skip to main content

Analisis Stabilitas Kapal Oil Tanker 10850 DWT Perairan Bintan - Lhokseumawe

*Rangga Jati Kusuma  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, JL. Prof. Sudarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Berlian Arswendo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, JL. Prof. Sudarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, JL. Prof. Sudarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Stabilitas kapal merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhitungkan saat perancangan kapal. Perhitungan stabilitas akan sangat mempengaruhi keselamatan kapal saat melakukan operasi pelayaran. Penelitian ini akan menganalisis stabilitas dari kapal Oil Tanker MT Arcturus dengan kapasitas 10850 DWT yang memiliki jalur pelayaran Bintan - Lhokseumawe. Penelitian ini akan berfokus pada analisa stabilitas kapal dalam tiga kondisi muatan berbeda dengan menggunakan soft maxsurf. Penelitian ini akan tetap mengacu pada IMO yang mana memiliki standar untuk keselamatan kapal. Analisis akan dilakukan pada tiga kondisi kapal yaitu saat keadaan muatan penuh, muatan kosong, dan muatan kapal kosong dengan terisi sebagian pada tangki operasional lainnya. Sesuai dengan tiga kondisi yang sudah ditentukan makan analisis dilakukan dengan maxsurf dan akan didaptkan nilai stabilitas serta LC diagram yang menggambarkan perbandingan sudut oleng kapal dengan lengan kopel, hasil ini akan menunjukan kemampuan kapal dalam menjaga stabilitasnya hingga sudut kemiringan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stabilitas kapal MT Arcturus dalam tiga kondisi yang telah ditentukan memiliki nilai stabilitas yang baik dilihat dari kurva GZ yang bernilai positif hingga sudut kemirinagn 90o. Nilai stabilitas yang diperoleh juga dibandingkan dengan standar IMO dan menunjukan bahwa memenuhi standar tersebut dalam setiap kondisi muatan yang dianalisis, sehingga dapat disimpulkan bahwa kapal MT Arcturus layak untuk beroperasi di perairan yang ditentukan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam perancangan kapal oil tanker di masa depan.

Fulltext View|Download
Keywords: Oil Tanker, Intact Stability, Ship Stability, IMO, Maxsurf Stability
  1. Forsyth, C.J. 1991. Factors affecting tanker safety.Policy Manag, 18(4)
  2. Jung, S. K., M., I. Roh, and K. S. Kim. 2018. Arrangement method of a naval surface ship considering stability, operability, and survivability. J. Ocean Engineering, 152(1): 316-333
  3. Eliopoulou, E., A. Alisafaki, A. Papanikolaou. 2023. Statisical analysis of accidents and review of safety level of passenger ships. J. of Marine Scie. And Eng. 11(2)
  4. Bačkalov I, B., Bulian, and J. Cichowicz. 2016. Ship stability, dynamics and safety: status and perspectives from are view of recent. Ocean Engineering, 116: 312-349
  5. Dianiswara, A. 2023. Evaluasi intact stability offshore support vessel A.H.T.S. Kittiwake milik PT Baruna Raya Logistik ketika mentransport muatan ke Offshore Platform. Zona Laut Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi Kelautan, 4(3): 219–226
  6. Wang, Z., Y. Liu, S. Chen, Y. Wang, Z. Wang, and M. Huang. 2024. Structural design of the acrylic vessel for the Jinping Neutrino Experiment. Journal of Instrumentation, 19(7)
  7. Yudo, H., W. Amiruddin, and M. Guna. 2022 The fixed baffle effect analysus to filling tanks variation on the stability of 4999 DWT tankers. JMEST. 2(3): 72-78
  8. Nitonye S., C. Feniobu, and N. B. O. Eragbai. 2023. Floodable length analysis of a container vessel using computer aided design. Global. J. Eng. Technol. Adv. 14(3): 84-98
  9. Samian Y., and A. N. A. M. Shah. 2021. The effect of hull elongation to the vessel's performance for small ship. JTSE. 5(1)
  10. Andi ana Humaerah Amran, "stabilitas Kapal" 2023, PT Mafy Media Literasi Indonesia, Solok, hal. 1
  11. Firdhaus, A. 2023. IMO-Compliant analysis of the large angle stability to chemical taners during the loading and unloading liquid caustic soda. JRM. 14(3): 891-900
  12. Amiadji, A., S. Sunarsih, and A. N. Rizaldi. 2019. Development of marine loading and unloading system for ro-ro vessel. IJEMJR.4(3)
  13. Kusuma, C. 2023. Stealth Fast Attack Vehicle (SFAV) 18 meters using numerical method as coastal patrol vessel. IJOCE. 7(1)
  14. Pratama, A., A. R. Prabowo, and T. Tuswan. 2023. Fast patrol boat hull design concepts on hydrodynamic performances and survivability evolution. J. Appl. Eng Science
  15. Santoso B, N. Abdurahman, dan Sarwoko. 2016. Analisis teknis stabilitas LCT 200 GT. Jurnal Rekayasa Mesin. 11(1)
  16. Setiawan, D. E., B. Hascaryo, F. Purwangka, V. Rumanti, A. Purbayanto, and B. Wibowo. 2024. Design of Solar Powered Cooling Engine For Fishing Vessel≤ 5 GT. International Journal of Marine Engineering Innovation and Research, 9(2): 225-232
  17. Aborgela, T., A. S. Shehata, M. A. Kotb, and A. Radwan. 2022. Heavy lift semi-submersible ships utilization in offshore wind turbines industry. Energy Reports, 8(1): 834-847
  18. Riadi, A., and A. Kurniawan. 2024. Optimizing pioneer vessel efficiency: empirical insights and mini-container integration in remote maritime transport. Journal of Maritime Research, 21(2): 103-109
  19. Pamikiran, R. D. C., K. W. Masengi, F. E. Kaparang, H. V. Dien and S. B. Pratasik.. 2020. Stability Of redesigned hull line of manado prototype purse seine vessel. International Journal of Scientific & Technology Research. 9(12): 159-163
  20. Wen, P., and A. Fadilah. 2022. The effect of trim on stability and seakeeping of tanker, container, and bulk carrier. in: IOP Conference Ser: Eartch Environ. Sci
  21. Wu, W., Y. B. Yang, and J. Zang. 2018. Study on striking ship with loading impact on the performance of the double hull oil tanker collision. Polish Maritim Research. 25(1): 42-45

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.