skip to main content

Studi Perancangan Dan Analisa Olah Gerak Kapal Trailing Suction Hopper Dredger Untuk Reklamasi Teluk Jakarta

*Priscilla Wilhelmina Yohana  -  Department Teknik Pekapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro., Indonesia
Andi Trimulyono  -  Department Teknik Pekapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro., Indonesia
Hartono Yudo  -  Department Teknik Pekapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro., Indonesia

Citation Format:
Abstract

Reklamasi merupakan usaha memperluas tanah (pertanian) dengan memanfaatkan daerah yang semula tidak berguna (misalnya dengan cara menguruk daerah rawa-rawa. Biasanya reklamasi dilakukan dengan menggunakan alat bantu excavator maupun kapal keruk dengan berbagai variasi. Kapal keruk yang akan dirancang adalah Trailling Suction Hopper Dredger, dimana kapal ini merupakan kapal keruk yang memiliki kapasitas berlayar penuh yang digunakan untuk memelihara saluran air yang dapat dilalui, memperdalam kanal maritim yang terancam menjadi endapan lumpur, untuk membangun tanah baru di tempat lain atau untuk menggantikan pasir yang terkikis oleh badai atau gelombang pantai. Hal ini dikarenakan oleh pompa dan mesin yang besar dan kuat yang mampu menyedot pasir, tanah liat, lumpur dan kerikil.Kapal ini juga dirancang agar dapat menghemat waktu dan uang sehingga kapal ini dirancang dengan Panjang LOA 130,92 m, LPP 126 m, LWL 130,441 m, B 18 m, T 6 m, Cb 0,76 dan kecepatan 12,5 knot. Kapal ini dianalisis stabilitas dengan bedasarkan 5 kondisi muatan serta untuk analisis olah gerak dilakukan dengan melakukan evaluasi terhadap nilai RMS vertical acceleration at FP, pitching dan rolling pada tinggi gelombang 0,5 m, 1,5 m dan 2,5 m dengan sudut heading 0, 45, 90, 135 dan 90. Perhitungan stabilitas serta olah gerak pada model kapal yang dirancang telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Fulltext View|Download
Keywords: Trailing Suction Hopper Dredger; Reklamasi Teluk Jakarta; General Arrangement; Lines Plan; Stability
  1. E. Aprilia and D. G. Pratomo, “Pemodelan Hidrodinamika 3-Dimensi Pola Persebaran Sedimentasi Pra dan Pasca Reklamasi Teluk Jakarta,” Jurnal Teknik ITS, vol. 6, no. 2, pp. 3–7, 2017, doi: 10.12962/j23373539.v6i2.24162
  2. N. Sampono, A. Purbayanto, J. Haluan, A. Fauzi, and B. Wiryawan, “Impact of Reclamation on Capture Fisheries in Jakarta Bay,” Jurnal Perikanan dan Kelautan, vol. 2, no. 2, pp. 105–112, 2012, doi: 10.33512/jpk.v2i2.27
  3. A. Fadhli, “Perancangan Sistem Permesinan Pada Trailing Suction Dredger ( TSD ) Sebagai Metode Pengerukan di Pelabuhan,” vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2013
  4. W. J. Vlasblom, “2 Trailing suction hopper dredger,” no. May, 2007
  5. International Association of Dredging Companies, “Facts About Trailing Suction Hopper Dregders,” no. 01, p. 4, 2014, [Online]. Available: https://www2.iadc-dredging.com/wp-content/uploads/2016/07/facts-about-trailing-suction-hopper-dredgers.pdf
  6. J. Braaksma, R. Babuˇ, J. B. Klaassens, and C. De Keizer, “Model Predictive control for optimizing the overall dredging performance of a trailing suction hopper dredger,” Paper and Presentations, no. 2000, p. 12, 2002
  7. C. Van Rhee, “Modelling the Sedimentation Process in a Trailing Suction Hopper Dredger,” Terra et Aqua, no. 86, pp. 18–27, 2002
  8. I. Nur, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Beban Rancangan (Design Load) Terkait Dengan Perhitungan Konstruksi Kapal- Kapal Niaga Berbahan Baja Menurut Regulasi Klas,” vol. II, pp. 198–204, 2015
  9. F. T. Kelautan, “Perancangan Plain Suction Dredger Untuk Alur Muara Sungai Sambong , Batang , Jawa Design of Plain Suction Dredger for Downstream Path of River Sambong , Batang ,” 2014
  10. Biro Klasifikasi Indonesia, “Rules for Hull,” Rules for Hull (Pt.1,Vol.II) 2019 ed., vol. II, p. Page 20–7, 2019
  11. I. Aerospaziale, N. E. Della Qualità, and I. I. Navale, “Human postural stability onboard ship as seakeeping criterion . Stance control model and procedure for validating it : a proposal .,” 2010

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.