skip to main content

ANALISA EVAKUASI PENUMPANG DENGAN METODE PENDEKATAN SIMULASI BERDASARKAN ATURAN IMO MSC.1/CIRC.1533 PADA KAPAL PENYEBRANGAN PENUMPANG 5000 GT

*Joshua Farrand  -  Departemen Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  , Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Menurut data KNKT jumlah kecelakaaan kapal penumpang sejak tahun 2019 sampai 2021 berjumlah 55 kasus kecelakaan. Kasus kecelakaan tersebut mengakibatkan 199 orang meninggal dunia dan 70 orang mengalami luka luka. Maka diperlukan evaluasi penanganan evakuasi penumpang dan awak kapal. Penelitian kali ini membahas waktu evakuasi pada kondisi kebakaran di geladak kendaraan serta dampak yang ditimbulkan. Penelitian ini dilakukan pada kapal KM. Dharma Kencana I dengan menggunakan metode simulasi kebakaran. Dari hasil simulasi memberikan dampak dari kebakaran yaitu menimbulkan gas beracun, jarak pandang yang minim, dan nilai laju pelepasan panas pada kisaran 1000 kW. Penelitian ini menghasilkan waktu evakuasi kasus 1; 22,90 menit, untuk kasus 2; 22,68 menit, kasus 3; 23,97 menit dan kasus 4; 23,43 menit dengan eror pada setiap kasusnya kurang dari 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan waktu evakuasi di setiap kasusnya kurang dari 60 menit sesuai dengan standard performance IMO MSC. 1/Circ. 1533.

Fulltext View|Download
Keywords: Evakuasi Kebakaran, Simulasi Kebakaran, Standar IMO MSC.1/Circ.1533, Kapal Penumpang
  1. Komisi Nasional Keselamatan Transportasi, "Laporan Final-Pelayaran," Jakarta, 2021
  2. Komite Nasional Keselamatan Transportasi Republik Indonesia, "Laporan Investigasi Kecelakaan Pelayaran Terbakarnya KM. Fungka Permata V," Komite Nasional Keselamatan (KNKT), Jakarta, 2018
  3. T. Pitana, B. K. Artana, D. Prasetyawati and N. Siswantor, "Observation Study the Walking Speed and Distribution of Ship's Passenger as Basis for Passenger Evacuation Simulation," Applied Mechanics and Materuals, vol. 862, pp. 232-237, 2017
  4. K. Priohutomo and B. R. Yuwana, "Analisa Waktu Evakuasi Dengan Metode Advance," KAPAL, vol. 14, no. Ilmu Pengetahuan & Teknologi Kelautan, pp. 48-52, 2017
  5. T. A. Pradita, M. L. Ashari and L. Handoko, "Analisis Waktu Evakuasi berdasarkan Simulasi Tanggap Darurat, Perhitungan SFPE, dan Simukasi Software Pathfinder," Seminar K3, vol. V, 2021
  6. Rudianto, "Pemodelan Evakuasi Penumpang saat keadaan darurat pada Studi Kasus Kapal Penyeberngan Indonesia," Seminar Sains dan Teknologi Kelautan, pp. 86-92, 2019
  7. A. D. Saputra, "Studi Kecelakaan Kapal di Indonesia dari Tahun 2003-2019 berdasarkan Data Investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi," Warta Penelitian Perhubungan, vol. 2,
  8. pp. 87-94, 2021
  9. R. Tuomo, J. Hietaniemi and S. Hstikka, "Experimental Validation of the FDS Simulations of Smoke and Toxic Gas Concetrations," VTT Working Paper, vol. 66, pp. 3-35, 2007
  10. B. H. Adiwibowo, M. A. Santoso, F. A. Nugroho and Y. S. Nugroho, "Simulasi Numerik Rekonstruksi Kebakaran di Kapal," Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XIV (SNTTM XIV), 7-8 Oktober 2015
  11. M. B. Zaman, "Evacuation Analysis of 1200 GT Passenger Ship in Case of Fire using Agent-Based Modeling
  12. Approach," Int. J. of Marine Engineering Innovation and Research,
  13. vol. 1, pp. 9-11, 2016
  14. T. Yamada and Y. Akizuki, "Visibility and Human Behavior in Fire Smoke," in SFPE Handbook of Fire Protection Engineering, Greenbelt, Springer Science, 2016, pp. 2196-2197
  15. J. Bata, "Silmulasi Agent Based Modelling (ABM) Menggunakan NetLogo," in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2012 (SENTIKA 2012), Kupang, 2012
  16. Thunderhead Engineering, "Introduction," in Pyrosim User Manual, Thunderhead Engineering, 2019, p. 1
  17. International Maritime Organization (IMO), "Guidlines For Evacuation Analysis For New Existing Passenger Ships," London, 2007
  18. DNV-GL, "Fires On Ro-ro Decks," pp. 1-14, 2016
  19. International Maritime Organization (IMO), "Arrangement of Means of Escape," in FSS Code International for Fire Safety Systems Resolution MSC.98(73), London, International Maritime Organization, 2007, pp. 30-32
  20. C. Hopkin, M. Spearpoint and D. Hopkin, "A Review of Design Values Adopted for Heat Release Rate Per Unit Area," Fire Technology, vol. 55, pp. 1599-1618, 2019
  21. A. Witkowski, A. A. Stec and T. R. Hull, "Thermal Decomposition of Polymeric Materials," in SFPE Handbook of Fire Protection Engineering Fifth Edition, Greenbelt, Springer Science, 2002, p. 224
  22. M. J. Hurley, SFPE Handbook of Fire Engineering, Greenbelt: Springer Science, 2016
  23. A. H. Rasyid, R. Rianti and M. L. Ashari, "Perancangan Emergency Respon Plan dan Simulasi dengan Piranti Lunak Pathfinder pada KMP Ro-ro," in Safety Engineering and Its Application, Surabaya

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.