BibTex Citation Data :
@article{JTP36165, author = {Paradatu Riyanto and Parlindungan Manik S.T., M.T. and Dr. Wilma Amiruddin S.T., M.T.}, title = {Analisa Kekedapan Sambungan Papan Laminasi Komposit Berpenguat Serat Bambu Apus Dengan Matrik Resin Epoxy}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {10}, number = {4}, year = {2022}, keywords = {Komposit, laminasi bambu, uji kekedapan.}, abstract = {Material yang digunakan sebagai material kulit lambung kapal mensyaratkan adanya kekedapan. Material papan laminasi komposit berpenguat serat bambu apus dengan matrix resin epoxy adalah material alternative yang digunakan sebagai kulit lambung kapal yang dimaksud. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji kekedapan pada sambungannya papan laminasi bambu tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Air Pressure Test dengan variasi sambungan tegak ( butt joint ) dan sambungan miring ( scarf joint ), dimana pengujian ini dilakukan dengan kekedapan sambungan pada udara bertekanan tinggi, yaitu berkisar 0.2 psi. Hasil dari penelitian ini pada papan laminasi sambungan tegak 0.785 MPa jika dijadikan PSI mendapat nilai sebesar 113.9 lbf/in2, 0.767 MPa jika dijadikan PSI mendapat nilai sebesar 111.2 lbf/in2 dan 0.781 MPa jika dijadikan PSI mendapat nilai sebesar 113.8 lbf/in2, sedangkan pada papan laminasi sambungan miring 0.652 MPa jika dijadikan PSI mendapat nilai sebesar 94.6 lbf/in2, 0.637 MPa jika dijadikan PSI mendapat nilai sebesar 92.4 lbf/in2 dan 0.648 MPa jika dijadikan PSI mendapat nilai sebesar 93.9 lbf/in2. Hasil tersebut menunjukkan bahwa variasi sambungan tegak ( butt joint ) lebih kedap daripada sambungan miring ( scarf joint )}, pages = {31--40} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/36165} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License