skip to main content

Perancangan Kapal Katamaran dengan Material Unplastizied Poly Vinyl Chloride (UPVC) untuk Menunjang Pariwisata di Danau Toba

*Musthofainal Akhyar  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pada penelitian sebelumnya telah dibangun kapal penangkap ikan dengan menggunakan pipa PVC yang disusun dan dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat membentuk sebuah lambung kapal dimana inovasi ini melatar belakangi penelitian ini, bukan hanya dianggap lebih bernilai ekonomis dari  segi IRR nya, penggunaan PVC juga dapat menambah keanekaragaman pilihan material dalam pembangunan kapal yang mana biasanya kapal pariwisata didominasi oleh kapal-kapal berbahan kayu ataupun FRP, UPVC dipilih sebagai bahan material penelitian ini karena dari segi kekuatan dan tingkat kekerasannya lebih baik dari PVC biasa,serta UPVC yang dapat dipesan dalam material berbentuk lembaran plat. Danau toba yang merupakan kawasan wisata yang strategis ternyata hanya memiliki 39% jumlah kapal pariwisata dari keseluruhan total kapal yang beroperasi di Danau Toba. Dari penelitian ini didapatkan rancangan kapal pariwisata katamaran dengan material UPVC berupa rencana garis,rencana umum, dan analisis kekuatan dari kapal UPVC, Adapun ukuran utama kapal yaitu LBP 14,88 m, lebar 4,35 m, tinggi 1,7 m dengan sarat 0,74 m, yang dapat mengangkut 40 orang penumpang,pada analisis desain konstruksi kapal UPVC mendapatkan nilai tegangan tertinggi sebesar 1,192 MPa yangmana masih jauh dibawah nilai tegangan izinnya yaitu 66,1 MPa. Dengan hasil analisis tegangannya dapat dikatakan kapal UPVC yang dirancang aman untuk beroperasi di perairan Danau Toba.

Fulltext View|Download
  1. M.A Simangunsong,"Laporan Tugas Akhir Analisis Keselamatan pada Transportasi penyeberangan di Danau Toba Tahun 2019" Univ.Sumatera Utara 2020
  2. Subandi, Heru Ayo, Kiryanto, and Imam Pujo Mulyatno."Perancangan Kapal Ikan Mini Purse Seine Displacement 11 ton Tipe Katamaran Menggunakan Bahan Pipa Pvc." Jurnal Teknik Perkapalan,vol.4 no. 1 pp 246-255, 2016
  3. Reyhan Ardeo, Wilma Amiruddin, and Ari Wibawa Budi Santosa. "Analisa Perbandingan Ekonomis Kapal Ikan PVC “Baruna Fishtama”Dengan Kapal Ikan Tradisional (Kayu)." Jurnal Teknik Perkapalan,Vol.5,no.1 pp 282-290,2017
  4. Kristiansen Åsmund Kristiansen, "Carvel technique in Norwegian Boat building", Hardanger Fartøyvernsenter,2003
  5. D.L. Logan, “A First Course in theFinite Element Method” 4 edition. Brooks/Cole Thompson Learning, Boston.2002
  6. Arpi, Ilman, “Analisa Respon Struktur Parallel Middle Body Pada Kapal Ternak Tipe Katamaran,” JurnalTek. Perkapalan, vol. 7, no. 4, pp. 262–269, 2019
  7. M.Nurazim, A. F.Zakki, Berlian Arswendo. "Studi Perancangan Sistem Konstruksi dan Analisa Kekuatan Fish Processing Vessel dengan Bentuk Lambung Catamaran pada Perairan Indonesia" Jurnal Teknik Perkapalan,vo;.9. no 1 pp 32-44, 2021
  8. BKI, Rules for Classification and Construction, Vol 5 Rules for Fibreglass Rainforced Plastic Ship,2021
  9. M. C. Xu, Z. J. Song, and J. Pan, “Study on influence of nonlinear finite element method models on ultimate bending moment for hull girder,” Thin-WalledStruct., vol. 119, no. June, pp. 282–295,2017
  10. LR Lloyd Register, Rules and Regulations for The classification of Special Service Craft, no. 3. 2019

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.