skip to main content

Analisis Pengaruh Sudut Strut Pada Lambung SWATH Dengan Sistem Reconfigurable Wings Menggunakan Metode CFD

*Gomgom Suryadi Sianturi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Inovasi pada lambung kapal sudah mengalami banyak perkembangan salah satunya adalah Small Waterplane Area Twin Hull (SWATH). Adanya inovasi pada bentuk lambung kapal mempunyai tujuan untuk memaksimalkan kinerja kapal dan mengurangi nilai hambatan menjadi hal yang sering dipertimbangkan. Teknologi Reconfigurable Wings merupakan inovasi untuk membuat strut pada kapal SWATH agar dapat diatur sedemikian rupa. Pada kapal yang menggunakan inovasi ini terdapat 2 mode kapal yaitu high speed untuk kecepatan tinggi dan low speed untuk kecepatan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat ragam variasi sudut strut baik pada kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi, dan kemudian mencari nilai hambatan yang optimal dari sudut yang sudah divariasikan. Penelitian ini menggunakan metode CFD (Computational Fluid Dynamics) berbasis kondisi batas untuk mempredisksi nilai hambatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kecepatan rendah sudut 30° merupakan sudut dengan nilai hambatan terkecil diantara sudut lainnya dengan persentase nilai hambatan lebih rendah 22,77%-25,78% pada kecepatan 6 knot dan 12,94%-14,16% pada kecepatan 8 knot. Dan pada kecepatan tinggi sudut 73° menjadi sudut paling optimal diantara 2 nilai sudut lainnya dengan persentase nilai hambatan lebih rendah 9,56%-31,18% pada kecepatan 20 knot, 23,85%-36,73% pada kecepatan 25 knot dan 24,29%-31,56% pada kecepatan 30 knot.

Fulltext View|Download
Keywords: SWATH, Hambatan, Reconfigurable Wings, Computational Fluid Dynamics
  1. A. Bahatmaka, E. H. Sasmito, and I. P. Mulyatno, “Studi Perancangan Lambung Small Waterplane Area Twin Hull (SWATH) Kapal Protector Dengan Sistem Unmanned Surface Vehicle (USV)Untuk Perairan Amabalat,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 2, no. 1, 2014
  2. T. Lamb and Society of Naval Architects and Marine Engineers (U.S.), Ship design and construction, 4th ed., vol. 1. New Jersey: Society of Naval Architects and Marine Engineers, 2003
  3. S. Kos, D. Brčić, and F. Vlado, Comparative analysis of conventional and SWATH passenger catamaran. 2009
  4. A. P. Sidabalok, D. Chrismianto, and M. Iqbal, “Analisa Perbandingan Ulstein X-Bow Dengan Bulbuos Bow Konvensional Terhadap Nilai Hambatan Total Dan Seakeeping Kapal Menggunakan Metode CFD,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 4, no. 1, Jan. 2016
  5. A. F. Molland, S. R. Turnock, and D. A. Hudson, Ship Resistance and Propulsion : Practical Estimation of Ship Propulsive Power., 2nd ed. Cambridge: Cambridge University Press, 2017
  6. “Sarc Maritime Software And Services,” 2019. https://www.sarc.nl/images/manuals/pias/htmlEN/resist.html (accessed Aug. 16, 2021)
  7. S. Anggara and I. K. A. P. Utama, “Analisa CFD Pengaruh Penambahan Appendage pada Lambung Katamaran terhadap Hambatan Viskos,” J. Tek. ITS, vol. 1, 2012, doi: 10.12962/j23373539.v1i1.328
  8. A. Sukaroni, “Analisis Bentuk Gelombang Pada Model Kapal Selam Dengan Perubahan Kecepatan Dan Sarat Kapal,”.Skripsi. Depok:Universitas Indonesia, 2012
  9. H. Sid’qon, “Shallow Draft Untuk Meningkatkan Performance Kapal Study For The Stern Hull In Shallow Draft Vessel To Increase Ship,”.Skripsi Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2015
  10. https://www.insvivia.com/swath,” Insvivia Technologies AS, 2016
  11. A. Łebkowski and W. Koznowski, “Analysis of the Use of Electric and Hybrid Drives on SWATH Ships,” Energies (Basel), vol. 13, no. 24, p. 6486, Dec. 2020, doi: 10.3390/en13246486
  12. L. Yun, A. Bliault, and H. Z. Rong, High Performance Marine Vessels, 1st ed., vol. 2. Boston: Springer New York, 2012. doi: 10.1007/978-1-4939-7891-5_9
  13. Juliet, “Juliet Marine Systems.” [Online]. Available: http://www.julietmarine.com/news.htm
  14. H. K. Versteeg and W. Malalasekera, An Introduction to Computational Fluid Dynamics: The Finite Element Method, 2nd ed. Harlow: Pearson Education. Ltd, 2007
  15. M. A. Alamsyah, “Analisis Computational Fluid Dynamic Terhadap Hambatan Crew Boat Dengan Penambahan Integrated Wedges-Flap,” Surabaya, 2017
  16. E. Salzano, G. Spadoni, and V. Cozzani, Detailed Studies of Domino Scenarios. Amsterdam: Nazione editore, 2013
  17. K. Aria and P. Utama, “CFD Analysis of the Viscous Resistance of a Staggered Demihulls Catamaran,”.Skripsi. Surabaya:Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2014
  18. B. E. Launder and D. B. Spalding, “The numerical computation of turbulent flows,” Computer Methods in Applied Mechanics and Engineering, vol. 3, no. 2, pp. 269–289, 1974, doi: https://doi.org/10.1016/0045-7825(74)90029-2

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.