurf Modeler: Windows Version 20 User Manual,” 2013
  14. I. Bentley Systems, “Maxsurf Resistance Program & User Manual,” 2013
  15. A. A. Priadi, Dasar-Dasar Penanganan dan Pengaturan Muatan Kapal Niaga. 2020. [Online]. Available: http://repository.pip-semarang.ac.id/3885/1/Seri Penanganan dan pengaturan muatan.pdf
  16. A. F. Molland, S. R. Turnock, and D. A. Hudson, Ship Resistance and Propulsion. 2011. doi: 10.1017/cbo9780511974113
  17. F. Papalangi, I. P. Mulyatno, P. Manik, F. Teknik, and U. Diponegoro, “Studi Perancangan Tongkang Pengangkut Limbah Batubara Di Pltu Tanjung Jati B Jepara,” J. Tek. Perkapalan, vol. 3, no. 2, pp. 222–229, 2015
  18. J. Holtrop, “A statistical re-analysis of resistance and propulsion data. Published in International Shipbuilding Progress,” Isp, vol. 31, no. 363, pp. 272–276, 1984
  19. E. V. Lewis, Principles of naval architecture. Volume II, Resistance, propulsion and vibration, vol. II. 1998
  20. Caterpillar Marine A Division of Caterpillar Motoren GmbH & Co.KG, “M 20 C Main Engine and Generator Solutions,” 2019

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.