skip to main content

Analisa Hambatan Kapal Kontainer 25000 DWT Rute Perairan Surabaya - Kobe

*Rasyid Firmansyah  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Andi Trimulyono  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Samuel Samuel  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan sangat bergantung pada transportasi laut untuk mendukung ekonomi, perdagangan, dan keamanan wilayah perairan. Dalam konteks perdagangan internasional, Jepang menjadi salah satu mitra utama Indonesia sehingga dibutuhkan infrastruktur transportasi laut yang efisien. Kapal kontainer berperan penting dalam pengangkutan barang secara ekonomis dan efisien. Penelitian ini menganalisis hambatan kapal kontainer 25.000 DWT pada rute Surabaya-Kobe menggunakan metode Holtrop dan perangkat lunak Maxsurf. Hambatan total memengaruhi konsumsi bahan bakar dan emisi gas rumah kaca.Pada kecepatan rendah (0–6 knot), perhitungan metode Holtrop dan Maxsurf menunjukkan kesamaan signifikan. Pada kecepatan sedang (6-12 knot),hasil perhitungan metode holtrop menunjukkan hasil hambatan yang lebih besar. Namun, pada kecepatan tinggi (>12 knot), Maxsurf menghasilkan hambatan yang lebih besar hingga 11% dibandingkan metode Holtrop pada kecepatan servis 16,51 knot. Perbedaan ini muncul karena Maxsurf mampu mempertimbangkan interaksi gelombang dan turbulensi secara lebih kompleks.Kecepatan optimal kapal sebesar 10 knot direkomendasikan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Penelitian ini menyarankan agar peneliti selanjutnya mencakup analisis pengaruh variasi beban muatan, kondisi lingkungan seperti arus, angin, dan gelombang, serta penggunaan metode optimasi desain lambung dengan simulasi lebih lanjut guna meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi emisi gas rumah kaca pada berbagai kondisi operasional kapal.

Fulltext View|Download
Keywords: Hambatan Kapal; Hambatan Total; Hambatan Gesek; Hambatan Gelombang
  1. F. Maretreliano, I. P. Mulyatno, dan U. Budiarto, "Perancangan Kapal Tanker 30000 DWT Untuk Rute Pelayaran Surabaya-Singapura," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 12, no. 2, 2024
  2. J. Sitepu, "Dampak Penerapan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJ-EPA) Terhadap Nilai Ekspor Impor Indonesia," Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, vol. 2, no. 3, pp. 19-30, 2019
  3. B. Ali, N. Firdaus, dan N. Nurhadi, "Analisa Hidrodinamika Kapal Container Sarat Rendah," Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, vol. 14, no. 3, pp. 65-70, 2017
  4. M. F. Muvariz et al., "Studi Perhitungan Tahanan Kapal Kontainer 8500 DWT," Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA), vol. 1, no. 1, pp. 14-19, 2019
  5. D. Chrismianto, A. Trimulyono, dan M. N. Hidayat, "Analisa Pengaruh Modifikasi Bentuk Haluan Kapal Terhadap Hambatan Total Dengan Menggunakan CFD," Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, vol. 11, no. 1, pp. 40-48, 2014
  6. G. M. Ahadyanti, Modifikasi Bentuk Lambung Pada Shallow Draft Bulk Carrier Untuk Menurunkan Konsumsi Bahan Bakar. Surabaya, Indonesia: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2014
  7. M. Chaal, Ship Operational Performance Modelling for Voyage Optimization Through Fuel Consumption Minimization. 2018
  8. B. Reynaldo, B. A. Adietya, dan M. Iqbal, "Analisis Pengaruh Variasi Bentuk Lambung Waterline Parabolization Terhadap Hambatan, Arah, dan Kecepatan Aliran (Wake), Serta Olah Gerak Kapal Pada Kapal Kontainer Sunship Eurocoaster," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 6, no. 1, 2018
  9. M. Alfaruqi, A. Trimulyono, dan A. F. Zakki, "Analisa Kapal Container 21300 DWT Untuk Rute Pelayaran Jakarta-Makassar," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 12, no. 3, 2024
  10. S. R. Nainggolan, B. A. Adietya, and U. Budiarto, "Perancangan kapal kontainer 120 TEU rute pelayaran Tanjung Mas–Tanjung Pinang," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 5, no. 4, 2017
  11. S. Suardi, R. J. Ikhwani, dan H. D. Salma, "Desain Kapal Penangkap Ikan Multipurpose 70 GT," Inovtek Polbeng, vol. 8, no. 2, pp. 175, 2018
  12. A. P. Sidabalok, D. Chrismianto, M. Iqbal, dan L. Belakang, "Analisa Perbandingan Ulstein X-Bow Dengan Bulbous Bow Konvensional Terhadap Nilai Hambatan Total Dan Konsumsi Energi," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 4, no. 1, pp. 141-151, 2016
  13. A. F. Molland, S. R. Turnock, dan D. A. Hudson, Ship Resistance and Propulsion. 2nd ed. 2017
  14. R. Rachman dan E. Pranatal, "Analisis Perbandingan Metode Simulasi Software Maxsurf Dengan Metode Matematis Untuk Perhitungan Hambatan dan Daya Mesin Utama Kapal Tanker 6500 DWT," dalam Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN), vol. 2, no. 1, 2020
  15. E. V. Lewis, Ed., Principles of Naval Architecture Vol. II: Resistance, Propulsion, and Vibration. 2nd rev. The Society of Naval Architects and Marine Engineers, 1988
  16. W. Djafar, Pengantar Kapal Nonkonvensional, ISBN: 978-623-89432-6-5. Book-Professorline, 2024

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.