skip to main content

Analisa Hambatan Kapal Kontainer 14500 DWT Rute Pelayaran Surabaya-Makassar

*Muhammad Ziyad Nuwaf  -  Departmen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departmen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Bongkar muat barang dalam negeri pada tahun 2022 mencapai 392,93 juta ton dan 398,57 juta ton. Sementara itu bongkar muat barang di pelayaran luar negeri mencapai 115,77 juta ton dan 391,07 juta ton. Di dalam negeri sendiri khususnya sulawesi selatan, yang merupakan provinsi dengan pendapatan rata-rata usaha perdagangan tertinggi yang berkisar 36,07 milliar per tahun, dimana 42,71 % dari perdagangan di provinsi sulawesi selatan merupakan perdagangan antar provinsi. Hal tersebut membutuhkan adanya moda transportasi untuk mengangkut barang khususnya pada jalur laut atau jalur pelayaran. Kapal kontainer merupakan salah satu pilihan moda transportasi distribusi barang melalui jalur laut. Pada perencanaan desain dari kapal kontainer, salah satu analisa yang dibutuhkan dalam tahap desain adalah analisa hambatan. Analisa hambatan akan berdampak pada pemilihan main engine yang dibutuhkan kapal. Pada penelitian ini didapatkan kapal dengan ukuran utama LOA 155,61 m, LWL 150,00 m, LPP 145,63 m, lebar 23,33 m, tinggi 12,46 m, sarat air 8,39 m, CB 0,77, DWT 14500, dan kecepatan 12,5 knot. Hasil dari analisa hambatan kapal kontainer tersebut memiliki total resistance 261,1 kN serta daya yang dibutuhkan sebesar 2252,997 hp. Pada penelitian ini tidak membahas olah gerak kapal, serta analisa stabilitas kapal.

Fulltext View|Download
Keywords: Perancangan Kapal; Container Ship; Hambatan
  1. Badan Pusat Statistik. Statistik Transportasi Laut 2022
  2. B. Septiawan, G. Amaria Sabila, and Y. P. Sutanto, “Analisis Potensi Ekspor Indonesia Terhadap Negara Asean Dengan Pemanfaatan Perjanjian Masyarakat Ekonomi Asean (Mea),” vol. 15, 2023, doi: 10.35457/xxx
  3. C. Crutchley. Shipping Routes That Define Global Trade And How Big Data Optimizes Them. cbiplogistics.com
  4. E. Djunarsjah, D. Wisayantono, and A. P. Parlindungan, “Kajian Standar Penilaian Kelayakan Pelabuhan Makassar Dalam Mendukung Konsep Tol Laut,” 2018
  5. J. Hasil, K. Ilmiah, M. Alfaruqi, A. Trimulyono, and A. F. Zakki, “Perancangan Kapal Container 21300 Dwt Untuk Rute Pelayaran Jakarta-Makassar,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. XX, 2024, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval
  6. J. Hasil et al., “Optimasi Bentuk Buritan Kapal Perintis 750 DWT Menggunakan Response Surface Methode (RSM) untuk Mengurangi Hambatan,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 9, no. 1, 2021, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval
  7. F. P. R. Ricinsi, T. B. Musriyadi, and A. Baidowi, “Analisa Hambatan dan Efek Diving pada Kapal Monohull Pelat Datar dan Kapal Konvensional (Streamline),” Jurnal Teknik ITS, vol. 9, no. 2, Feb. 2021, doi: 10.12962/j23373539.v9i2.53616
  8. E. Sugianto and A. Winarno, “Computational Model Tahanan Kapal Untuk Menentukan Kebutuhan Daya Kapal Bulk Carrier 8664 Dwt,” Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology, vol. 10, no. 2, p. 168, Feb. 2018, doi: 10.21107/jk.v10i2.3411
  9. R. Rachman, E. Pranatal, dan S. Pramudya Imawan, and T. Perkapalan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya Jl Arief Rachman Hakim, “Analisis Perbandingan Metode Simulasi Software Maxsurf Dengan Metode Matematis Untuk Perhitungan Hambatan Dan Daya Mesin Utama Kapal Tanker 6500 Dwt.”
  10. A. Wibawa and I. P. Mulyanto, Buku Ajar Pengantar Ilmu Perkapalan, 1st ed., vol. 1. Semarang: UPT Undip Press Semarang, 2012
  11. E. V. . Lewis, Principles of naval architecture. Vol 1 ; Stability and strength ... Vol 3 ; Motions in waves and controllability. Society of Naval Architects and Marine Engineers, 1989
  12. V. Dubrovsky, “Multi-hull ships: examples, types, dimension correlations, general arrangement, hydrostatic.” 2019. doi: 10.13140/RG.2.2.34548.40323
  13. J. Hasil, K. Ilmiah, S. Pramudyo Kusumo, B. Arswendo, A. Wibawa, and B. Sentosa, “JURNAL TEKNIK PERKAPALAN Studi Perancangan Kapal Kargo 14.715 Dwt Rute Pelayaran Tanjung Perak-Batu Ampar,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 5, no. 2, p. 488, 2017, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/naval
  14. ccitonlinewiki contributors, “Lines Plan Pada Desain Kapal,” ccitonlinewiki
  15. D. A. . Hudson, A. F. . Molland, and S. R. . Turnock, Ship Resistance and Propulsion : Practical Estimation of Propulsive Power. Cambridge University Press, 2011
  16. “ITTC-Recommended Procedures Testing and Extrapolation Methods Resistance Resistance Test,” 2002
  17. B. Ramazini and S. Joko Sisworo, “Studi Perancangan Dan Ekonomis Kapal Motor Cepat Sebagai Penunjang Profitabilitas Penyeberangan Semarang-Karimunjawa.”
  18. F. A. Kurinawan and E. Pranatal, “Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan IV (SENASTITAN IV) Surabaya,” 2024
  19. “Holtrop and Mennen’s Method,” in Fundamentals of Ship Hydrodynamics, Wiley, 2019, pp. 611–627. doi: 10.1002/9781119191575.ch50
  20. D. Chrismianto, A. Trimulyono, and M. N. Hidayat, “Analisa Pengaruh Modifikasi Bentuk Haluan Kapal Terhadap Hambatan Total Dengan Menggunakan CFD,” 2014
  21. “Marine engineering.,” p. 11 v., 1897, [Online]. Available: https://catalog.hathitrust.org/Record/008896970
  22. “MaK MARINE PROPULSION ENGINE RATINGS”, doi: 10.1

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.