skip to main content

Analisis Float Time menggunakan Ranked Positional Weight Method pada Penjadwalan Proyek Reparasi Kapal SPOB Khaira di Galangan Kapal Tegal

*Eka Mellyana Nur Anggraini  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Eko Sasmito Hadi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Dalam pelaksanaan pekerjaan galangan seringkali terdapat kendala yang menyebabkan penyelesaian proyek tertunda, sehingga diperlukan alternatif untuk meminimalisir adanya keterlambatan proyek. Tujuan penelitian ini mendapatkan percepatan durasi dan biaya optimal dengan opsi alternatif penambahan jam kerja lembur dan penambahan tenaga kerja. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk merencanakan penjadwalan adalah Ranked Positional Weight Method (RPWM). RPWM digunakan untuk mendapatkan nilai line balancing proyek reparasi kapal SPOB Khaira dengan memperhitungkan besarnya nilai total float untuk menentukan pekerjaan kritis. Hasil perhitungan pada 13 aktivitas pekerjaan jalur kritis (total float bernilai 0) dengan RPWM menghasilkan nilai efisiensi lintasan 100%. Hasil analisa dengan alternatif penambahan jam kerja lembur selama 4 jam mengalami percepatan durasi 10,00% atau 3 hari lebih cepat dari total durasi normal 30 hari menjadi 27 hari dengan penambahan biaya 43,80% yaitu sebesar Rp. 6.360.000,00, sedangkan dengan alternatif penambahan tenaga kerja mengalami percepatan durasi 26,67% atau 8 hari lebih cepat dan penambahan biaya 11,59% yaitu sebesar Rp. 1.070.000,00 sehingga dapat disimpulkan penjadwalan dengan alternatif penambahan tenaga kerja lebih efektif dan optimal dibandingkan penambahan jam kerja kerja lembur.
Fulltext View|Download
Keywords: Penjadwalan Proyek; Reparasi Kapal; Percepatan Durasi; Ranked Positional Weight Method
  1. M. H. Abrar, Manajemen Proyek Perencanaan, Penjadwalan dan Pengendalian Proyek, Yogyakarta: ANDI, 2009
  2. I. Soeharto, Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional) Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 1999
  3. I. G. N. O. Suputra, “Penjadwalan Proyek Dengan Precedence Diagram Method (PDM) Dan Ranked Position Weight Method (RPWM)”, J. Ilm. Tek. Sipil, vol. 15, no. 1, pp. 18–28, 2011
  4. Y. T. Andhani, I. P. Mulyatno, and A. W. Budi santosa, "Reschedule Reparasi Kapal KN.KUMBA 470 DWT Dengan Critical Path Method Di Galangan Semarang," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 8, no. 3, pp. 231-238, Apr. 2020
  5. A. Muharani, I. P. Mulyatno, and S. J. Sisworo, “Optimasi Percepatan Proyek Pembangunan Kapal Kelas I Kenavigasian dengan Metode Pendekatan Analisa Time Cost Trade Off”, Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 8, no. 3, pp. 330–338, Juli 2020
  6. E. Kays, A. Karim, L. Varela, G. Putnik, and P. Ávila, “Ranked sequence positional weight heuristic for simultaneous balancing and scheduling jobs in a distributed manufacturing environment”, Procedia CIRP, vol. 67, pp. 3–7, 2018. DOI: 10.1016/j.procir.2017.12.166
  7. A. F. Setiawan, “Smart Project Plan With Microsoft Office Project 2007”, Jakarta: PC Media, 2008
  8. T. H. Ali, Prinsip-Prinsip Network Planning, Jakarta: Gramedia, 1989
  9. T. Baroto, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002
  10. F. P. U. Sadewo, W. Amiruddin, and K. Kiryanto, “Optimasi Percepatan Pada Proyek Reparasi KM Fajar Bahari V Dengan Menggunakan Metode Time Cost Trade Off”, Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 10, no. 2, pp. 77-84, Juni 2022
  11. I. Dipohusodo, Manajemen Proyek & Konstruksi “Crashing And Time Cost Trade Off Analysis 2005”, Yogyakarta: Kanisius, 1996
  12. F. Fachrurrazi and S. Husin, “Practical crash duration estimation for project schedule activities”, J. King Saud Univ. - Eng. Sci., vol. 33, no. 1, pp. 1–14, 2021. DOI: 10.1016/j.jksues.2019.09.005
  13. M. R. M. Istiqomah, I. P. Mulyatno, S. J. Sisworo, E. S. Hadi, K. Kiryanto, and O. Mursid, “Penjadwalan Ulang Kapal Reparasi TB. Patra Tunda 3001 dengan Jalur Kritis,” J. Tek. Perikanan dan Kelautan, vol. 12, no. 2, pp. 161-174, 2021
  14. S. A. K. Prabani, I. P. Mulyatno, and D. Chrismianto, “Analisa Crashing Project Menggunakan Metode Time Cost Trade Off Pada Pembangunan Mooring Boat Milik PT. Pertamina Trans Kontinental Akibat Modifikasi Desain Bottom Keel”, Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 9, no. 3, Juli 2021

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.