BibTex Citation Data :
@article{JTP33127, author = {Joevero Suvica and Ahmad Zakki and Samuel Samuel}, title = {Analisis Tubrukan Pada Haluan Kapal SPOB ADELINE 1459GT Dengan Oil Tanker MT Kuang 5263GT Menggunakan Elemen Hingga}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {10}, number = {3}, year = {2022}, keywords = {Crushing force;Von misses;Abaqus 6.14}, abstract = { Tubrukan merupakan pertemuan antara dua benda dalam sesuatu peristiwa,dimana dalam tubrukan kapal dapat menimbulkan terbentuknya deformasi sampai robeknya lambung kapal. Penelitian tubrukan haluan kapal SPOB ADELINE 01 1459 GT dengan lambung kapal MT. KUANG 5263 GT menggunakan metode elemen hingga dengan software Abaqus 6.14. Penelitian ini menggunakan 2 variasi sudut dan 3 variasi kecepatan. Ketebalan pelat yang digunakan yaitu 10 mm, dengan variasi kecepatan 3 knot, 4 knot dan 6 knot sedangkan variasi sudut 30° dan 90°. Besar energi kinetik yang dihasilkan dalam masing-masing kecepatan dengan variasi sudut 30° secara berturut - turut 2.3346x106 𝐽, 4.0565x106 𝐽 ,dan 9.0187x106 𝐽 sedangkan untuk variasi sudut 90° secara berturut – turut 2.3469x106 𝐽, 4.1174x106 𝐽 dan 9.0680x106 𝐽 . Analisa unutuk nilai von misses maksimum pada kecepatan 3 knot adalah 3.90E+08, dan 3.94E+08 pada kecepatan 4 knot 4.04E+08 dan 4.05E+08 dan pada kecepatan 6 knot 4.21E+08, dan 4.37E+08. Hasil analisa menunjukkan kerusakan pada badan kapal akan bertambah dengan bertambahnya kecepatan dan arah sudut 90° menjadi sudut termaksimal. Sehingga dengan ditambahkannya kecepatan dan keadaan tubrukan kearah sudut 90° akan memberikan kerusakan dan deformasi yang terbesar pada kapal. }, pages = {1--10} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/33127} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License