slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisis Optimalisasi Jadwal dengan menggunakan Critical Path Method (CPM) pada Proyek Pembangunan Kapal Tugboat 156,67 DWT | Diswantoro | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisis Optimalisasi Jadwal dengan menggunakan Critical Path Method (CPM) pada Proyek Pembangunan Kapal Tugboat 156,67 DWT

Galuh Pramudita Diswantoro  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
*Galuh Pramudita Diswantoro  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Optimalisasi jadwal sangat diperlukan untuk mencegah keterlambatan. Keterlambatan dapat mengakibatkan denda pada galangan. Pada proyek pembangunan kapal tugboat 156,67 DWT dengan time schedule di salah satu galangan di Banten mengalami keterlambatan pengerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk penjadwalan ulang proyek pembangunan kapal dengan alternatif penambahan waktu kerja dan tenaga kerja dengan menggunakan metode jalur kritis (CPM). Metode ini digunakan untuk memperoleh penjadwalan proyek yang lebih optimal dengan mempercepat penyelesaian waktu dari durasi normal. Analisis dilakukan untuk mengetahui produktivitas, diagram jaringan, jalur kritis, durasi crash dari penambahan waktu kerja (lembur) dan penambahan tenaga kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan, diagram jaringan menghasilkan 23 pekerjaan pada lintasan kritis dengan alternatif paling efektif untuk percepatan proyek pembangunan kapal tugboat yaitu, penambahan waktu kerja (lembur) selama 4 jam dan persentase penambahan tenaga kerja 30% yang mengakibatkan penambahan tenaga kerja sebanyak 115 pekerja atau 23 % lebih banyak dari tenaga kerja awal. Alternatif kedua ini menghasilkan durasi dibawah durasi normal, yaitu 387 hari dari durasi awal 434 hari atau 11% lebih singkat dari durasi normal dengan produktivitas optimal sebesar 136,6 kg/hari . Peralatan dan fasilitas galangan sudah memadai untuk mendukung percepatan proyek setelah penambahan tenaga kerja .

Fulltext View|Download
Keywords: Critical Path Method, Crash Duration, Time Schedule
  1. B. Maruf, Standarisasi Tipe dan Ukuran Kapal untuk Daya Saing Berkesinambungan bagi Industri Kapal Nasional. 2014
  2. M. T. Abrar Husen, “Manajemen Proyek Edisi Revisi,” Yogyakarta, CV. Andi Offset, 2009
  3. Sugiyanto, Manajemen Proyek Rantai Kritis. 2021
  4. Zakia and D. Febrianti, “The Critical Path Method in Construction Project Rescheduling,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 832, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1755-1315/832/1/012009
  5. S. Razdan, M. Pirgal, A. Hanchate, N. R. Rajhans, and V. Sardar, “Application of Critical Path Method for Project Scheduling – A Case Study Application of Critical Path Method for Project Scheduling – A Case Study changing trends in Project Scheduling .,” Int. Conf. Manuf. Excell., no. March, 2017
  6. Andiyan, R. M. Putra, G. D. Rembulan, and H. Tannady, “Construction Project Evaluation Using CPM-Crashing, CPM-PERT and CCPM for Minimize Project Delays,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1933, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1933/1/012096
  7. M. F. Fakhrija, I. P. Mulyatno, and A. F. Zakki, “Studi Penjadwalan Ulang Pekerjaan Reparasi Pada Kapal MT. Asumi XXVI Dengan Network Planning Dan Critical Path Method,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 3, pp. 435–442, 2020
  8. Antonius Fran Setiawan, “Ebook MS. Project,” pp. 1–85, 2008
  9. I. Soeharto, “Manajemen Proyek jilid I dan II Erlangga.” Jakarta, 1999
  10. T. H. Ali, Prinsip-prinsip Network Planning. Gramedia Pustaka Utama, 1992
  11. A. Husen, “lr. Abrar Husen, MT,” vol. edisi rev, p. 253, 2011
  12. D. Fardila and N. R. Adawyah, “Optimasi Biaya dan Waktu Proyek Konstruksi dengan Lembur dan Penambahan Tenaga Kerja,” INERSIA lNformasi dan Ekspose Has. Ris. Tek. SIpil dan Arsit., vol. 17, no. 1, pp. 35–46, 2021, doi: 10.21831/inersia.v17i1.39499
  13. A. Fika Giri, W. Hartono, and Sugiyarto, “Analisis Percepatan Proyek Menggunakan Metode Crashing Dengan Penambahan Tenaga Kerja Dan Shift Kerja (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Hotel Grand Keisha, Yogyakarta),” e-Jurnal MATRIKS Tek. SIPIL, vol. 5, no. 2, pp. 605–614, 2017
  14. Alimsanre’s, “Fasilitas Galangan,” 2010
  15. A. C. Armela, W. Amiruddin, and E. S. Hadi, “Implementasi Project Evaluation and Review Technique (PERT) pada Penjadwalan Reparasi Kapal KMP Royal Nusantara,” J. Tek. Perkapalan, vol. 10, no. 2, p. 68, 2022, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval
  16. M. Kholil, B. Nurul Alfa, and M. Hariadi, “Scheduling of House Development Projects with CPM and PERT Method for Time Efficiency (Case Study: House Type 36),” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 140, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1755-1315/140/1/012010

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.