slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisa Respon Struktur Kapal Oil Tanker 6500 DWT Akibat Beban Tekuk, Geser dan Puntir | Pradana | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisa Respon Struktur Kapal Oil Tanker 6500 DWT Akibat Beban Tekuk, Geser dan Puntir

*Argyantara Gigih Pradana  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyanto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Firdaus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kapal tanker adalah jenis kapal yang telah didesain agar mampu mengangkut berbagai jenis minyak, cairan kimia hingga jenis likuid lainnya, namun seringkali kapal tanker cenderung banyak mengalami kecelakaan baik yang disebabkan oleh manusia atau teknologi. Hal ini dapat diantisipasi salah satunya dengan perhitungan dan kalkulasi kekuatan kapal yang baik akan meningkatkan performa dari struktur kapal itu sendiri. Penelitian melakukan perhitungan analisis kekuatan kapal oil tanker 6500 DWT dengan dikenai beban tekuk, geser dan puntir yang bertujuan untuk mengetahui perilaku struktur kapal secara keseluruhan saat dikenai beban tersebut. Metode yang digunakan yaitu metode elemen hingga dengan bantuan software dan sesuai aturan regulasi Biro Klasifikasi Indonesia. Dimulai dengan melakukan visualisasi struktur deck kapal menjadi 3 dimensi, melakukan beberapa perhitungan terhadap deck kemudian diberi kondisi batas, beban dan meshing kemudian dianalisa. Penelitian ini dibantu oleh software design berbasis NURB dan software analisa berbasis Finite Element Analysis.  Didapatkan hasil nilai respon tertinggi yaitu akibat beban tekuk vertikal dengan nilai 171,2 MPa dan nilai defleksi terbesar juga dialami kapal terjadi akibat beban tekuk vertical dengan nilai 1,79 cm. Hasil Analisa respon struktur kapal oil  tanker  6500 DWT akibat beban tekuk, geser, dan puntir memenuhi kriteria regulasi Biro Klasifikasi Indonesia.

Fulltext View|Download
Keywords: Oil Tanker; Beban Tekuk; Geser; Puntir Respon Struktur
  1. S. Hasugian, I. S. Wahyuni, and M. Rahmawati, “Pemetaan Karakteristik Kecelakaan Kapal di Perairan Indonesia Berdasarkan Investigasi KNKT,” War. Penelit. Perhub., vol. 20, no. 2, pp. 229–240, 2017
  2. Lawal Bello Dogarawa, “Marine Accident in Northern Nigeria: Causes, Prevention and Management,” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, pp. Vol. 2, No. 11, 2012
  3. J. Vasta, “Lessons learned from full scale structural tests,” Transactions of SNAME, vol. 66, p. 165, 2010
  4. D. Hong and O. Kim, “Analysis of structural damage of a large ore/coal carrier,” in Ship Technology and Research Symposium (STAR), 12th, 1987
  5. J. K. Paik, A. K. Thayamballi, P. T. Pedersen, and Y. I. Park, “Ultimate strength of ship hulls under torsion,” Ocean Engineering, vol. 28, no. 8, pp. 1097–1133, 2001
  6. A. Ostapenko and A. Vaucher, “Ultimate strength of ship hull girders under moment, shear and torque,” tech. rep., Lehigh University, Fritz Laboratory Reports, 2003
  7. K. Havid, A.F. Zakki, G. Rindo, “Analisa Perbandingan Respon Struktur Full Modelling dengan Parallel Middle Body (PMB) Pada Kapal Ro-Ro Passenger 99 m dan Oil Tanker 149 m di Perairan Indonesia dan Atlantik Utara” J. Tek. PERKAPALAN - Vol. 7, no. 1, 2018
  8. D. S. Cioarec, E. Burlacu , L. Domnişoru,“Comparative Study Of Full Length And Two Cargo Holds 3d Models For Strength Analysis Of A Tanker Ship StructurE”, University of Galati, ISSN 1221-4620,2017
  9. J. F. Sebastião, S. Olivera, and Carvalho, " Structural analysis of open deck ship hulls subjected to bending, shear and torsional loadings" Naval Architecture and Marine Engineering, Instituto Superior Técnico, 2015
  10. R.M. Luís, A.P. Teixeira, C. Guedes Soares, “Longitudinal Strength Reliability of A Tanker Hull Accidentally Grounded” Centre for Marine Technology and Engineering (CENTEC) Technical University of Lisbon, Instituto Superior Técnico, Lisboa, Portugal. 2009
  11. A. F. Zakki, Metode Elemen Hingga. Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, 2014
  12. J. S. Dokken, S. W. Funke, A. Johansson, and S. Schmidt, “Shape optimization using the finite element method on multiple meshes with nitsche coupling,” SIAM J. Sci. Comput., vol. 41, no. 3, pp. A1923–A1948, 2019, doi: 10.1137/18M1189208
  13. G. Yu, B. Yu, S. Sun, and W. Q. Tao, “Comparative study on triangular and quadrilateral meshes by a finite-volume method with a central difference scheme,” Numer. Heat Transf. Part B Fundam., vol. 62, no. 4, pp. 243–263, 2012, doi: 10.1080/10407790.2012.709416
  14. B. K. Indonesia, Rules for Hull (Pt.1,Vol.II) 2019 ed., vol. II. 2019
  15. E. J. Sapountzakis and V. G. Mokos, “Warping shear stresses in nonuniform torsion by bem,” Com putational Mechanics, vol. 30, no. 2, pp. 131–142, 2003
  16. V. G. Mokos and E. J. Sapountzakis, “Secondary torsional moment deformation effect by bem,”International Journal of Mechanical Sciences, vol. 53, no. 10, pp. 897–909, 2011

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.