BibTex Citation Data :
@article{JTP31549, author = {Musthofainal Akhyar and Ahmad Fauzan Zakki and Ari Wibawa Budi Santosa}, title = {Perancangan Kapal Katamaran dengan Material Unplastizied Poly Vinyl Chloride (UPVC) untuk Menunjang Pariwisata di Danau Toba}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {9}, number = {4}, year = {2021}, keywords = {}, abstract = { Pada penelitian sebelumnya telah dibangun kapal penangkap ikan dengan menggunakan pipa PVC yang disusun dan dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat membentuk sebuah lambung kapal dimana inovasi ini melatar belakangi penelitian ini, bukan hanya dianggap lebih bernilai ekonomis dari segi IRR nya, penggunaan PVC juga dapat menambah keanekaragaman pilihan material dalam pembangunan kapal yang mana biasanya kapal pariwisata didominasi oleh kapal-kapal berbahan kayu ataupun FRP, UPVC dipilih sebagai bahan material penelitian ini karena dari segi kekuatan dan tingkat kekerasannya lebih baik dari PVC biasa,serta UPVC yang dapat dipesan dalam material berbentuk lembaran plat. Danau toba yang merupakan kawasan wisata yang strategis ternyata hanya memiliki 39% jumlah kapal pariwisata dari keseluruhan total kapal yang beroperasi di Danau Toba. Dari penelitian ini didapatkan rancangan kapal pariwisata katamaran dengan material UPVC berupa rencana garis,rencana umum, dan analisis kekuatan dari kapal UPVC, Adapun ukuran utama kapal yaitu LBP 14,88 m, lebar 4,35 m, tinggi 1,7 m dengan sarat 0,74 m, yang dapat mengangkut 40 orang penumpang,pada analisis desain konstruksi kapal UPVC mendapatkan nilai tegangan tertinggi sebesar 1,192 MPa yangmana masih jauh dibawah nilai tegangan izinnya yaitu 66,1 MPa. Dengan hasil analisis tegangannya dapat dikatakan kapal UPVC yang dirancang aman untuk beroperasi di perairan Danau Toba. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/31549} }
Refworks Citation Data :
Pada penelitian sebelumnya telah dibangun kapal penangkap ikan dengan menggunakan pipa PVC yang disusun dan dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat membentuk sebuah lambung kapal dimana inovasi ini melatar belakangi penelitian ini, bukan hanya dianggap lebih bernilai ekonomis dari segi IRR nya, penggunaan PVC juga dapat menambah keanekaragaman pilihan material dalam pembangunan kapal yang mana biasanya kapal pariwisata didominasi oleh kapal-kapal berbahan kayu ataupun FRP, UPVC dipilih sebagai bahan material penelitian ini karena dari segi kekuatan dan tingkat kekerasannya lebih baik dari PVC biasa,serta UPVC yang dapat dipesan dalam material berbentuk lembaran plat. Danau toba yang merupakan kawasan wisata yang strategis ternyata hanya memiliki 39% jumlah kapal pariwisata dari keseluruhan total kapal yang beroperasi di Danau Toba. Dari penelitian ini didapatkan rancangan kapal pariwisata katamaran dengan material UPVC berupa rencana garis,rencana umum, dan analisis kekuatan dari kapal UPVC, Adapun ukuran utama kapal yaitu LBP 14,88 m, lebar 4,35 m, tinggi 1,7 m dengan sarat 0,74 m, yang dapat mengangkut 40 orang penumpang,pada analisis desain konstruksi kapal UPVC mendapatkan nilai tegangan tertinggi sebesar 1,192 MPa yangmana masih jauh dibawah nilai tegangan izinnya yaitu 66,1 MPa. Dengan hasil analisis tegangannya dapat dikatakan kapal UPVC yang dirancang aman untuk beroperasi di perairan Danau Toba.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License